Seputar Instagram Insight: Manfaat dan Hal Penting Lainnya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Mengevaluasi performa konten yang sudah dibuat di media sosial itu memang penting. Anda jadi dapat mengerti apakah konten tersebut sudah sesuai dengan yang Anda harapkan. Untuk keperluan inilah Instagram menyediakan layanan Instagram insight.
Mengenal Layanan Instagram Insight
Insight Instagram merupakan salah satu layanan yang disediakan untuk membantu pengelolaan bisnis Anda. Layanan ini akan menyajikan secara detail bagaimana respon audience terhadap setiap konten yang telah Anda unggah di situ.
Bahkan tidak hanya melihat respon, tapi Instagram insight juga akan menampilkan karakteristik dari audience yang melihat konten. Maksud dari karakteristik di sini adalah pemetaan audience berdasarkan kategori-kategori tertentu seperti usia, jenis kelamin, dan geografisnya.
Syarat Mengaktifkan Insight Instagram
- Membuat halaman Facebook, begini prosedurnya:
- Lihat pada pojok kanan atas dari halaman utama Facebook, Anda akan melihat menu yang bergambar foto profil Anda. Tekan tombol menu tersebut.
- Pada bagian itu, sistem akan memunculkan berbagai fitur yang ada. Sekarang, Anda tekan pada tombol “halaman” lalu klik “buat”.
- Ikuti arahan sampai halaman Anda jadi.
- Mengubah akun Instagram dari mode pribadi menjadi mode bisnis. Caranya adalah:
- Masuk ke profil Instagram pribadi Anda.
- Setelah itu, Anda akan melihat simbol berbentuk tiga garis yang saling bertumpuk pada bagian ujung kanan atas. Klik simbol itu.
- Ada beberapa menu yang akan Anda lihat setelah menekan simbol, kali ini pilih “pengaturan”.
- Masuk ke menu “akun”.
- Pilih “beralih ke mode profesional”.
- Instagram akan memberikan Anda 4 tugas untuk melengkapi akun bisnis Anda. Bila sudah selesai, sistem akan membawa Anda kembali ke halaman profil. Namun, layanan insight belum tersedia.
- Untuk cara mengaktifkan insight Instagram, tekan lagi simbol 3 garis bertumpuk itu lalu pilih “dapatkan insight”.
- Instagram akan memperkenalkan Anda sekilas mengenai layanan Instagram insight.
- Selanjutnya, sistem akan menyuruh Anda untuk memilih akan menjalankan bisnis dalam bidang apa.
- Sistem akan mengkonfirmasi apakah Anda akan tetap menjalankan mode bisnis atau mengubahnya menjadi kreator.
- Kemudian, akan ada informasi tentang bisnis Anda yaitu e-mail, nomor handphone, dan alamat. Isi semuanya secara lengkap lalu tentukan apakah Anda akan menampilkan nomor kontak di akun bisnis itu. Apabila sudah selesai, tekan “selanjutnya”.
- Hubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook yang sudah Anda buat tadi.
- Anda akan kembali ke halaman profil dan kini bisa melihat tombol insight.
Apakah layanan bisa dimatikan? Cara menonaktifkan insight Instagram sangatlah mudah. Cukup dengan mengubah akun bisnis Anda kembali ke akun pribadi. Setelah masuk menu pengaturan, pilih “akun” lalu “ubah jenis akun”.
Fitur-Fitur yang Ada Dalam Layanan Insight Instagram
Fitur-fitur yang ada di insight Instagram adalah hal utama yang perlu Anda tahu untuk semakin memahami bagaimana cara kerjanya. Supaya pemahaman ini kemudian semakin lengkap, di sini Anda juga akan mempelajari bagaimana cara membaca insight Instagram tersebut.
Adapun di sini penjelasan tentang fiturnya, yaitu:
1. Fitur Insight Instagram untuk Performa Akun secara Umum
a. Akun yang Dijangkau
Parameter-parameter pencapaiannya terdiri atas :
- Jumlah audience, bukan pengikut, yang melihat konten di akun Anda
- Grafik yang menunjukkan fluktuasi audience yang berkunjung ke akun Anda, grafik ini akan muncul apabila ada 100 akun audience yang berkunjung
- Impresi, yaitu berapa kali orang melihat konten yang Anda posting
- Jenis konten yang paling banyak mendapatkan views maupun respon dari audience
- Seberapa banyak aktivitas audience dalam profil Anda, mulai dari kunjungan maupun menekan link e-mail dan nomor kontak yang Anda cantumkan
b. Akun yang Berinteraksi
Parameter pencapaiannya adalah :
- Total semua audience yang memberikan respon terhadap konten post Anda (like, comment, save, share)
- Perincian masing-masing jumlah audience berdasarkan jenis respon yang mereka berikan, data ini hanya muncul apabila ada lebih dari 100 audience
- Jumlah interaksi dengan konten story dan IGTV
c. Total Pengikut
Parameter pencapaiannya mencakup :
- Grafik yang menunjukkan berapa banyak audience yang menjadi pengikut baru atau sudah tidak lagi mengikuti dalam rentang waktu tertentu, Anda baru bisa lihat grafik jika ada lebih dari 100 audience
- Lokasi geografis, yaitu kota dan negara audience Anda berasal
- Persentase perbandingan audience berdasarkan jenis kelaminnya
- Rentang usia audience Anda secara umum maupun berdasar kategori jenis kelamin
- Jam paling aktif audience di Instagram
2. Fitur Insight Instagram untuk Performa Tiap Konten
Fitur ini dapat Anda lihat dengan klik pada konten tertentu lalu cek insight dengan menekan tombol yang tersedia. Di sini, Instagram akan menunjukkan berapa respon yang konten itu terima dari audience.
Apa Saja Manfaat Insight Instagram?
Insight Instagram penting bagi pebisnis karena dapat menjadi bahan evaluasi apakah strategi pembuatan konten Anda sudah tepat atau belum. Selain itu, fungsi insight Instagram lainnya yang tidak kalah penting adalah sebagai data yang biasanya diminta untuk menunjukkan kredibilitas pada selebgram atau KOL.
Anda juga dapat lebih mengerti selera dari kategori audience Anda dengan bantuan insight Instagram. Jadi, sekarang apabila Anda sudah mengerti konsep Instagram insight, lantas konten seperti apa yang akan Anda buat?
Selain Anda perlu mengetahui Instagram insight, Anda juga dapat menggunakan produk omnichannel dari HiToko agar bisnis Anda bisa lebih luas. Anda bisa registrasi gratis sekarang juga dan nikmati segala fitur yang ada