Ide Jualan Bulan Ramadhan Paling Laku di Indonesia
Halo Sahabat HiToko! Walaupun bulan Ramadhan sudah memasuki minggu kedua, namun semangat kamu yang menjalankan jangan sampai kendur, ya. Semangat kamu ini bisa kamu alirkan ke kegiatan bermanfaat, contohnya seperti bisnis. Nah, artikel ini akan menyebutkan ide jualan bulan Ramadhan paling laku atau yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.
Selama bulan menjelang Hari Raya Idul Fitri, umat Islam merayakan bulan Ramadhan dengan menanam kebiasaan untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk beramal serta melakukan ibadah wajib puasa.

Ibadah wajib yang dilaksanakan selama 30 hari ini juga membuat lebih banyak masyarakat Indonesia saling mengunjungi satu sama lain, sehingga mereka akan merias atau mendekorasi ulang rumah mereka untuk menerima tamu di perayaan lebaran mendatang.
Dengan adanya perayaan tersebut, otomatis masyarakat akan mengeluarkan uang untuk berbelanja barang. Makanya, bulan Ramadhan merupakan salah satu periode waktu yang tepat untuk kamu memulai bisnis.
Di samping itu, masyarakat Indonesia juga biasanya menerima bonus tahunan atau yang biasa disebut dengan tunjangan hari raya (THR) berupa uang yang mereka dapatkan tepat sebelum perayaan Hari Raya. Dengan demikian, perayaan Idul Fitri akan mengakibatkan peningkatan pengeluaran, terutama bagi mereka yang mendapatkan peningkatan pendapatan dari bonus tersebut.
Hal ini menjadikan periode Ramadhan waktu yang tepat pula untuk melakukan promosi dan diskon. Masyarakat Indonesia cenderung semakin banyak berbelanja menjelang akhir Ramadhan. Maka, jika kamu ingin melakukan beberapa strategi dalam pemasaran, alangkah baiknya jika kamu maksimalkan pada penghujung bulan Ramadhan menuju lebaran.
Lantas, apa saja barang-barang yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan? Berikut ide jualan Ramadhan yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis. Simak artikel ini sampai habis, ya!
1. Fashion

Mirip dengan periode Tahun Baru Imlek, banyak orang Indonesia berbelanja selama periode Ramadhan untuk memberikan kesan yang baik ketika mereka mengunjungi teman dan keluarga.
Ramadhan sudah menjadi momen suci bagi setiap umat Muslim. Maka dari itu, umat Muslim Indonesia juga akan cenderung mencari pakaian baru yang menunjukkan kebersihan dan kesederhanaan untuk dikenakan pada saat Hari Raya.
Barang fashion yang dimaksud bisa beragam. Mulai dari baju koko, hijab, peci, sarung, kaftan, dan banyak lainnya.
Jika kamu ingin berjualan baju Muslim selama bulan Ramadhan, maka kesempatan kamu terbuka lebar. Namun, saingan kamu juga akan banyak, karena banyak pula orang yang melihat ini sebagai peluang bisnis.
Kamu bisa memulai dengan menentukan apa segmentasi barang yang ingin kamu jual. Misalnya, kamu memfokuskan diri menjual fashion bernuansa sederhana. Di beberapa marketplace, fashion yang memiliki ornament sederhana dengan warna yang sedikit cenderung laris selama Ramadhan.
Busana sederhana adalah tren di kalangan wanita Muslim di mana mereka dapat mengekspresikan nilai-nilai agama mereka sambil tetap terlihat modis melalui pakaian yang mereka kenakan. Dengan munculnya influencer dan merek fashion ternama, Indonesia sebenarnya memiliki pasar yang cukup besar dalam mode pakaian Muslim sederhana. Orang Indonesia juga terkadang mengambil bahan pakaian dari pasar internasional seperti Jepang, Eropa, dan Korea yang memiliki kualitas tinggi. Namun, kamu harus bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan bahan internasional tersebut.
2. Produk kesehatan dan kecantikan

Produk kesehatan dan kecantikan seperti kosmetik juga cenderung sukses secara konsisten selama periode belanja Ramadhan karena alasan yang sama dengan barang fashion, yakni banyak digunakan menjelang lebaran.
Kecantikan juga merupakan salah satu hal yang penting di Indonesia, terutama bagi perempuan yang sering menghadapi tekanan untuk terlihat cantik sejak usia dini. Tumbuh dewasa, tidak jarang perempuan Indonesia disuruh berperilaku dengan cara tertentu dan untuk selalu menjaga penampilan, demi prospek hidup yang lebih baik. Bagi sebagian perempuan, berpenampilan baik adalah kewajiban, yang menjadi kunci untuk memiliki pernikahan yang harmonis.
Keyakinan ini melampaui harapan masyarakat dan bahkan tercermin di ranah karier. Banyak poster lowongan pekerjaan yang menambahkan “penampilan menarik” sebagai salah satu bagian dari persyaratan pekerjaan untuk semua jenis lowongan. Ketika hidup dan pendapatan seseorang terikat dengan penampilan seseorang, tidaklah aneh untuk menganggap perawatan kulit sebagai investasi.
Salah satu riset bahkan menegaskan kesediaan perempuan Indonesia untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk membiayai pengeluaran perawatan kulit mereka. Melalui metode wawancara dengan dua penyedia pinjaman uang paling populer di Indonesia, diketahui bahwa mayoritas pinjaman di platform ini didorong oleh permintaan perempuan Indonesia untuk membeli produk perawatan kulit dan kecantikan premium.
3. Elektronik

Ide jualan bulan Ramadhan selanjutnya adalah barang elektronik. Barang seperti smartphone, tablet, dan kamera mengalami peningkatan penjualan sepanjang minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri tiap tahunnya.
Muslim Indonesia mengubah penggunaan perangkat pintar mereka selama periode Ramadhan. Studi Google mengungkapkan bahwa ada peningkatan sekitar 25 persen waktu menonton konten spiritual selama bulan Ramadhan, bahkan di platform online mainstream seperti YouTube. Ini bisa datang dalam bentuk playlist audio dan video online yang menyampaikan pesan spiritual.
Dalam kasus seperti ini, perangkat seperti smartphone dan tablet mungkin layak dipromosikan selama periode Ramadhan. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk turut menjual aksesori elektronik seperti power bank, headset, atau perangkat lain yang dapat menjadi pelengkap gadget sejenisnya.
Demikian beberapa ide jualan bulan Ramadhan yang bisa kamu jadikan referensi untuk berbisnis. Ada cukup banyak barang yang bisa kamu jual, bukan? Jadi, ayo mulai berjualan dari sekarang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal!
Proses pengelolaan toko juga bisa kamu lakukan melalui berbagai marketplace berbeda, namun hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, yakni aplikasi HiToko.
HiToko merupakan aplikasi omnichannel yang bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis dengan lebih mudah dan cepat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan sistem omnichannel, kamu dapat mengakses ke toko di marketplace mana pun yang kamu punya hanya dengan satu aplikasi saja.
Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan dan analisa terhadap semua laporan bisnis kamu, meliputi laporan penjualan, laporan pembelian, stok, serta keuangan. Data tersebut tentunya sangat berguna bagi kamu yang memiliki waktu yang sedikit untuk mengelola bisnis.
Dengan menggunakan aplikasi HiToko, kamu bisa membuat strategi penjualan kamu sendiri, hanya dalam satu klik! Coba sekarang dengan mendaftarkan dirimu dan nikmati aksesnya. Informasi selengkapnya hubungi customer service yang tertera pada halaman situs HiToko.
