Customer Relation: Pengertian, Fungsi dan Cara Membangunnya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen atau disebut juga dengan customer relation adalah suatu hal yang wajib dalam usaha. Pasalnya usaha bisa berkembang secara pesat karena adanya konsumen tadi. Maka Anda memilih usaha penting untuk memahami soal customer relationship.
Pengertian Customer Relationship
Customer relation adalah suatu strategi pemasaran terbaik guna mempertahankan konsumen, klien, atau pelanggan yang sudah dimiliki supaya para pelanggan tadi melakukan pembelian berulang dan tidak lari ke pesaing.
Pastikan melakukan pengelolaan kepada konsumen yang sudah ada di daftar. Pembangunan bersama pelanggan ini salah satunya terealisasi dalam fasilitas informasi yang lengkap dan biasa disebut dengan CRM (Customer Relation Management).
Tujuan customer relationship management yaitu mengetahui tentang kebutuhan serta perilaku pelanggan sebanyak mungkin. Nantinya Anda bisa memberikan suatu pelayanan secara optimal serta mempertahankan hubungan dengan konsumen yang sudah ada.
Pasalnya suatu kunci sukses usaha tergantung dari seberapa jauh Anda mengetahui soal pelanggan serta bisa memenuhi apa yang dibutuhkan. Suatu usaha akan sulit mencapai serta mempertahankan profitabilitas jika tidak berfokus pada CRM ini.
Fungsi Customer Relationship Management
Tentunya Anda akan bertanya-tanya apakah CRM sangat berpengaruh pada perkembangan usaha? Untuk mengetahuinya Anda bisa melihat dari beberapa fungsi yang dimilikinya.
-
Peningkatan penjualan
Customer relation adalah salah satu strategi yang dilakukan untuk mengetahui apa keinginan dan kebutuhan pelanggan. Hadirnya CRM ditambah dengan analisis data melalui penjualan konvensional maupun online bisa melihat kebutuhan pelanggan dan merealisasikan sehingga bisa meningkatkan penjualan.
-
Memperoleh peluang lebih banyak
CRM juga berperan untuk pengembangan produk baru, pasar baru, saluran baru serta model usaha yang baru. CRM tidak hanya melihat data internal namun juga publik sehingga bisa lebih cepat dalam mengidentifikasikan demografi, tren pembelian, dan faktor lainnya maka berdampak pada peluang yang semakin meningkat.
-
Biaya lebih rendah
Pengelolaan data memakai CRM serta menganalisisnya dengan cara real time dan terperinci. Tentunya hal ini memakan lebih sedikit biaya dibandingkan cara konvensional.
-
Kepuasan pelanggan meningkat
Paling banyak keluhan yang didapatkan dari pelanggan yaitu merasa perusahaan tidak merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan. Hadirnya CRM mampu membuat hubungan dengan pelanggan lebih pribadi.
-
Fleksibilitas lebih besar
Ekonomi digital mengalami pergerakan yang cepat dibandingkan ekonomi tradisional dan untuk bisa memasuki era tersebut Anda harus lebih cepat dalam menyesuaikannya. Melalui CRM yang bergerak dibidang digital tentunya lebih fleksibel dalam mengikuti perkembangan yang ada.
-
Skala ekonomi
Menggunakan CRM tentu saja hubungan dengan konsumen bisa dibangun serta dipelihara berbiaya rendah. Jadi tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan namun bisa menghasilkan perbaikan secara langsung dalam hal keuntungan dengan mengeluarkan biaya lebih rendah.
Itulah fungsi CRM sehingga Anda bisa mengetahui seberapa pentingnya crm ini bagi sebuah perusahaan.
Baca juga:
Cara Membangun CRM
Memang customer relation adalah kegiatan yang bisa menjalin hubungan Anda dengan konsumen berjalan dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa diterapkan dalam usaha Anda.
-
Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan
Menjalin komunikasi dengan para pelanggan akan membuatnya merasa lebih diperhatikan dan ini bisa menjadi pembeda antara usaha Anda dengan pesaing. Umumnya pelanggan akan memutuskan membeli barang jika berhasil berkomunikasi dengan penjual secara baik.
-
Mintalah feedback dengan teratur
Jangan ragu untuk meminta feedback atau umpan balik dari para pelanggan yang sudah menggunakan jasa atau membeli produk Anda. Hal tersebut berguna dalam peningkatan layanan atau produk yang telah ada.
-
Mengatasi keluhan
Keluhan yang diberikan oleh konsumen bisa menjadi masalah dan mencoreng nama perusahaan maka jika ada keluhan segera atasi. Ini berguna untuk melakukan perbaikan serta mengubah kesan negatif menjadi sesuatu yang positif.
-
Hadiah untuk pelanggan setia
Anda harus paham jika pelanggan tetap membelanjakan uang lebih banyak jika dibandingkan pelanggan baru. Melihat hal ini maka Anda bisa melakukan program loyalitas dengan cara memberikan penghargaan ataupun hadiah ke pelanggan tetap.
Pemberian hadiah ini akan mendorong pelanggan melakukan pembelian tambahan dan juga membuat pelanggan merasa lebih dihargai.
-
Tetap terhubung ke pelanggan
Banyak yang mengabaikan hal ini bahwa hubungan dengan pelanggan merupakan suatu hubungan yang perlu untuk dibina terus menerus jika ingin hubungan semakin baik.
Cara untuk bisa terus berhubungan yaitu memberikan kartu ucapan selamat, bulletin pembaruan layanan, bahkan bisa email yang berisikan rasa terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada usaha Anda.
Kesimpulan
Jadi customer relation adalah hubungan antara pemilik bisnis dan konsumen yang wajib dijaga agar konsumen tetap loyal. Untuk itu diperlukan suatu CRM yang baik dan terintegrasi secara optimal dengan usaha Anda.
Untuk Anda yang ingin pengelolaan usaha menjadi lebih maksimal, Anda bisa menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!