Home/Tips Bisnis/Customer Service sebagai Ujung Tombak sebuah perusahaan
Total Views: 142|Daily Views: 1

Customer Service sebagai Ujung Tombak sebuah perusahaan

Cs adalah

Halo sahabat HiToko! Keberadaan CS adalah hal yang sangat umum di dalam sebuah bisnis. Hampir semua bisnis di sektor apapun memiliki CS.

Tentunya keberadaan customer service di hampir setiap bisnis bukanlah tanpa alasan. Bahkan CS sering dianggap sebagai ujung tombak bisnis dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen.

Ingin tahu sebenarnya apa peran CS di dalam sebuah bisnis? Silakan simak penjelasannya di artikel berikut ini, ya!

Memahami Pengertian CS

Sebelum mengerti tentang peran dan manfaat CS, Anda harus memahami terlebih dahulu arti dari CS. CS adalah singkatan dari customer service.

Dengan kata lain, customer service atau layanan pelanggan adalah pihak yang melakukan interaksi kepada pelanggan sebelum, saat dan setelah penggunaan produk.

Pada beberapa tahun lalu, layanan pelanggan biasanya berupa layanan saluran telepon yang bisa pembeli hubungi. Namun seiring berkembangnya zaman bentuk CS bertambah menjadi bentuk chat, email, media sosial dan sebagainya.

Karena langsung berinteraksi dengan customer, profesi yang satu ini juga sering dianggap sebagai representasi perusahaan. Pengalaman interaksi dengan layanan pelanggan akan membentuk persepsi customer terhadap bisnis.

Jika pelayanannya baik, maka kesan customer terhadap bisnis juga cenderung baik. Sebaliknya, jika pelayanan customer service buruk, pelanggan juga cenderung memiliki persepsi negatif terhadap bisnis.

Karena alasan itulah, banyak pihak menganggap customer service sebagai ujung tombak pelayanan terhadap customer.

Manfaat Customer Service

Cs adalah

Melihat dari pengertian CS di atas, sebenarnya sudah dapat terlihat bagaimana pentingnya keberadaan pihak yang satu ini dalam sebuah bisnis. Secara detail, manfaat customer service bagi sebuah bisnis adalah sebagai berikut.

1. Memperkuat Branding

Seperti kami singgung sebelumnya bahwa customer service merupakan representasi perusahaan. Oleh karena itu, profesi yang satu ini dapat memperkuat branding yang perusahaan lakukan.

Sebab proses membangun brand image tidak boleh berhenti hanya pada situs web maupun media sosial. Justru interaksi langsung dengan pelanggan adalah salah satu cara terbaik untuk menguatkan brand image perusahaan.

Karena itulah seorang CS harus mengerti brand image yang hendak perusahaan bangun. Selanjutnya senantiasa menjadikan brand image tersebut sebagai guide line dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

2. Mendapatkan Pelanggan Setia

Semua pebisnis tentu ingin memiliki pelanggan yang setia. Namun, perlu diakui bahwa mendapatkan pelanggan setia bukanlah hal mudah. Sebab ada banyak hal yang perlu pebisnis perhatikan termasuk kualitas customer service.

Layanan pelanggan yang baik akan memberikan pengalaman yang baik juga kepada pelanggan. Hal ini akan meningkatkan customer loyalty kepada bisnis Anda. Dengan begitu, potensi pelanggan menjadi pelanggan setia menjadi lebih tinggi.

3. Mendapatkan Masukan Berharga

Manfaat CS pada bisnis yang selanjutnya adalah bisa mendapatkan masukkan berharga untuk melakukan improvement maupun pengembangan di masa mendatang.

Data merupakan hal yang sangat penting di dalam bisnis. Tanpa adanya data, strategi dan keputusan bisnis dapat keliru. Lalu, bagaimana cara mendapatkan data yang valid dan berharga?

Salah satunya adalah melalui CS. Sebab CS bisa mendapatkan masukkan langsung dari pelanggan mengenai kualitas produk maupun harapan pelanggan di masa mendatang. Selanjutnya, pebisnis dapat mengolah data tersebut menjadi sebuah strategi atau keputusan bisnis.

Tugas Customer Service

Cs adalah

Secara umum Anda telah memahami bahwa pekerjaan seorang CS adalah berinteraksi dengan pelanggan. Namun, terdapat banyak bentuk interaksi dengan pelanggan.

Untuk mempermudah Anda dalam memahami pekerjaan dan peran CS, silakan simak penjelasan mengenai tugas seorang CS berikut ini.

1. Menjawab Pertanyaan Konsumen

Bertanya sebelum membeli sebuah produk merupakan hal yang wajar. Sebab calon pelanggan tentu ingin mendapatkan produk terbaik sesuai dengan kondisi mereka.

Peran CS adalah memberikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut dengan sebaik mungkin. Jawaban seorang CS harus meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk.

2. Menanggapi Masalah Terkait Produk Maupun Layanan

Tidak jarang terjadi masalah ketika pelanggan menggunakan sebuah produk maupun layanan. Tentunya pelanggan akan mencari solusi salah satunya dengan bertanya kepada pihak penyedia produk.

Keberadaan CS merupakan layanan after sales untuk menanggapi permasalahan tersebut. Bukan sebatas memberi tanggapan, namun CS juga perlu memberi solusi agar pelanggan bisa mengatasi masalah yang terjadi.

3. Penghubung Pelanggan dan Perusahaan

Pekerjaan CS adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, CS akan mengetahui kondisi, situasi, pendapat dan persepsi pelanggan. Seorang CS juga perlu menyampaikan hal tersebut kepada pihak perusahaan.

Contoh jika CS mengeluhkan bahwa aplikasi berjalan lambat. Maka CS perlu menyampaikan hal ini ke pihak developer agar bisa segera mengatasinya.

Dengan kata lain, CS merupakan penghubung antara pelanggan dan perusahaan.

Kelola Hubungan Pelanggan Secara Mudah Bersama HiToko

Cs adalah

Interaksi dengan pelanggan bisa Anda lakukan melalui banyak tempat. Contohnya jika Anda menggunakan marketplace, maka interaksi pelanggan bisa dilakukan melalui fitur pesan.

Tentunya mengelola hubungan dengan pelanggan marketplace bukanlah hal rumit, jika Anda hanya memiliki satu toko. Namun, bagaimana jika Anda memiliki banyak toko di beberapa marketplace. Tidak jarang customer service akan kesulitan untuk menanggapi seluruh pelanggan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memanfaatkan layanan produk omnichannel.

Sebab dengan omnichannel seperti HiToko, Anda bisa mengelola banyak toko hanya dari satu wadah. Bahkan HiToko memiliki fitur HiToko Chat yang akan memudahkan layanan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan.

Tidak perlu khawatir dengan biaya sebab Anda bisa melakukan registrasi gratis. Maka tidak perlu menunggu lagi dan segera bergabung dengan HiToko.

Bersama HiToko, persoalan CS adalah hal mudah dan tidak akan menjadi masalah

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!