Buat Menarik Dengan Contoh Deskripsi Toko Shopee Ini
Hai Sahabat HiToko, tahukah Anda selain isi konten ada satu lagi hal yang membuat konsumen tertarik mengunjungi lapak shopee Anda ? Itu adalah deskripsi karena mereka juga akan melihat bagian itu pada saat mengunjungi toko. Mari pelajari bagian deskripsi ini lebih mendalam dan contoh deskripsi toko shopee tersebut.
Fungsi Deskripsi Toko Shopee
Kesan pertama yang diperoleh orang yang baru saling berkenalan adalah lewat wajahnya. Begitu pula dengan bagian deskripsi yang juga berfungsi sebagai “wajah” dari lapak shopee Anda. Dengan demikian deskripsilah yang akan menentukan first impression konsumen terhadap tokomu.
Dengan kolom yang hanya memuat maksimum 499 karakter membuat Anda harus sangat cermat dan efektif . Maksudnya di sini adalah bagaimana Anda dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas kepada konsumen dengan jumlah kata yang terbatas.
Adapun beberapa informasi utama yang harus ada dalam deskripsi toko shopee Anda meliputi :
- Jenis-jenis produk seperti apa yang toko Anda jual. Jadi konsumen tidak bingung untuk memastikan apakah toko Anda yang mereka cari.
- Jam toko Anda beroperasi agar konsumen dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menghubungi Anda. Dengan begitu Anda pun bisa merespon secara cepat.
- Alamat toko Anda bila ada.
- Informasi-informasi lain yang relevan seperti promosi dan pengumuman-pengumuman terkait penjualan produk di toko Anda. Ini penting supaya nanti tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan konsumen saat mereka menanyakan suatu produk.
Namun perlu diingat meskipun Anda bebas berkreasi tetap ada batasan-batasannya. Batasan ini perlu diperhatikan agar jangan sampai toko Anda terkena suspend, yang meliputi :
- Jangan pernah mencantumkan kontak pribadi baik itu nomor handphone, alamat e-mail, dsb.
- Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu dan sensitif agar tidak mengundang konflik yang tidak perlu. Anda tidak mau bukan mendapatkan cap buruk akibat penggunaan kata yang tidak tepat?
Bagaimana Menentukan Deskripsi Toko Shopee yang Menarik
Makin banyak konsumen yang berbelanja maka sudah tentu akan meningkatkan penjualan shopee Anda. Untuk mewujudkan hal itulah, Anda harus bisa membuat deskripsi toko yang menarik agar konsumen mendapatkan kesan pertama yang baik.
Oleh karenanya, inilah beberapa panduan mengenai cara membuat deskripsi toko shopee :
1. Gunakan Kosakata yang Variatif tapi Sederhana
Memang dalam menguraikan deskripsi juga memerlukan kreativitas. Silahkan Anda membuat kata-kata yang semenarik mungkin tapi jangan sampai membuat konsumen gagal paham.
Bagaimana mereka dapat tertarik untuk mencari tahu tentang toko Anda jika mereka tidak bisa memahami deskripsi toko. Malah kemungkinan terburuknya, ketidakpahaman konsumen dapat menyebabkan miskomunikasi dengan Anda.
2. Gunakan Kalimat yang Efektif
Tidak ada orang yang suka membaca kalimat yang berbelit-belit. Jadi sebagai tips shopee pastikan Anda membuat deskripsi toko sesingkat dan sepadat mungkin.
Sampaikan informasi yang seperlunya saja agar konsumen dapat membacanya dengan cepat.
3. Sesuaikan Gaya Bahasa
Gaya bahasa juga menentukan bagaimana perasaan konsumen saat membaca deskripsi toko Anda. Oleh karena itu Anda harus sesuaikan dengan karakteristik dari target konsumen. Jika target Anda adalah anak-anak muda maka tidak masalah untuk menggunakan gaya bahasa yang santai asal tetap sopan.
Namun sebaliknya jika konsumen toko Anda berasal dari golongan yang sudah berumur maka pakailah bahasa yang lebih formal dan terstruktur. Meskipun formal tapi jangan lupakan untuk tetap interaktif.
Dengan gaya bahasa yang tepat maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengakrabkan diri dengan para konsumen.
4. Jelaskan Sekilas Apa Manfaat Produk Bagi Konsumen
Dalam berbelanja, konsumen hanya akan fokus pada ego mereka sendiri. Mereka tidak akan terlalu peduli dengan apa kelebihan produk tapi pada bagaimana produk itu dapat memberikan manfaat bagi kebutuhan mereka.
5. Sematkan Kata-Kata Kunci Menurut Kaidah SEO
Shopee tidak hanya dapat Anda akses lewat aplikasi tapi juga lewat website. Dengan demikian algoritma dari google juga akan mencakup segala konten yang ada di sini juga. Oleh karena itu supaya toko Anda terdeteksi oleh konsumen, sematkan kata-kata kunci dalam deskripsi.
Penentuan keyword ini dapat Anda lakukan dengan cara menggunakan intuisi. Kira-kira konsumen akan mengetikkan kata seperti apa yang relevan dengan produk yang Anda jual.
Namun Anda juga bisa memperoleh kata kunci yang lebih pasti lewat beberapa fitur bantuan seperti ubersuggest, google keyword planner, dsb.
Contoh Deskripsi Toko Shopee
Anda dapat membuat deskripsi toko dengan mengacu pada beberapa contoh deskripsi toko shopee yang menarik berikut ini :
Contoh Deskripsi Toko Shopee yang Bagus dari UNIQLO
Contoh Deskripsi Profil Toko Online dari Gramedia
Mulai buat toko Anda jadi menarik bagi konsumen lewat contoh deskripsi toko shopee dari beberapa brand terkenal tersebut. Tetapi jika Anda mencari bantuan yang lebih rinci mengenai pengelolaan shopee, HiToko siap melayani Anda. Produk omnichannel ini dapat Anda akses dengan registrasi gratis.