Ide Konten Instagram untuk Meningkatkan Engagement
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Anda perlu ide konten Instagram dapat meningkatkan engagement bisnis Anda. Supaya terhubung dengan pelanggan, Anda harus membuat konten yang menarik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak followers sekaligus konsumen di Instagram.
Lalu, apa saja konten engagement untuk meningkatkan bisnis Anda? Simak informasinya di artikel ini.
Fitur Instagram Terbaru
Beberapa fitur Instagram bisa Anda gunakan untuk meningkatkan engagement. Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah menggunakan Instagram Business. Berikut adalah fiturnya:
1. Auto Reply
Pertama, fitur Auto Reply bisa Anda gunakan untuk membalas komentar followers. Saat ini, banyak konsumen yang mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Jadi, Instagram menghadirkan fitur ini agar Anda dapat membalas pertanyaan konsumen secara otomatis.
Dengan begitu, Anda juga bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen. Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan membuka menu ‘Settings’ dan klik ‘Pengaturan bisnis’. Setelah itu, pilih ‘Balasan cepat’. Anda bisa menuliskan jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan.
2. Insight
Selanjutnya, ada fitur Insight Instagram yang bisa digunakan. Melalui fitur ini, Anda bisa memberikan report mengenai usia, jenis kelamin, hingga minat konsumen.
Jadi, Anda dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan menentukan model bisnis. Berbagai data yang tersedia juga bisa Anda jadikan acuan untuk membuat ide konten IG.
3. Siaran Live
Saat ini, siaran live menjadi salah satu fitur unggulan Instagram untuk berjualan. Sebab banyak pebisnis yang mendapatkan konsumen dari fitur ini, apalagi jika Anda menjelaskan produk secara detail.
Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi dengan konsumen. Secara tidak langsung, fitur ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen karena merasa diperhatikan.
4. Pin Feed
Anda bisa menggunakan fitur Pin Feed untuk berada di daftar teratas. Nantinya, Anda dapat menyematkan unggahan yang ingin diletakkan pada daftar tersebut. Fungsinya adalah untuk mendapatkan engagement tinggi.
Caranya, buka menu ‘Profil’ di Instagram. Lalu, Anda bisa memilih unggahan (foto dan video) untuk disematkan di bagian paling atas. Setelah itu, Anda tinggal klik ikon titik tiga. Terakhir, Anda tinggal klik ‘Pin to your profile’.
5. Instagram Shopping
Instagram Shopping membantu Anda untuk memasarkan produk. Konsumen juga bisa berbelanja tanpa harus berpindah aplikasi. Fitur ini bisa diakses melalui menu ‘Explore’ di Instagram.
Sebelumnya, Anda harus membuat katalog terlebih dahulu. Dengan begitu, konsumen bisa memilih produk yang diinginkan.
10 Ide Konten Instagram untuk Meningkatkan Engagement
Ide konten Instagram bisnis di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Berikut adalah daftarnya:
1. Kuis dan Giveaway
Pertama, Anda bisa mengadakan kuis dan giveaway. Untuk membuatnya, Anda perlu menentukan hadiah yang diberikan. Misalnya, produk gratis atau voucher belanja.
2. Tips
Anda bisa membuat tips tentang kesehatan, memasak, hingga fashion. Ide konten Instagram fashion hingga kesehatan menarik minat konsumen. Anda bisa membuat konten tersebut dengan rutin.
3. Ucapan Hari Penting
Lalu, Anda bisa mencatat dan memasukkan peringatan hari besar ke agenda. Kemudian, bagikan postingan yang berisi ucapan mengenai hari-hari besar. Misalnya, Hari Buruh, Hari Ibu, atau Hari Raya Keagamaan.
4. Ikut Tren Terbaru
Konten Instagram harus mengikuti tren terbaru, sebab segala perubahan dapat terjadi di media sosial. Jadi, Anda bisa menerapkannya di Instagram. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai ide konten untuk menarik konsumen.
5. Memberikan Solusi
Anda bisa memberikan solusi atau saran kepada konsumen. Jika Anda menjual produk fashion, maka bisa menawarkan pakaian dengan bahan berkualitas. Jadi, pelanggan bisa mendapatkan pakaian yang dicari.
