Home/Strategi Marketing/Pengertian Covert Selling Serta Penerapan dan Contohnya
Total Views: 563|Daily Views: 1

Pengertian Covert Selling Serta Penerapan dan Contohnya

Hitoko.co.id – Halo sahabat HiToko! Tahukah Anda bahwa covert selling adalah penjualan terselubung? Kenapa dikatakan terselubung apakah sembunyi-sembunyi atau jangan-jangan ilegal? Tidak, ini sama sekali legal dan arti dari penjualan terselubung maksudnya bukan seperti itu.

Pernahkah Anda membeli barang padahal penjual tidak pernah menawarkan apalagi promo? Jika iya, maka Anda baru saja merasakan sebuah skill marketing yang namanya covert selling atau penjualan terselubung.

Apa itu Covert Selling?

Di atas sudah disinggung bahwa covert selling merupakan penjualan terselubung. Maksud dari terselubung di sini bukan sembunyi-sembunyi, tidak legal, atau berkonotasi negatif, ya. Akan tetapi, penjualan terselubung sendiri maksudnya tersirat dan tidak terang-terangan.

Penjual tidak langsung mengajak pembeli untuk berbelanja dagangan mereka seperti biasanya. Dengan teknik covert selling penjual lebih bermain kata sehingga dengan sendirinya orang tertarik membeli.

Bagaimana Cara Penerapan Covert Selling dalam Bisnis?

Covert selling adalah

Secara teori mungkin mudah mengatakan bahwa covert selling itu penjualan terselubung. Penjual tidak terang-terangan mempromosikan dagangannya dan lebih bagaimana membuat pembeli tertarik dan akhirnya beli. Hanya saja, pada prakteknya penerapan penjualan terselubung ini sangat sulit.

Ada beberapa faktor yang membuatnya terkadang gagal untuk membuat calon konsumen membeli, seperti:

  • Masih terlalu promosi
  • Terlalu to the point memperkenalkan brand
  • Menuliskan nomor telepon
  • Mengajak membeli secara langsung

Apabila Anda terlihat begitu ngotot jualan, maka ini bukan termasuk penjualan terselubung. Jualan yang terlalu frontal seperti itu malah bisa membuat calon konsumen tidak tertarik.

Pada penerapan covert selling ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan agar berhasil, antara lain:

1. Desain Toko Meyakinkan

Misalnya Anda menjual baju, di sekeliling toko kalau polosan saja tanpa ada cermin atau pajangan dan gambar, rasanya hambar, ya? Akan tetapi, berbeda jika dekorasi toko sesuai dengan jualannya dalam hal ini baju.

Memasang manekin, kaca, foto-foto model baju dan warna toko yang selaras akan membuat orang betah. Jika pelanggan betah, siapa tahu yang niatnya hanya melihat-lihat jadi tertarik membeli.

2. Diskon atau Potongan Harga

Memasang label potongan harga di depan toko tanpa menuliskan apapun pasti calon pelanggan juga tahu maksudnya. Jarang loh orang yang tidak tergiur akan diskon apalagi jika nominalnya lumayan dan barangnya keluaran terbaru.

3. Flash Sale

Banyak yang tertarik mengikuti flash sale karena rata-rata harganya lebih murah dengan kualitas yang sama baik. Apalagi jika tertera berapa unit dan produk yang dijual juga lumayan pricey. Orang-orang seakan berlomba mendapatkannya karena gengsi dan juga pride berhasil menembus flash sale sulit.

4. Bundling Deal

Sering melihat label beli 2 gratis 1 atau 3 produk diikat bersama? Mereka tidak mengajak Anda untuk membeli, tetapi promosi tersebut menarik, bukan? Itu salah satu penerapan strategi marketing covert selling. 

5. Letak Produk yang Strategis

Pernahkah Anda tiba-tiba memasukan permen atau cokelat yang ada di etalase depan kasir? Padahal, waktu melewati raknya di deretan berbagai produk tidak tertarik, bukan? Bisa juga jika di toko online, letak produk-produk ini jadi di beranda semua sehingga orang langsung melihat tanpa perlu mencari.

Penerapan strategi covert selling di atas merupakan beberapa contoh yang bisa Anda coba. Tentunya, silahkan sesuaikan dengan keadaan dan tujuan promosi yang Anda jalankan, ya.

Contoh Covert Selling

Covert selling adalah

Di atas sudah kita bahas bagaimana menerapkan covert selling dalam bisnis. Strategi tersebut bisa Anda terapkan baik di offline atau online store, ya. 

Sekarang, saatnya contoh langsung penerapan covert selling dari segi kata-kata. Jadi, saat Anda ingin membuat iklan atau kontennya bisa berhasil dan banyak yang tertarik beli.

1. Contoh Covert Selling Kaos

  • Versi 1
  • Halo Lovers, K-Love1 baru saja launching t-shirt couple baru kekinian yang nyaman dan enak dipakai. Buat kamu yang ingin tampil serasi dengan pasangan dengan kaos yang nyaman dan keren, yuk order sekarang ada penawaran menarik.
  • Versi 2
  • Halo Lovers, terimakasih sudah antusias buat produk baru kita, ya. Ternyata banyak banget yang tertarik, jadi sebagai hadiah ada penawaran menarik buat semua yang order K-Love1 sekarang.

Berdasarkan contoh di atas, menurut Anda lebih menarik yang mana? Tentunya dua bukan, nah contoh versi ke 2 termasuk penerapan contoh covert selling

2. Contoh Covert Selling Skin Care

  • Versi 1
  • Buat yang mukanya lagi ngerasa kusam apalagi berminyak, mungkin moisturizernya kurang cocok. Bagaimana kalau ganti K-BeautyZ yang mengandung hyaluronic acids plus niacinamide yang bukan cuma menghidrasi tetapi juga mencerahkan.
  • Versi 2
  • Ternyata kulit kusam dan berminyak aku selama ini itu karena kurang cocok sama moisturizer. Untungnya, setelah ganti K-BeautyZ jadi enggak kusam, berminyak, dan jadi glowing. Kayaknya kulitku memang butuh produk yang hyaluronic acids sama niacinamide pas dan enggak berlebihan gini. Untung beli banyak karena pas lagi diskon.

Contoh covert selling skincare di atas tentu lebih pas yang versi 2, bukan? Daripada terlihat seperti jualan, versi 2 lebih seperti review produk yang cocok di kulit.

Jadi, sekarang sudah tahu mengenai covert selling adalah penjualan terselubung dan maknanya, bukan? Apakah siap untuk mempraktekan teknik marketing satu ini?

Nah buat anda yang memiliki toko offline dan online, namun kerepotan mengelolanya, coba gunakan produk omnichannel dari HiToko. Selain menawarkan layanan omnichannel, HiToko juga menyediakan berbagai layanan yang pastinya bisa memudahkan anda dalam mengelola bisnis, bahkan beragam ide jualan yang mungkin bisa menginspirasi anda.

Gimana, tertarik mencoba layanan HiToko? Tunggu apalagi, coba layanan kami dan Registrasi gratis sekarang juga!

banner hitoko