Pengertian, Fungsi dan Contoh Headline Untuk Bisnis
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Secara umum, penggunaan headline lebih banyak pada konten teks misalnya berita, artikel, kolom majalah dan lain-lain. Contoh headline juga bisa berbentuk video yang meringkas liputan berita tertentu.
Headline mempunyai peran signifikan untuk dapat menarik perhatian audiens dan mengaitkan pada konten yang dimaksud.
Apa Itu Headline?
Pada dasarnya, headline adalah konten atau judul utama dari sebuah karya teks seperti berita, kolom majalah, artikel dan lain-lain.
Contoh headline berita bisa Anda jumpai di sampul atau bagian awal pada koran atau media cetak. Sehingga penulisan headline sudah semestinya harus bisa menarik perhatian. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak sekali website juga memiliki headline yang bisa memantik rasa ingin tahu para pembacanya.
Fungsi Headline
Fungsi headline pada dasarnya adalah untuk memancing rasa ingin tahu dari para pembacanya. Dengan tujuan agar mereka menaruh atensi lebih kepada konten tersebut. Sayangnya banyak contoh headline yang dijumpai di website justru sifatnya hanya clickbait, sehingga tidak berkaitan dengan isi dari konten yang dimaksud.
Hal tersebut tentu saja berpotensi menimbulkan reaksi negatif pengunjung untuk memberi feedback negatif. Bahkan bisa menyematkan citra buruk pada nama penulis dan website.
Lalu, apa fungsinya headline untuk bisnis? Content marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang berpengaruh di dalam dunia digital. Nah, headline adalah hal yang tidak dapat terlepas dari sebuah konten.
Sehingga headline memiliki peran penting untuk para pebisnis yang ingin menjalankan content marketing sebagai upaya untuk mengembangkan bisnisnya.
Dalam dunia digital, headline juga erat kaitannya dengan SEO atau Search Engine Optimization dimana jika berbicara soal website, headline pasti akan diletakan dalam judul halaman menggunakan tag HTML atau title.
Nah di sini Anda bisa menggunakan keyword dalam konten headline agar bisa membantu memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh user.
Keyword dapat memudahkan penulis dalam membuat konten yang sesuai dengan apa yang dicari user. Sehingga penulis dapat menyesuaikan konten yang sesuai dengan keyword yang paling banyak dicari user.
Anda bisa membuat konten semenarik mungkin dengan memberikan headline agar menarik para pembaca agar membaca isi konten yang dibuat. Percuma jika Anda membuat konten sebagus apapun jika tidak bisa dilihat oleh user siapa pun, karena tidak masuk ke dalam indexing Google.
Baca juga:
Prinsip Headline untuk Pemasaran Bisnis
Membuat contoh headline yang menarik dan bisa mendorong audiens bukanlah hal yang mudah, terutama jika digunakan sebagai sarana pemasaran. Sehingga Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang menjadi prinsip pembuatan headline dalam pemasaran bisnis berikut ini.
-
Memperhatikan Target Pasar
Pertama yang harus Anda perhatikan adalah target dan segmentasi pasar dari brand atau produk yang Anda pasarkan. Katakanlah Anda menjual produk kecantikan, maka Anda harus membuat headline dan konten yang dapat memberikan kesan tertentu pada audiens.
Misalnya saja Anda menjual skincare untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat konten dengan topik cara mengatasi jerawat. Sisipkan di dalamnya bahwa produk skincare yang Anda pasarkan adalah yang terbaik untuk mengatasi jerawat.
-
Menyesuaikan Dengan Gambar
Harus diperhatikan pula antara konten dan gambarnya harus selaras. Jangan sampai konten yang Anda buat tentang apa, kemudian gambar yang ditampilkan tidak ada hubungannya dengan topik.
Sehingga nantinya Anda bisa menarik audiens agar bisa membaca konten yang Anda buat sampai tuntas.
-
Menjelaskan Isi Konten Atau Brand
Pada dasarnya headline pemasaran ini tidak hanya berisi kalimat yang sifatnya sugestif saja, tetapi bisa juga untuk mengidentifikasikan brand atau produk tertentu. Sekaligus buatlah konten yang sesuai dengan judul headline yang dibuat.