6. Konten Informatif
Selain berjualan, Anda bisa menyajikan konten informatif. Anda dapat membuat jadwal rutin untuk membagikannya. Misalnya, Anda memberikan informasi tentang hal yang paling banyak dicari saat ini.
7. Buat Reels
Anda dapat memanfaatkan Instagram Reels untuk berbisnis. Lalu, mengunggah foto atau video. Selain itu, Anda bisa menambahkan teks, audio, hingga filter. Kontennya pun beragam, mulai dari pertanyaan, produk, sampai diskon.
8. Kisah Inspiratif
Selain itu, Anda bisa menceritakan kisah inspiratif. Misalnya, membagikan kisah entrepreneur yang menggunakan layanan Anda. Lalu, minta waktu untuk melakukan interview dengan mereka.
9. Rekomendasi
Anda dapat membagikan rekomendasi film, lagu, hingga buku. Jika Anda memiliki bisnis makanan, maka Anda bisa membagikan rekomendasi tempat makan legendaris di Jakarta.
10. Konten Lucu
Gunakan meme yang sedang tren saat ini. Jadi, konten Anda akan terlihat lebih menarik. Sebaiknya, konten ini masih berkaitan dengan bisnis Anda. Nantinya, bisnis Anda akan terlihat memiliki keunggulan.
5 Ide Konten Instagram Story
1. Mempromosikan Produk
Anda dapat membuat konten IG Story tentang perilisan produk dan mempromosikannya. Anda juga bisa membuatnya dengan menampilkan keunggulan produk.
2. Artikel dari Situs
Jika Anda memiliki website, maka Anda bisa membagikan artikelnya. Anda dapat mengubah format artikel menjadi infografis atau poster. Kemudian, tambahkan kalimat CTA (call to action) untuk diarahkan ke artikel.
3. Gunakan Stiker Shoppable
Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjual produk di IG Story. Jadi, konsumen tidak perlu keluar dari aplikasi Instagram. Namun, produk yang dijual harus berbentuk fisik dan sesuai kebijakan Instagram.
4. Behind the Scene
Anda juga bisa menampilkan konten behind the scene di balik produksi barang. Misalnya, mengunggah video keseharian karyawan atau proses produksi barang.
5. Instagram Takeover
Anda bisa mengajak berbagai pihak untuk mempromosikan produk. Misalnya, Anda berkolaborasi dengan influencer. Dengan begitu, Anda dapat menarik banyak audiens untuk menjadi konsumen. Lalu, Anda bisa melihat engagement-nya di navigasi menu Instagram.
Cara Mencari Ide Konten Instagram
1. Menganalisa Konten Kompetitor
Anda bisa menganalisa konten pesaing melalui beberapa tools. Untuk menganalisanya, Anda dapat mengakses Ingrammer, CrowdTangle, Social Blade, IG Blade, atau HypeAuditor.
2. Analisa Tren
Jika mengikuti tren, maka brand Anda akan lebih dikenal. Lalu, penjualan produk akan semakin meningkat. Anda bisa melihat referensinya di hashtag atau media sosial kompetitor.
3. Kenali Target Pasar
Sebagai pebisnis, Anda perlu mengenal target pasar yang dituju. Misalnya, konsumen lebih menyukai IG Story dibanding Feed. Anda bisa mengetahuinya melalui fitur Insight. Umumnya, setiap akun memiliki jenis konten yang disukai followers.
Mulai Kelola Bisnis Online Anda di HiToko
Anda bisa mengintegrasikan seluruh produk dan pesanan dari berbagai marketplace dan e-commerce di HiToko. Ada berbagai fitur dan layanan unggulan yang bisa digunakan.
Platform produk omnichannel HiToko akan memaksimalkan bisnis Anda. Jadi, Anda tidak perlu berpindah channel untuk mengelola bisnis online. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp230.000 saja.
Ide konten Instagram di atas bisa menjadi referensi Anda untuk meningkatkan engagement. Namun, Anda membutuhkan bantuan HiToko agar bisnis makin maksimal. Anda bisa melakukan registrasi gratis di laman resmi HiToko.