Home/Tips Bisnis/Cara Terbaik Follow Up Customer dan Manfaatnya
Total Views: 234|Daily Views: 1

Cara Terbaik Follow Up Customer dan Manfaatnya

Follow up customer

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Dalam memasarkan produk, ada banyak strategi yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan teknik follow up customer. Terlebih lagi, strategi tersebut sekarang didukung dengan semakin canggihnya teknologi. Anda memiliki banyak pilihan media untuk melakukan follow up terhadap pelanggan.

Namun sebelum menjelaskan lebih jauh bagaimana cara follow up customer, apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari follow up customer?

Apa Itu Follow Up Customer?

Follow up customer

Follow up customer merupakan salah satu strategi pemasaran dengan cara menghubungi kembali pelanggan potensial. Biasanya, para pemasar melakukan follow up kepada konsumen setelah mereka menawarkan produk. Harapannya dengan follow up tersebut, para konsumen akan melakukan pembelian.

Secara umum, tujuan follow up ini adalah untuk mengingatkan serta meyakinkan para konsumen untuk melakukan pembelian produk. Namun selain itu, terdapat beberapa manfaat dan tujuan dari melakukan follow up terhadap customer. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Follow Up Customer

Follow up customer

Menggunakan teknik follow up dalam memasarkan produk memang akan memberikan berbagai manfaat bagi laju sebuah bisnis. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mempengaruhi Konsumen untuk Melakukan Pembelian

Idealnya, kalimat-kalimat yang disampaikan pemasar saat melakukan follow up adalah kalimat persuasif. Dengan demikian, pemasar dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk. Dengan melakukan follow up, Anda juga bisa meminimalisir konsumen yang melakukan hit and run

2. Pembelian Ulang

Manfaat lain dari follow up adalah agar konsumen melakukan pembelian ulang atau repeat order terhadap produk Anda.

Karena follow up tidak hanya Anda lakukan kepada calon pembeli saja, Anda juga bisa melakukannya kepada pembeli lama. Misalnya, dengan menawarkan berbagai promo dan produk baru.

3. Meningkatkan Penjualan

Apabila Anda berhasil mempengaruhi konsumen untuk membeli produk dari aktivitas follow up tersebut, maka tentu ini akan meningkatkan jumlah pembelian. Semakin banyak konsumen yang terpengaruh tawaran Anda, maka semakin banyak juga jumlah produk yang terjual.

Tentunya, ini juga berkaitan dengan semakin meningkatnya pendapatan atau keuntungan bisnis.

4. Membangun Hubungan Bisnis Jangka Panjang

Follow up customer juga bisa Anda jadikan sebagai cara untuk membangun serta memelihara hubungan bisnis dengan para konsumen. Membangun hubungan yang baik dengan konsumen akan membuat mereka semakin melekat dengan produk Anda. Tidak hanya itu, metode ini juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

5. Menyampaikan Informasi Terbaru Seputar Produk

Melalui follow up, Anda juga bisa memastikan bahwa baik konsumen baru maupun konsumen setia Anda dapat mengetahui informasi terbaru seputar produk. Misalnya, informasi produk baru, tips and tricks menggunakan produk, dan lain-lain.

Follow up sendiri menjadi metode ataupun strategi yang cukup efektif untuk memasarkan suatu produk maupun layanan. Namun, pastikan Anda melakukan metode ini dengan tepat. Misalnya, dengan membuat kalimat yang persuasif sehingga pelanggan semakin yakin untuk melakukan pembelian produk.

Agar tidak keliru, berikut tips follow up customer beserta contohnya:

Cara Follow Up Customer

Follow up customer

Follow up tidak hanya soal menawarkan produk saja, tetapi juga berkomunikasi dengan menyapa ataupun menawarkan bantuan. Berikut panduan lengkapnya untuk melakukan follow up.

1. Ucapkan Terima Kasih

Tips pertama dalam melakukan follow up adalah, ucapkan terima kasih kepada konsumen karena mereka sudah tertarik dengan produk Anda. Melalui ucapan terima kasih ini, pelanggan akan merasa dihargai dan merasa keberadaannya memang berharga bagi perusahaan.

2. Tunjukkan Perhatian Kepada Konsumen

Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan perhatian kepada konsumen. Misalnya, dengan cara memberikan saran serta panduan dalam menggunakan produk.

Contoh kalimat follow up customer: “Halo Kak Dita 😊 terima kasih sudah melakukan pembelian produk kami. Untuk mempermudah Kak Dita, berikut kami sampaikan panduan penggunaan produk. Kakak bisa mengikuti step by step sesuai petunjuk yang tertera. Apabila ada kesulitan, bisa menghubungi kami di nomor ini. Semoga suka dengan produknya!”

3. Tawarkan Diskon atau Penawaran Spesial

Untuk follow up dengan memberikan penawaran ini, bisa Anda lakukan via media WhatsApp. Berikut contoh follow up customer lewat WhatsApp untuk penawaran diskon produk:

“Halo Kak Alana, kebetulan kami sedang mengadakan promo menarik, jadi apabila kak Alana membeli dua scarves pada periode 21-28 November 2020 maka kakak akan mendapatkan potongan harga sebesar 10%. Apakah kak Alana berminat untuk membeli dua scarves sekalian?”

4. Tetap Terhubung dengan Konsumen

Anda bisa melakukan strategi follow up dengan cara mengirimkan informasi tidak hanya dalam bentuk kalimat saja, tetapi juga bisa berupa konten video ataupun dengan cara melakukan webinar.

Itulah informasi lengkap mengenai follow up customer. Dalam aktivitas pemasaran, Anda bisa mengkombinasikan strategi follow up ini dengan strategi lainnya. Untuk mengetahui strategi terbaik dalam memasarkan produk, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan omnichannel.

Sebagai wadah terbaik untuk berjualan, produk omnichannel yang tersedia siap membantu Anda untuk mengelola dan meningkatkan keberhasilan bisnis. Misal dalam hal manajemen pelanggan, manajemen pesanan, integrasi toko, dan masih banyak produk unggulan lainnya.

Omnichannel bisa Anda akses dengan mudah melalui HiToko. Tunggu apalagi? Segera rancang strategi pemasaran Anda sekarang juga dengan registrasi gratis!

Banner HiToko