Home/Tips Bisnis/8 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha
Total Views: 560|Daily Views: 3

8 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Membuka Usaha

Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha adalah penyusunan kerangkanya. Sebab, di dalamnya ada analisis lengkap terkait jalannya usaha agar meminimalisir kerugian.

Tidak hanya itu, dengan persiapan yang matang, usaha pun akan lebih cepat menghasilkan keuntungan. Lalu, apa saja komponen krusial yang harus dilengkapi sebelum mulai usaha? Untuk penjelasan detailnya, bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Apa Hal Utama yang Harus Diperhatikan dalam Membuka Usaha?

Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha

Jika Anda belum memiliki rancangan usaha yang akan dilakukan, maka coba perhatikan komponen krusial di bawah ini. Selain efektif untuk merancang flow usaha, sekumpulan komponen ini juga sangat penting untuk analisis kelayakan sebuah bisnis.

1. Peluang Usaha

Analisis peluang usaha ini menjadi kunci pertama sebelum memutuskan sebuah bisnis. Sebab, adanya produk tercipta dari adanya permintaan atau peluang. Oleh karena itu, Anda harus memastikan seberapa besar peluang dan potensinya untuk menghasilkan keuntungan.

2. Produk

Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha

Kemampuan produk menembus pasar juga menjadi salah satu hal utama yang harus Anda analisis. Produk harus memiliki keunggulan atau keunikan dari yang lain, agar bisa memenangkan persaingan.

3. Target Market

Kenali siapa yang Anda sasar untuk penjualan. Artinya, Anda harus paham siapa yang memegang keputusan untuk membeli produk Anda. Nah, banyak orang terkecoh di sini sebab banyak yang berpikiran bahwa konsumen adalah target market. Nyatanya, tidak sepenuhnya benar.

Ambil saja contoh minyak telon, konsumen utamanya adalah bayi. Lalu, apakah target market Anda bayi? Tentu bukan, melainkan ibunya. Oleh karena itu, gali dan kenali siapa target market sebenarnya dari produk Anda.

4. Strategi Pemasaran

Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha

Sebaik apapun produknya, jika tidak berjalan dengan pemasaran yang baik, tentu sulit pula untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, pastikan pemasaran ini memiliki alur yang jelas. Anda mau bergerak di offline dan online melalui kanal apa saja?

Misal di online, Anda ingin membuka banyak toko di marketplace. Imbangi pula dengan penyebaran di media sosial, agar orang datang berkunjung ke toko dan bertransaksi di sana. Anda juga bisa memanfaatkan kanal pemasaran lain seperti iklan, influencer, atau lainnya.

5. Manajemen

Management yang rapi akan membantu usaha lebih cepat untung, karena dari management inilah akan jelas tugas dan cakupan pekerjaannya. Sehingga, setiap orang yang terlibat bisa fokus pada tugas masing-masing dan mengejar targetnya.

6. Keuangan

Hal penting yang harus diperhatikan dalam berwirausaha adalah uang. Keuangan adalah hal yang harus jelas alirannya, mulai dari sumber pendanaan, ketahanan perusahaan, hingga perhitungan BEP (Break Even Point). Semua harus jelas agar usaha lancar.

7. Kompetitor

Waspadai siapa kompetitor head to head Anda. Minimal, Anda harus memikirkan cara untuk mengalahkannya atau menggandengnya menjadi mitra. Setelah itu, lanjut cek kompetitor tidak langsung lainnya. Jika Anda berhasil melaksanakan ini, maka usaha pun bisa lebih terarah dan memiliki target yang jelas.

8. SWOT

Hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha

Analisis ini mengevaluasi unsur kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan tantangan (threats). Hal ini dibutuhkan agar Anda paham posisi usaha yang akan Anda jalani tersebut.

Misalnya pada unsur kekuatan, Anda dapat memahami poin daya tarik produk agar menang di pasar. Kemudian dari unsur kelemahan, Anda bisa mencari tahu bagaimana mengatasinya dan menyelesaikannya.

Belum lagi untuk tantangan dan peluang, ini dua unsur krusial yang harus Anda gali dan kenali dari usaha yang akan dijalankan. Semua usaha pasti ada tantangan dan peluangnya, namun yang bisa menang adalah mereka yang paham bagaimana mengelolanya.

Nah, bagaimana? Sudah mendapatkan gambarannya? Jadi, hal pertama yang dibutuhkan dalam mendirikan sebuah usaha adalah perencanaan di awal agar bisa meminimalisir risiko kerugian. Namun sebaik apapun rencana yang Anda buat, jika tidak ada pelaksanaan maka sama saja nol.

Esensi dari hal utama yang harus dipertimbangkan dalam membuka sebuah usaha adalah niat yang kuat. Dengan niat yang sekuat baja, maka konsistensi bisa terwujud dan Anda akan mampu menjalankan rencana bisnis hingga akhir.

Namun, Anda juga harus dapat bekerja cerdas dengan memanfaatkan berbagai hal yang ada untuk efisiensi secara optimal. Misalnya saja untuk pengelolaan stok, pesanan dari berbagai kanal dan manajemennya dapat dipermudah dengan memakai produk omnichannel seperti yang ada di HiToko.

Selain itu, di sana Anda bisa melakukan registrasi gratis sehingga bisa sambil mempelajarinya dahulu. Tunggu apalagi? Coba sekarang.

Banner HiToko