Optimalkan E-Commerce: Cara Buat Deskripsi Produk
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Tahukah Anda bahwa sebenarnya dalam konteks marketplace, media sosial dan e-commerce itu mirip? Kesamaan kedua platform ini terletak pada adanya kolom khusus untuk Anda menambahkan caption. Namun, secara spesifik kolom ini disebut deskripsi produk kalau di e-commerce.
Memangnya sepenting apa sampai mempromosikan suatu produk di e-commerce juga perlu ada deskripsi segala? Untuk mendapatkan jawabannya, silakan simak beberapa poin penjelasan ini.
Apa itu Deskripsi Produk?
Sebagaimana yang sudah paragraf pembuka di atas jelaskan, deskripsi produk berfungsi sebagai keterangan tambahan dari apa yang Anda jual di e-commerce. Adapun contoh keterangan tambahan di sini seperti:
- Cara pemakaian dan penyimpanan produk
- Spesifikasi atau fitur teknis
- Prosedur garansi dari produk
- Jam buka dan tutup toko
- Pilihan karakteristik produk berdasarkan kategori tertentu seperti warna, ukuran, dan sebagainya
Manfaat Deskripsi Produk untuk Bisnis di Platform E-Commerce
Adanya kolom deskripsi produk itu cukup penting baik bagi customer maupun pada bisnis Anda sendiri, yaitu untuk:
1. Memberikan Keterangan yang Lebih Detail yang Tidak Bisa Ditampilkan di Foto
Foto hanya terbatas untuk menampilkan karakteristik produk seperti pilihan warna, pilihan ukuran, dan dimensi produk. Namun sayangnya masih ada banyak karakteristik lain yang tidak bisa foto tampung, contohnya seperti cara pakai dan penyimpanan, bahan pembuatan produk, dan sejenisnya.
Di sinilah deskripsi produk mengambil peran untuk mencantumkan keterangan yang lebih detail sehingga customer akan lebih cepat mengerti bisnis Anda.
2. Memperluas Akses Jualan Anda Kepada Lebih Banyak Konsumen
Platform e-commerce bukan hanya tersedia dalam bentuk aplikasi tapi juga versi website. Oleh karena itu, sistem algoritma mesin pencarian juga berlaku di sini. Jadi, jangan lupa selipkan kata kunci yang tepat dalam deskripsi produk.
Tujuannya adalah untuk memperbesar peluang akun Anda terbaca oleh algoritma sebagai konten yang relevan saat konsumen mengetik kata kunci tersebut.
Tips Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
Dari berbagai manfaat yang sudah poin sebelumnya uraikan, ternyata memang deskripsi produk itu penting. Maka dari itulah. Anda perlu tahu bagaimana cara membuat deskripsi produk yang baik dan benar yaitu dengan:
1. Sesuaikan Gaya Bahasa dan Pilihan Kata dengan Target Konsumen Anda
Menarik tidaknya deskripsi produk memang bersifat relatif, bagi orang yang satu menganggapnya menarik tapi bagi orang lain belum tentu. Perbedaan ini bisa terjadi karena tiap orang memiliki karakteristiknya masing-masing berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, latar belakang ekonomi, profesi, dan lain-lain.
Berdasarkan masalah inilah, Anda perlu observasi dulu sebenarnya konsumen dengan karakteristik seperti apa yang menjadi target Anda. Beda karakteristik maka beda pula gaya bahasa dan pilihan kata yang harus Anda gunakan pada deskripsi produk.
2. Gunakan Kosakata yang Bervariasi
Deskripsi produk dalam e-commerce memang ada pembatasan jumlah kata-kata sehingga Anda kurang bisa leluasa. Namun, bukan berarti kekurangleluasaan ini menjadi alasan Anda membuat deskripsi ala kadarnya.
Karena tidak bisa menjabarkan panjang dan lebar, maka Anda bisa “mengakalinya” dengan memakai pilihan kata-kata yang menarik dan variatif sehingga customer tidak merasa bosan.
Tapi jangan lupa semenarik dan sevariatif apapun kata-kata, tetap pastikan customer dapat memahaminya dengan mudah.
3. Fokus Jelaskan Manfaat yang Akan Konsumen Terima
Menjelaskan kelebihan produk yang Anda jual memang tidak salah, tapi jangan sampai di situ saja. Anda harus jelaskan juga apa manfaat nyata yang customer dapatkan dari kelebihan tersebut.
Serba-Serbi Mengenai Deskripsi Produk Pada Beberapa E-Commerce
-
Shopee
Dalam membuat deskripsi produk Shopee, ada beberapa ketentuan yang harus Anda tahu yaitu:
- Anda hanya bisa mengetikkan 500 kata pada kolom deskripsi.
- Dilarang keras untuk mencantumkan nomor kontak Anda pada kolom deskripsi. Akun Anda akan mendapatkan hukuman tidak bisa dipergunakan jika ada nomor kontak yang tertera.
- Jangan menggunakan kata-kata yang berbau SARA, vulgar, atau hal-hal sensitif lainnya.
-
Blibli
Halaman resmi Blibli mengenai ketentuan deskripsi produk menerangkan bagaimana pengisian kolom jika produk berupa obat tradisional dan suplemen kesehatan.
Di sini, pemilik toko harus mencantumkan secara detail beberapa keterangan yang tertera pada label dari obat tersebut seperti:
- Nama merek obat
- Nomor Izin Edar dari BPOM
- Tanggal kadaluwarsa
- Aturan pemakaian
- Peringatan mengenai efek samping dan lain-lain
-
Tokopedia
Mengenai deskripsi produk, laman Tokopedia menyebutkan bahwa penjual harus berhati-hati dalam membuat konten. Boleh terinspirasi, tapi kemudian ubah menurut versi Anda sendiri. Apabila terlalu mirip, konten deskripsi tersebut dapat membuat Anda terkena tuntutan hak cipta.
-
Lazada
Untuk deskripsi produk Lazada terdapat aturan bahwa penjual tidak boleh menggunakan kata-kata yang sifatnya hiperbola untuk mempromosikan produk.
Bila nanti sistem menemukan kata-kata yang seperti itu, maka Lazada berhak untuk mencegah iklan produk untuk tayang atau langsung menurunkannya. Seperti apa contoh kata-kata hiperbola ini bisa Anda cek langsung di website resminya.
Cara Mengedit Deskripsi Produk
Cara edit deskripsi produk di Blibli, Shopee, Tokopedia, maupun Lazada kurang lebihnya sama, yaitu dengan:
- Masuk ke toko lalu tekan tombol “ubah” pada produk yang Anda pilih.
- Lakukan pengeditan pada kolom deskripsi.
Tidak sulit bukan membuat deskripsi produk yang baik jika sudah tahu caranya? Makin tidak sulit lagi karena pengelolaan semua platform e-commerce yang Anda miliki bisa menjadi lebih efisien dengan produk omnichannel dari HiToko. Registrasi gratis sekarang juga.