Home/Strategi Marketing/Pakai Instagram Shop untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda!
Total Views: 140|Daily Views: 2

Pakai Instagram Shop untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda!

instagram shop

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Penggunaan Instagram untuk mempromosikan bisnis sudah menjadi hal yang biasa. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat fitur Instagram Shop yang sangat membantu dalam meningkatkan penjualan?

Ingin tahu lebih dalam tentang fitur dari Instagram satu ini dan cara menggunakannya? Silakan simak ulasan berikut ini!

Mengenal Instagram Shop

Perkembangan media sosial sangatlah cepat. Masing-masing platform terus menghadirkan fitur baru yang memanjakan para pengguna, termasuk Instagram yang memberikan fitur untuk memudahkan para pebisnis berjualan yaitu Instagram Shopping.

Sebenarnya apa itu Instagram Shopping?

Singkatnya, penjual bisa membuat katalog produk di dalam akun Instagram dengan fitur ini. Dengan begitu, calon pembeli bisa langsung melihat harga dan deskripsi produk tanpa harus berpindah aplikasi.

Anda juga bisa membuat tag produk pada sebuah konten. Ketika seseorang melakukan klik pada tag tersebut, maka akan langsung diarahkan kepada halaman informasi produk.

Selain bermanfaat bagi penjual, tentu fitur ini sangat berguna juga bagi pembeli. Alasannya karena mereka bisa langsung mengetahui detail produk yang dijual tanpa perlu keluar dari Instagram.

Fitur Instagram Shopping

instagram shop

Berikut adalah beberapa fitur Instagram Shopping yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk.

1. Instagram Shopping Tag

Seperti kami katakan sebelumnya, Anda bisa membuat tag produk pada sebuah konten dengan menggunakan Instagram Shopping. Bukan hanya konten milik akun sendiri, namun tag juga bisa Anda buat pada konten kolaborasi.

Misalnya, Anda melakukan endorse dengan seorang influencer. Maka, tag produk yang diendorse bisa ditempatkan pada konten milik influencer. Dengan begitu, calon pembeli dapat langsung klik pada tag untuk melihat halaman produk Anda.

2. Product Launches

Meluncurkan produk baru sering membawa kekhawatiran bagi pebisnis, khususnya karena sulit memperkenalkan produk baru tersebut. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah jika Anda menggunakan Instagram Shopping.

Anda bisa menggunakan fitur product launches untuk memberikan informasi kepada followers bahwa akan ada produk baru. Selain adanya countdown, followers juga bisa mengaktifkan pengingat ketika produk sudah rilis.

3. Live Shopping

Pemasaran secara live melalui media sosial menjadi salah satu strategi yang paling disukai oleh para pebisnis saat ini. Instagram juga menyediakan fitur jika Anda ingin melakukan jualan saat live.

Syarat Instagram Shopping

Selain ketiga fitur di atas, masih ada beberapa fitur lain yang bisa Anda manfaatkan dari Instagram Shopping. Tertarik untuk menggunakannya? Sebelum memulai menggunakan fitur ini, pastikan Anda sudah memenuhi beberapa syarat Instagram Shopping berikut:

  • Mengikuti ketentuan dan kebijakan yang dimiliki Instagram dan Facebook
  • Memiliki situs web pribadi
  • Mengubah akun menjadi akun bisnis atau kreator dan terhubung ke halaman Facebook
  • Berlokasi di wilayah yang Instagram dukung untuk menggunakan fitur Instagram Shopping
  • Menunjukkan kredibilitas bisnis
  • Memberikan informasi yang benar, jelas, akurat, dan sesuai dengan peraturan perdagangan yang baik

Memiliki akun profesional merupakan keharusan jika Anda ingin mengaktifkan Instagram Shopping. Selain itu, dengan menjadi akun profesional, Anda juga akan lebih mudah melihat insight Instagram.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Jika Anda telah memenuhi syarat di atas, maka Anda bisa mulai menggunakan Instagram Shopping. Berikut ini adalah cara mengaktifkan Instagram Shopping menggunakan commerce manager.

  1. Masuk ke akun Facebook Anda.
  2. Pergi ke halaman https://business.facebook.com/commerce/.
  3. Klik pada tombol “Add account”.
  4. Pilih untuk membuka toko di Instagram, lalu klik “Next”.
  5. Masukkan informasi yang diperlukan seperti informasi bisnis, saluran penjualan, dan checkout method, lalu klik Next”.
  6. Pilih negara mana saja yang bisa Anda layani.
  7. Klik tombol “Finish setup”.
  8. Selanjutnya, Anda cukup menunggu proses review dari Instagram.

Cara Jualan di Instagram Shop

instagram shop

Meski sudah mengaktifkan fitur Instagram Shopping, Anda tetap harus berusaha agar penjualan meningkat. Berikut adalah beberapa cara jualan di Instagram Shop agar meningkatkan pembelian.

1. Manfaatkan Hashtag

Instagram memiliki fitur hashtag agar pemilik akun bisa menandakan suatu postingan. Anda perlu memanfaatkan hashtag sebaik mungkin untuk meningkatkan penjualan. Contohnya jika Anda menjual kemeja pria, maka bisa menggunakan hashtag #kemejapriakeren.

2. Bagikan Melalui Story

Jangan hanya mengandalkan feed untuk memasarkan produk. Anda juga perlu membagikan konten melalui story untuk mendapatkan interaksi dari calon pembeli.

3. Menggunakan Ads

Jika Anda memiliki budget tambahan, Anda bisa menggunakan Instagram Shopping Ads untuk meningkatkan jangkauan penjualan. Cara ini sangat efektif, khususnya untuk menjangkau calon pembeli baru yang belum menjadi followers Anda.

Kelola Toko Jadi Lebih Mudah Berkat HiToko

instagram shop

Instagram Shopping memang menjadi salah satu fitur yang diunggulkan oleh Instagram. Bahkan fitur Shop kini berada di navigasi Instagram, tapi sayangnya Anda harus memiliki situs web sendiri untuk menggunakan fitur ini.

Namun tidak perlu khawatir jika Anda belum memiliki situs web, sebab Anda tetap bisa memanfaatkan marketplace untuk meningkatkan penjualan. Caranya cukup dengan membuka banyak toko dan melakukan pengelolaannya menggunakan produk omnichannel.

Dengan omnichannel seperti HiToko, Anda tidak akan kerepotan melihat masing-masing toko di setiap marketplace. Selain itu, menggunakan HiToko juga lebih hemat uang karena Anda bisa registrasi gratis.

Memang, memanfaatkan seluruh channel penjualan seperti marketplace dan Instagram Shop merupakan salah satu langkah meningkatkan penjualan.

banner hitoko