Sehingga nantinya audiens dapat membaca headline tersebut, kemudian mengasosiasikan adanya keterkaitan antara keduanya.
Banyak contoh headline yang terlihat clickbait hanya untuk memancing rasa penasaran audiens. Sebisa mungkin hindari penggunaan clickbait karena bisa merusak reputasi dari produk Anda. Buatlah konten yang memang sesuai dengan isi judulnya.
-
Penggunaan Kata yang Menarik
Kata menjadi hal utama yang akan dilihat oleh audiens nantinya. Sehingga headline pemasaran atau iklan sudah semestinya disusun dengan kata atau frasa menarik.
Selain itu, Anda juga bisa memastikan pesan atau konten di dalamnya bisa tersampaikan dengan sangat baik. Sisipkan pula aspek visual seperti ilustrasi atau gambar agar meningkatkan ketertarikan audiens terhadap headline iklan yang dibuat.
Contoh Penggunaan Headline
Mengerti teori tentang headline tidak berarti tanpa adanya contoh headline sebagai gambaran untuk Anda. Oleh karena itu, penting untuk menyimak contoh berikut ini.
-
Command Headline
Command headline ini dapat dijadikan sebagai contoh headline produk tertentu yang mengarahkan user untuk menggunakannya.
Contoh judul headline ini yaitu Jaga Kesehatan Kulit Dengan Minuman Colagen X, Turunkan Berat Badan Sehat Dengan Konsumsi Suplemen X, dan lain-lain.
Contoh tersebut dapat mengarahkan pembaca untuk menggunakan produk tertentu agar mencapai hasil yang diinginkan, misalnya penurunan berat badan atau mendapatkan kulit yang sehat.
-
Claim Headline
Claim headline ini bisa digunakan sebagai contoh headline iklan dimana fungsinya seolah-olah melakukan klaim secara sepihak agar pembaca penasaran membaca konten.
Headline semacam ini biasanya menggunakan kata-kata yang sifatnya superlatif. Tapi pastikan sebelum Anda menggunakannya, Anda harus memiliki fakta atau data untuk memperkuat. Sehingga Anda tidak terkesan asal bunyi.
Contoh penggunaan claim headline diantaranya Skincare Lokal Indonesia Terbaik Untuk Atasi Jerawat Membandel, Restoran Jepang Paling Enak di Bandung Ini Wajib Kamu Coba, dan lain-lain.
-
Gimmick Headline
Penggunaan gimmick menyudutkan pada suatu alat atau trik yang digunakan untuk bisa mengelabui lawan. Selain menggunakan trik atau tipuan, gimmick headline juga bisa berupa rima kata dan contoh headline copywriting.
Contoh penggunaan gimmick headline diantaranya Bikin Konten YouTube Anti Ribet Untuk Menarik Jutaan Viewers, Sadap WA Pasangan Mudah Tidak Harus Pinjam Ponsel, dan lain-lain.
-
Teaser Headline.
Teaser headline ini bisa Anda gunakan untuk menantang atau menggoda pembaca.
Contoh penggunaan teaser headline diantaranya yaitu Jangan Sebut Traveller Sejati Kalau Belum Pernah Datang Kesini, Buktikan Kepiawaian Kamu Menulis Novel Lewat Aplikasi Berikut, dan lain-lain.
-
News Headline
Sesuai dengan namanya, news headline digunakan untuk memberikan informasi pada pembaca mengenai suatu peristiwa, kejadian atau fakta tertentu.
Contoh penggunaan news headline diantaranya Pangeran Charles Naik Tahta Setelah Kematian Ibunya Ratu Elizabeth; Pengumuman Tes SBMPTN Dibuka Bulan Depan, Simak Syaratnya Berikut Ini, dan lain-lain.
-
Question Headline
Question headline ini biasanya digunakan untuk menanyakan apa saja yang menjadi permasalahan dan harapan dari target pasar.
Contoh penggunaannya yaitu Mengapa Sudah Olahraga Tapi BB Tidak Turun?; Sering Minder Karena Jerawatan? Simak Tipsnya Berikut, dan lain-lain.
Itulah penjelasan dan contoh headline yang bisa Anda gunakan.
Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!