Home/Tips Bisnis/Facebook Pixel: Fungsi dan Cara Kerjanya
Total Views: 225|Daily Views: 3

Facebook Pixel: Fungsi dan Cara Kerjanya

Facebook pixel

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Facebook merupakan salah satu media sosial yang mempunyai banyak pengguna aktif, tidak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, mereka terus berinovasi menghadirkan fitur baru salah satunya Facebook Pixel.

Fitur tersebut diciptakan secara khusus untuk para pengusaha yang berjualan di Facebook. Tujuan utamanya ialah untuk memudahkan para pengusaha dalam mengembangkan usaha.

Fungsi Facebook Pixel

Facebook pixel

Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa itu Facebook Pixel? Sebelum menerapkannya, mari membahas makna beserta fungsi dari FB Pixel ini terlebih dahulu.

Praktisnya, Facebook Pixel adalah sederet kode yang secara khusus ditanamkan di laman bisnis. Fitur ini berbeda dengan Facebook Ads maupun iklan yang tampil di laman FB beserta anak perusahaannya.

Jika melihat pengertian di atas, maka Pixel ini semacam plugin tambahan yang dipasang pada sebuah website. Berikut ini beberapa fungsi pixel di sebuah website :  

1. Retargeting

Berasal dari kata targeting, artinya FB Pixel mampu mengatur ulang target iklan yang Anda tayangkan. Misalnya, ada pengunjung yang pernah mampir ke website Anda, lalu tertarik dengan suatu produk dan memasukkannya ke chart, namun batal melakukan checkout.

Kemudian FB Pixel akan menampilkan kembali iklan produk tersebut kepada pengunjung yang sama, tetapi pada media lain. Harapannya, mereka akan mempertimbangkan kembali sehingga berujung pada closing.

2. Mengelompokkan Audiens

Selain menampilkan iklan ke media lainnya, FB Pixel juga mampu menghasilkan look a like audience. Kemampuan ini membantu Anda untuk melacak audiens yang mempunyai behavior maupun karakter seperti pengunjung tersebut.

Caranya, yakni dengan memperhatikan interaksi audiens, seperti pemberian like, komentar, maupun hanya sekadar kunjungan halaman. Selanjutnya, sistem akan mengelompokkan audiens berdasarkan kesamaan interest.

3. Konversi yang Lebih Spesifik

Conversion rate di dalam website menunjukkan jumlah audiens yang berkunjung serta berinteraksi, seperti checkout atau hanya sekadar meninggalkan like maupun berkomentar.

Adapun fungsi conversion rate itu sendiri ialah untuk melakukan penghitungan cost per lead atau landing views berdasarkan data di atas. Hasil dari proses tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai modal penyusunan marketing strategy.

4. Optimasi Nilai FB Ads

Pengoptimalan bertujuan untuk menyesuaikan antara iklan yang Anda pasang dengan tujuan bisnis. Harapannya, iklan bisa menyentuh sasaran yang lebih tepat, sehingga mendatangkan keuntungan besar.

FB Pixel bekerja dengan menampilkan iklan kepada audiens yang sering berbelanja, terutama yang bernilai besar. Tentu saja hal tersebut juga akan berimbas pada tingkat ROAS Anda yang  menjadi semakin tinggi.

5. Tools Periklanan Lebih Lengkap

Fungsi terakhir pemasangan FB Pixel ialah mendapatkan akses fitur, tools, maupun metrik yang bisa menjadi senjata andalan dalam pemasaran. Teknik marketing maksimal, untung pun bisa lebih tinggi.

Cara Kerja Facebook Pixel

Facebook pixel

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa FB Pixel berupa deretan kode unik yang berada dalam gambar dengan ukuran 1×1. Gambar inilah yang nantinya akan merekam interaksi audiens.

Begitu ada audiens mengunjungi situs, kemudian berinteraksi, maka otoritas HTTP akan meningkat dan memerintahkan server untuk mendownload cookie. Sistem menyimpan file unduhan tersebut pada perangkat yang audiens gunakan.

Pengunduhan ini bertujuan untuk memudahkan sistem dalam melacak informasi audiens yang dibutuhkan. Misalnya, lama waktu kunjungan, pemberian like atau komen, sampai siapa yang mengunduhnya.

Hebatnya lagi, FB Pixel bisa mengetahui jenis peramban, perangkat yang dipakai, sampai alamat IP dari audiens. Informasi inilah yang FB Pixel kumpulkan dan kemudian akan dijadikan untuk retargeting

Cara Memasang Facebook Pixel

Merujuk pada fungsi di atas, bisa terlihat bahwa kehadiran FB Pixel ini memang penting untuk pebisnis dalam mendongkrak grafik ketika jualan di Facebook. Tidak heran jika banyak yang menerapkannya, apalagi langkah pemasangan cukup mudah, yakni:

1. Pembuatan FB Pixel

  • Buka pada bagian “Pengelola Peristiwa” atau https://facebook.com/events_manager
  • Tekan kolom bertanda plus (+) Hubungkan Sumber Data, lalu pilih “Web”
  • Tap “Facebook Pixel”, ketuk di tombol “Hubungkan”
  • Silakan Anda mengetik “Nama Pixel” 
  • Input URL dari situs Anda untuk memudahkan proses persiapannya, kemudian tekan “Lanjutkan”

2. Tambahkan ke Situs

Apabila proses pembuatannya telah berhasil, Anda bisa langsung memasang FB Pixel. Ada 3 metode yang bisa diterapkan, yakni manual, memanfaatkan integrasi partner, serta melalui petunjuk email.

Namun untuk sekarang, artikel ini akan menjelaskan mengenai teknik pemasangan FB Pixel secara manual, berikut step by step-nya:

  • Akses kembali opsi “Pengelola Peristiwa”, klik di bagian FB Pixel yang tadi sudah Anda buat
  • Ketuk “Lanjutkan Penyiapan Pixel”, tekan pada option “Instal Kode secara Manual”
  • Copy kode dasar, carilah template header yang terdapat pada platform maupun CMS
  • Paste kode berikut di atas header atau tag head penutup

Facebook pixel

Sumber gambar : Canva

  • Tekan “Lanjutkan”, aktifkan pada opsi “Pencocokan Lanjut Otomatis”, lalu verifikasi informasi audiens yang Anda inginkan
  • Ketuk sekali lagi “Lanjutkan”
  • Manfaatkan “Fitur Penyiapan Peristiwa” untuk menambahkan peristiwa secara manual
  • Setelah memutuskan akan menggunakan Fitur Penyiapan, tekan di bagian “Selesai”

Pemasangan Facebook Pixel memang memudahkan promosi, tetapi untuk mengatur manajemen perusahaan Anda bisa menggunakan produk Omnichannel. Bukan hanya mengelola pesanan, platform besutan HiToko ini juga memiliki fitur untuk manajemen stok, data pelanggan, dan lain-lain. Registrasi Gratis dan segera buktikan!

Banner HiToko