Home/Tips Marketplace/For Your Page TikTok: Pengertian Hingga Cara Biar FYP
Total Views: 438|Daily Views: 7

For Your Page TikTok: Pengertian Hingga Cara Biar FYP

HiToko.co.id – Halo Sahabat HiToko! TikTok merupakan salah satu platform multimedia untuk menonton video yang beberapa tahun terakhir sedang naik daun. Para content creator TikTok berlomba-lomba agar konten video mereka masuk dalam kategori for your page (FYP).

Apalagi untuk para pebisnis online yang ingin mempromosikan bisnis mereka, sangat penting untuk mengetahui apa itu FYP, cara untuk FYP dan bagaimana cara untuk mengetahui video kita FYP.

Pengertian FYP

Singkatan FYP yaitu For Your Page, dalam bahasa Indonesia artinya “Untuk Halaman Anda”. Jadi for your page artinya adalah halaman yang direkomendasikan oleh TikTok untuk Anda atau halaman awal yang dapat dilihat langsung oleh Anda sebagai pengguna TikTok ketika membuka aplikasi tersebut.

FYP menjadi salah satu fitur utama TikTok bagi para penggunanya untuk dapat melihat berbagai video menarik yang direkomendasikan oleh TikTok sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna.

Untuk FYP setiap orang tidak selalu sama, karena hal ini berdasarkan berbagai indikator salah satunya adalah minat atau favorit.

Secara umum, FYP TikTok berisi kumpulan video yang sedang populer, yang biasanya memiliki banyak views atau tayangan, likes, share, komentar dan favorit. Tidak heran apabila FYP ini sangat penting bagi para pengguna medsos, baik untuk kepentingan individu maupun kepentingan bisnis.

Cara Mengetahui Video Kita FYP

Untuk cara mengetahui video TikTok kita masuk FYP atau belum, caranya sangat mudah yaitu.

  • Kunjungi profil akun sendiri
  • Klik garis tiga di pojok kanan atas
  • Pilih Creator Tools
  • Pilih Analytics
  • Anda dapat melihat statistik akun, termasuk video sudah FYP atau belum

Keuntungan Memiliki Konten yang Masuk FYP

Berikut beberapa keuntungan memiliki konten video masuk FYP.

  • Memperoleh banyak teman
  • Meningkatkan popularitas
  • Bisa live streaming dan mendapatkan penghasilan
  • Mempromosikan dagangan atau bisnis
  • Karya lebih dihargai

Cara Biar FYP

Penasaran dengan cara untuk membuat konten video yang dapat masuk FYP? Ada beberapa indikator yang mempengaruhi. Berikut ini merupakan cara biar FYP di TikTok dengan mudah.

1.    Perhatikan kualitas video

Kualitas video yang diunggah ke harus diperhatikan dengan baik mulai dari orisinalitas, kejernihan, energi dan autentik video. Maksimalkan semua aspek tersebut sehingga konten video mempunyai nilai plus dibandingkan video kompetitor.

2.    Sisipkan musik populer

Fitur musik atau suara dapat digunakan oleh para pengguna agar video lebih keren. Agar video Anda masuk dalam deretan for your page, pilihlah musik yang sedang populer atau trending beberapa waktu terakhir.

3.    Menggunakan hashtag

Hashtag (#) menjadi salah satu indikator konten video bisa FYP di TikTok. Caranya yaitu dengan mengamati hashtag yang sedang trending dan dicari banyak orang. Setidaknya buatlah postingan minimal 3 video yang menggunakan hashtag relevan dalam sepekan sehingga potensi FYP lebih besar.

BACA  Pengertian, Fitur, dan Cara Login Shopee Seller

4.    Ikuti Challenge Populer

Di TikTok selalu ada challenge terbaru yang populer untuk para penggunanya. Dengan membuat video TikTok challenge, ternyata dapat menjadi batu loncatan sehingga konten video dapat masuk FYP.

Jika Anda mengikuti semua challenge maka dapat meningkatkan eksistensi akun. Buatlah video TikTok challenge paling tidak seminggu sekali.

5.    Gunakan Caption Menarik

Meskipun TikTok merupakan medsos visual, caption tetap memiliki pengaruh dan peran penting sehingga konten video dapat masuk for your page. Sesekali caption ternyata dapat membantu untuk menjual konten video dengan catatan video tersebut juga dibuat dengan unik dan sesuai dengan topik yang sedang viral.

Cara Kerja Algoritma

Video FYP di TikTok bekerja sesuai dengan algoritma. Lalu bagaimana cara kerja algoritma FYP TikTok?

  • Interaksi Pengguna

Seperti halnya medsos lainnya, algoritma TikTok juga dipengaruhi faktor interaksi pengguna dengan konten video di dalamnya. Interaksi ini bisa mencakup apa pun yang berkaitan dengan petunjuk jenis konten yang disukai maupun tidak disukai pengguna.

  • Informasi Video

Selain itu, algoritma TikTok juga dipengaruhi oleh informasi video yang umumnya dipengaruhi oleh konten yang cenderung sering Anda cari pada tab discover atau temukan. Hal ini dapat meliputi beberapa hal seperti suara, keterangan, efek, topik, hashtag dan apa pun minat Anda.

  • Pengaturan Akun

Sebenarnya faktor ini tidak terlalu berpengaruh dibandingkan kedua faktor di atas karena pengaturan akun hanya dilakukan sekali. Namun tetap saja hal ini digunakan oleh TikTok untuk mengoptimalkan kinerja algoritma.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas kamu, Anda dapat dengan mudah untuk memanfaatkan TikTok sebagai media untuk berbisnis khususnya promosi. Jika video promosi yang Anda buat for your page, maka peluang berjualan produk yang viral untuk menarik konsumen semakin besar.

Sekarang tidak perlu khawatir lagi karena telah hadir layanan HiToko yang memudahkan Anda dalam mengelola bisnis Anda di satu dashboard. Jika pesanan di beberapa toko online milik Anda membludak, platform Omnichannel ini merupakan solusi yang akan membantu Anda melayani chat, mengatur stok dan sinkron pesanan dari beberapa e-commerce ke dalam satu wadah jadi tidak perlu berganti-ganti platform.

Rasakan kemudahan mengelola banyak toko online melalui produk Omnichannel. Buruan registrasi gratis sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!