Engagement Rate: Cara Menghitung dan Manfaatnya untuk Bisnis
Halo sahabat HiToko! Apakah Anda tahu bahwa terdapat cara untuk mengukur engagement dari setiap aktivitas promosi pada media sosial, yaitu melalui engagement rate. Engagement rate adalah metrik untuk mengukur setiap interaksi khalayak terhadap konten yang Anda bagikan.
Bagi Anda yang saat ini sedang berusaha mengembangkan bisnis melalui media sosial, maka sangat penting untuk mengetahui lebih jauh tentang:
- Arti engagement rate?
- Bagaimana cara menghitungnya?
- Seberapa penting penggunaannya dalam keberhasilan bisnis, khususnya pada aktivitas komunikasi pemasaran?
Untuk mengetahui info penting ini, mari simak selengkapnya dalam ulasan artikel ini.
Pengertian Engagement Rate
Saat ini sektor bisnis sudah tidak bisa terlepas dari penggunaan media sosial dalam promosi pemasaran. Namun, apakah Anda tahu bahwa terdapat cara untuk mengetahui seberapa menariknya konten yang Anda buat dari jumlah engagement.
Engagement artinya ada keterlibatan audiens terhadap suatu konten maupun akun. Keterlibatan tersebut mengacu pada adanya interaksi.
Menurut Avinash Kaushik sebagai ahli statistik juga penulis seputar komunikasi digital, menyebutkan bahwa terdapat tiga kategori bentuk interaksi di media sosial. Yaitu:
- Conversation: adanya interaksi antar pengguna media sosial.
- Amplification: berupa penyebaran atau perluasan pesan/konten.
- Applause: memberikan respon singkat melalui fitur yang tersedia, seperti like, emoticon, sticker, dan lain-lain.
Nah, untuk pengertian engagement rate adalah cara untuk mengukur engagement tersebut. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah konten yang Anda bagikan menarik perhatian audiens atau tidak.
Mengetahui jumlah engage adalah sesuatu yang penting dalam promosi pemasaran, karena percuma misalnya akun bisnis Anda memiliki jumlah followers yang banyak tetapi Anda tidak mengetahui seberapa banyak engagement audiensnya.
Fungsi dan Manfaat Engagement Rate Bagi Keberhasilan Bisnis
Mengetahui interaksi atau engagement tidak hanya memberikan Anda data angka saja. Akan tetapi, dari angka tersebut dapat menjadi data untuk mengembangkan bisnis.
1. Memantau Aktivitas Promosi atau Campaign
Dalam melakukan promosi atau campaign, tentu Anda menginginkan adanya efektivitas. Namun, bagaimana cara mengetahui efektivitas tersebut? Engagement rate adalah jawabannya.
Tinggi rendahnya angka yang Anda peroleh dari perhitungan engagement rate dapat menjadi tolak ukur keberhasilan. Semakin tinggi engagement nya, maka, aktivitas campaign anda dianggap berhasil.
2. Untuk Menilai User Experience
Hasil dari engagement rate juga bisa Anda jadikan sebagai informasi pengalaman audiens (user), terhadap konten yang Anda bagikan. Jika engagement rate tinggi, maka dapat Anda simpulkan bahwa audiens menikmati setiap konten yang Anda bagikan.
3. Sebagai Bahan Riset dan Evaluasi
Melalui Anda akan mengetahui langkah-langkah selanjutnya dalam melakukan promosi pemasaran.
Hasil perhitungan dari engagement rate bisa Anda jadikan sebagai bahan riset dan evaluasi. Misalnya, apabila ternyata engagement konten yang Anda bagikan nilainya rendah, Anda bisa melakukan evaluasi untuk memperbaiki atau membuat konten lain yang lebih menarik, sehingga engagement-nya pun meningkat.
4. Untuk Memantau Kinerja Kompetitor
Selain memantau engagement pada akun sendiri, Anda juga bisa melakukan pemantauan terhadap akun kompetitor bisnis Anda. Dalam pengelolaan bisnis, memang penting untuk mengetahui kinerja kompetitor, sebagai perbandingan atas kinerja yang sudah Anda lakukan.
Cara Menghitung Engagement Rate
Cara menghitung engagement rate tergantung pada jenisnya yang akan Anda hitung. Misalnya menghitung engagement post dengan menghitung engagement rate memiliki cara yang berbeda.
Anda juga bisa menghitungnya secara manual maupun menggunakan aplikasi tertentu.
1. Menghitung Manual Engagement Rate Berdasarkan Posti (ER Post)
Rumus yang pertama adalah cara untuk mengetahui seberapa banyak engagement terhadap konten atau postingan yang Anda bagikan.
ER Post = (jumlah engagement dalam satu post/jumlah followers) x 100
Rumus ER Post ini umumnya banyak digunakan untuk menghitung engagement konten pada media sosial Instagram dan TikTok.
2. Menghitung Manual Engagement Rate Harian (Daily ER)
Anda juga bisa menghitung engagement rate, untuk mengetahui jumlah audiens yang berinteraksi perharinya.
ER Daily = (jumlah engagement dalam satu hari/jumlah followers) x 100
3. Menghitung Manual Engagement Rate Views (Views ER)
Penghitungan ini bisa Anda gunakan seperti saat Anda membagikan konten video.
ER View = (jumlah engagement dalam jumlah post video/jumlah views video).
4. Menghitung Manual Engagement Rate Reach (Reach ER)
Menghitung jumlah reach mengacu pada seberapa banyak audiens berinteraksi dengan kontan Anda, terlepas dari audiens tersebut sebagai followers ataupun bukan.
ER Views = (jumlah engagement per post/reach per post) x 100.
5. Menghitung Engagement dengan Aplikasi Gratis
Selain manual, Anda juga bisa menghitung engagement dengan menggunakan aplikasi gratis. Beberapa rekomendasi aplikasi gratisnya, seperti Sociabuzz dan Planks. Cukup install aplikasi kemudian masukan akun yang hendak Anda cek maka hasilnya akan otomatis keluar.
6. Menghitung Engagement Menggunakan Microsoft Excel
Cara lain menghitung engagement rate adalah menggunakan Microsoft Excel, dengan rumus tersebut:
Jumlah likes : jumlah postingan : jumlah pengikut. Kemudian bagikan dengan jumlah followers dan jumlah likes. Setelah itu Anda akan mendapatkan angka dari engagement rate akun Anda.
Untuk informasi lain mengenai pengembangan bisa Anda cari tahu melalui Omnichannel, Sebagai wadah jualan untuk memaksimalkan bisnis. Anda bisa mengaksesnya secara mudah melalui HiToko.
Tunggu apalagi! Kembangkan bisnis Anda sekarang juga dengan daftar secara gratis di sini!