Home/Strategi Marketing/Beberapa Manfaat, Kelebihan dan Strategi Email Marketing
Total Views: 267|Daily Views: 2

Beberapa Manfaat, Kelebihan dan Strategi Email Marketing

Email marketing adalah

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Apakah Anda sudah tahu tentang strategi email marketing? Email marketing adalah salah satu strategi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan branding maupun meningkatkan konversi.

Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran ini menggunakan email sebagai medianya. Penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang strategi pemasaran yang satu ini? Silakan simak penjelasan di bawah untuk mendapatkan informasi mengenai pengertian hingga contoh penggunaan strategi email marketing.

Pengertian Email Marketing

Masih banyak yang belum memahami apa itu marketing melalui email. Kebanyakan pemasar saat ini lebih banyak mengetahui strategi pemasaran digital lain seperti media sosial marketing.

Padahal, jenis marketing yang satu ini merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang telah lama ada. Strategi ini pertama kali dilakukan pada tahun 1978 dan saat itu berhasil mendapatkan penjualan hingga lebih dari 13 juta dolar.

Strategi pemasaran menggunakan email berbeda dengan email yang Anda kirim kepada teman lama. Namun, strategi ini juga tidak sesederhana mengirimkan spam kepada banyak orang agar membeli produk.

Pada dasarnya, Anda perlu merancang isi email agar dapat menarik perhatian calon pelanggan. Dengan begitu, mereka akan membaca email Anda dan melanjutkan pada tindakan selanjutnya seperti mengunjungi situs web, membeli produk dan sebagainya.

Manfaat Email Marketing

Sama seperti strategi pemasaran lainnya, fungsi email marketing adalah untuk membantu mencapai tujuan perusahaan dalam hal ini terkait penjualan produk. Namun lebih dari pada itu, strategi ini juga memiliki manfaat atau fungsi lain yaitu sebagai berikut.

1. Menyebarkan Informasi

Strategi pemasaran yang satu ini dapat Anda gunakan untuk menyebarkan informasi terkait perusahaan maupun produk kepada pelanggan. Hal ini sangat berguna di dalam beberapa kasus seperti ketika Anda hendak meluncurkan produk baru.

Melalui email, Anda bisa memberi informasi mengenai ketersediaan produk baru dengan kelebihan dan keuntungan tertentu. Dengan begitu, pelanggan dapat mengetahui produk baru Anda dan menjadi tertarik untuk membelinya.

2. Mempererat Hubungan

Saat ini, hubungan penjual dan pelanggan yang bersifat horizontal cenderung lebih mampu meningkatkan penjualan. Sebab, pelanggan akan merasa lebih dekat dengan brand sehingga cenderung melakukan pembelian berulang.

Penggunaan email marketing cenderung lebih mampu mempererat hubungan brand Anda dengan pelanggan. Sebab, email merupakan hal yang cukup personal bagi sebagian orang sehingga komunikasi yang terjalin terkesan lebih intim.

Kelebihan / Keuntungan Email Marketing

Email marketing adalah

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan email marketing jika dibandingkan strategi pemasaran lainnya:

1. Lebih Murah

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran digital dengan biaya yang relatif rendah. Meski begitu, hasil dari strategi ini tidak boleh Anda anggap remeh.

Berdasarkan hasil studi Direct Marketing Association menyebutkan bahwa sebuah email dengan nilai 1 dolar memiliki potensi mendapatkan keuntungan hingga 40 dolar. Sebuah nilai keuntungan yang sangat besar bukan?

2. Lebih Efektif

Meski saat ini sudah muncul beragam strategi pemasaran digital baru, email marketing masih menjadi pilihan karena tingkat efektivitas yang tinggi. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa strategi pemasaran yang satu ini 40 kali lebih efektif daripada manfaat sosial media marketing bagi brand.

Strategi Email Marketing

Email marketing adalah

Setelah memahami pengertian dan kelebihan email marketing, lalu bagaimana cara melakukannya?

Pada dasarnya, cara menggunakan email marketing tidak jauh berbeda dengan taktik pemasaran lainnya. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu sebagai berikut:

1. Mendapatkan Email Pelanggan

Tanpa mengetahuia email tujuan, Anda tidak bisa menjalankan strategi pemasaran yang satu ini. Oleh karena itu, Anda perlu cara untuk mendapatkan email pelanggan. Oleh karena itu, Anda memerlukan lead magnet untuk mendapatkan email pelanggan.

2. Buat Email yang Menarik

Buatlah email yang menarik agar pelanggan membuka tertarik dengan isi pesan Anda. Mulai dari konten, desain hingga pemilihan kata di dalam email harus Anda pikirkan secara matang untuk membuat email menarik.

Contoh Email Marketing

Email marketing adalah

Ada banyak contoh email marketing yang bisa Anda temukan. Bahkan mungkin Anda bisa melihatnya pada kotak masuk email Anda.

Salah satu contohnya adalah email dari marketplace seperti Tokopedia atau Lazada yang memberi tahu bahwa Anda memiliki voucher diskon maupun cashback. Dengan adanya email tersebut, pelanggan menjadi tergerak untuk menggunakan voucher sehingga akan belanja.

Tingkatkan Penjualan Menggunakan Omnichannel

Selain menggunakan email marketing, Anda juga perlu mengoptimalkan cara lain untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya seperti menggunakan produk omnichannel yang memudahkan memasarkan produk di banyak marketplace.

Dengan bantuan omnichannel seperti HiToko, Anda bisa membuka dan mengelola banyak toko sekaligus. Dengan begitu, Anda bisa menyasar target pasar yang lebih luas.

Semakin luas pasar, maka potensi penjualan akan semakin meningkat. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan keuntungan Anda sebagai pemilik bisnis.

Apalagi, HiToko memiliki layanan berupa registrasi gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan beban biaya tambahan.

Memadukan penggunaan omnichannel dan email marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan karena bisa membuka kanal penjualan dengan lebih luas.

Banner HiToko