Home/Tips Bisnis/Tujuan, Manfaat dan Cara Melakukan Inovasi Produk
Total Views: 176|Daily Views: 3

Tujuan, Manfaat dan Cara Melakukan Inovasi Produk

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dalam menjalankan bisnis atau usaha diperlukan sebuah riset untuk pengembangan bisnis ke depan. Seperti pada usaha jualan produk yang memerlukan inovasi produk agar dapat bersaing dengan kompetitor di pasaran.

Inovasi merupakan penemuan baru yang berhasil dibuat dan memiliki perbedaan dari sebelumnya. Penemuan baru tersebut bisa berupa ide, gagasan, metode atau barang. Proses ini terus dilakukan untuk menciptakan pembaharuan yang lebih baik.

Sedangkan pengertian inovasi produk adalah penemuan baru yang berhubungan dengan suatu produk demi memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Bentuk penemuan baru tersebut bertujuan untuk meningkatkan atau menyempurnakan produk.

Tujuan Dari Inovasi Produk

Pelaku usaha melakukan inovasi produk untuk mendapatkan produk yang bisa menjadi solusi atau menjawab kebutuhan kebanyakan orang. Berikut tujuan inovasi produk yang meliputi:

1. Peningkatan kualitas

Peningkatan kualitas merupakan salah satu tujuan dari pembaharuan produk. Pelaku usaha melakukan pembaharuan dengan menambah atau melengkapi suatu produk agar memiliki nilai lebih dari produk sebelumnya.

Hal itu bertujuan untuk menarik minat konsumen agar tertarik dan membeli produk baru tersebut. Seperti contoh pada bidang teknologi yaitu smartphone yang selalu mengeluarkan produk baru dengan menambahkan fitur-fitur baru yang akan membuat konsumen tertarik.

2. Memenuhi kebutuhan pelanggan

Kemudian tujuan selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Biasanya sebelum dilakukan pembaharuan pelaku usaha melakukan riset pasar untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat.

Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan pelaku usaha akan melakukan pembaharuan berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat sehingga potensi produk laku di pasaran akan lebih besar. Seperti contoh perusahaan teknologi smartphone yang mengeluarkan produk baru dengan fitur kamera beresolusi besar. Smartphone yang memiliki kamera bagus akan menjawab kebutuhan konsumen yang suka dengan fotografi.

3. Menciptakan pasar baru

Pembaharuan juga dilakukan untuk mendapatkan pasar atau konsumen baru. Hal ini erat kaitannya dengan pengelompokan masyarakat berdasarkan kriteria tertentu seperti contoh keadaan ekonomi atau lingkungan tempat tinggal.

Contoh perusahaan teknologi Samsung mengeluarkan smartphone terbaru dengan spesifikasi standar akan tetapi harga lebih terjangkau. Hal itu dilakukan pelaku usaha untuk mendapatkan konsumen baru dari komunitas atau kelompok masyarakat yang belum banyak menggunakan produk dari Samsung. Jadi tidak selamanya inovasi berhubungan dengan penambahan fitur baru, tetapi juga bisa dalam bentuk pengurangan fitur untuk menyesuaikan konsumen.

4. Penerapan teknologi

Inovasi produk bukan hanya dalam bentuk barang saja akan tetapi bisa berupa gagasan atau metode. Seperti contoh produk aplikasi ojek online yang sebelumnya tukang ojek mencari konsumen dengan menunggu di depan terminal, sekarang dengan sebuah aplikasi bisa menjalankan ojek dengan lebih mudah karena adanya aplikasi online yang menghubungkan tukang ojek dengan pelanggan. Pembaharuan tersebut adalah bentuk penerapan teknologi yang memudahkan manusia.

BACA  Pengertian dan Cara Membuat Kurva Permintaan dan Penawaran

5. Efisiensi produk

Selanjutnya efisiensi produk yang juga merupakan salah satu tujuan dari pembaharuan. Untuk lebih mudah dalam memahami efisiensi produk bisa dilihat dari pembaharuan mobil. Saat ini mobil yang menggunakan bahan bakar listrik sudah mulai banyak di pasaran karena mobil berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan dan juga efisiensi dalam mengisi bahan bakar.

Manfaat Melakukan Pembaharuan Produk

Setiap inovasi yang dilakukan oleh pelaku usaha tentu memiliki beberapa manfaat. Manfaat inovasi produk paling utama adalah untuk menarik minat konsumen agar membeli produk. Dengan adanya sebuah inovasi baru, maka produk akan memiliki nilai lebih daripada kompetitor.

Maka dari itu pelaku usaha harus terus melakukan pembaharuan pada produk. Produk yang dijual harus bisa menjawab kebutuhan konsumen. Dengan demikian maka usaha yang dijalankan akan lebih berkembang.

Cara Membuat Pembaharuan Produk

Pelaku bisnis wajib melakukan pembaharuan agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Cara membuat inovasi produk bisa dilakukan dengan tiga metode yang diantaranya:

1. Membuat produk baru

Cara yang pertama dengan menciptakan produk baru yang belum pernah dibuat sebelumnya dan memiliki peluang laku di pasaran. Namun sebelum membuat produk, kamu wajib melakukan uji coba dan riset pasar untuk mengetahui potensi produk yang akan dijual.

2. Penyempurnaan produk

Cara selanjutnya dengan menyempurnakan produk yang pernah dibuat sebelumnya. Metode ini akan lebih mudah daripada membuat produk baru. Pada umumnya penyempurnaan dilakukan untuk meningkatkan kualitas agar lebih baik.

3. Menambah fitur baru

Menambah fitur baru hampir sama dengan penyempurnaan produk. Fitur baru ditambahkan untuk membuat produk lebih fungsional sehingga konsumen tertarik untuk membeli. Penambahan fitur erat kaitannya dengan perkembangan zaman pada saat ini.

Demikian pembahasan mengenai inovasi produk yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha. Dengan adanya inovasi maka produk akan lebih baik dan menjawab kebutuhan masyarakat sehingga peluang laku di pasaran akan lebih besar. Tentu saja dalam mempersiapkan produk baru membutuhkan perencanaan yang matang jadi lakukan riset yang mendalam agar hasilnya maksimal.

Bicara soal inovasi, Anda bisa mencoba layanan Omnichannel dari HiToko jika memiliki banyak toko di berbagai marketplace. Omnichannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce.

Dengan produk Omnichannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu sehingga Anda bisa mengelola banyak toko tadi tanpa perlu berpindah-pindah platform. Jika Anda tertarik bisa registrasi gratis sekarang juga!

Banner HiToko