Contoh Kasus Permintaan dan Penawaran Beserta Kurvanya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Hukum ekonomi itu ada yang namanya hukum permintaan dan hukum penawaran, di mana keduanya merupakan hal yang penting dipahami. Contoh kasus permintaan dan penawaran beserta kurvanya itu diperlukan supaya bisa memahami kedua hukum dalam ekonomi tersebut. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa contoh kasus yang bisa membantu kalian memahami kedua hukum tersebut.
2 Contoh Kasus Hukum Permintaan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, di sini akan dibahas mengenai contoh kasus permintaan dan penawaran beserta kurvanya dan sebelum masuk ke contoh kasus dari hukum permintaan, kita perlu ketahui dan juga pahami dulu mengenai hukum permintaan itu sendiri.
Jadi hukum permintaan itu di saat harga dari satu barang itu turun, maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat. Konsep ini bisa berlaku dengan catatan faktor yang lainnya tidak berubah dan tetap seperti soal supply barang dan tren dari barang.
Hukum permintaan ini sering dimanfaatkan oleh para penjual untuk bisa melakukan penjualan barang atau produk dengan lebih cepat. Bisa juga dimanfaatkan penjual untuk memperkenalkan produk mereka terlebih dahulu supaya orang tertarik.
Berikut ini kami akan jelaskan 2 contoh hukum permintaan yang mungkin bisa membantu kalian untuk lebih memahami hukum permintaan dalam ekonomi.
- Contoh yang pertama itu misalnya sebuah rumah makan yang menjual bakmi yang menjual dengan harga yang cukup murah dibandingkan pesaingnya. Biasanya akan ada banyak sekali orang yang datang mengunjungi untuk membeli bakmi tersebut karena tertarik dengan harga yang terbilang murah. Sebaliknya ketika harga sudah kembali naik, mungkin orang akan berpikir dua kali untuk membelinya lagi karena harga yang sudah naik.
- Contoh yang kedua itu ada misalnya produk baru seperti sembako, jajan, sabun, dan lain sebagainya yang dipasang harga murah. Biasanya orang akan penasaran untuk mencoba dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut, terlebih lagi harganya masih murah. Pada saat harga sudah naik kembali, maka biasanya orang juga mulai berpikir 2 kali untuk membeli produk tersebut.
Konsep permintaan seperti ini biasanya dimanfaatkan para pengusaha untuk memperkenalkan produk mereka supaya orang tertarik beli dulu. Bila memang kualitas dari barang baik dan sesuai selera masyarakat, maka konsep ini bisa meningkatkan brand mereka dengan baik. Bila dijadikan cara untuk menjual produk saja, maka mungkin akan bisa mengubah harga pasar dari satu produk tertentu.
Pergeseran yang Terjadi Pada Kurva Permintaan
Pada saat satu faktor diubah, maka sudah pasti akan terjadi pergeseran pada kurva permintaan pada satu barang atau jasa yang dijual. Jenis dari pergeseran kurva permintaan itu sendiri ada dua jenis, dan masing-masing tentunya berbeda penjelasannya. Berikut ini kami akan jelaskan kedua pergeseran pada kurva permintaan itu.
- Pergeseran pertama itu ketika harga barang diturunkan, maka biasanya akan terjadi kenaikan jumlah permintaan di pasaran. Ini merupakan pergeseran yang paling normal terjadi pada sebuah kurva permintaan, di mana harga yang turun akan membuat permintaan bertambah.
- Pergeseran kedua itu terjadi ketika ada perubahan Ceteris Paribus atau faktor lain di luar dari harga barang atau juga jasa. Biasanya jumlah permintaan itu bisa meningkat atau menurun akibat dari faktor lain seperti tren atau juga kualitas barang.
2 Contoh Kasus Hukum Penawaran
Sebelum masuk ke contoh kasus dari hukum penawaran, pertama kita harus pahami dulu soal hukum dari penawaran itu sendiri. Konsep dari hukum penawaran yang berhubungan dengan harga itu ketika harga mengalami kenaikan, maka penawaran pun juga akan mengalami peningkatan. Banyak orang membaca peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan.
Berikut ini kami akan coba berikan 2 contoh hukum penawaran yang bisa membantu kalian untuk memahami hukum penawaran tersebut.
- Contoh pertama ketika harga masker di awal pandemi mengalami kenaikan, maka kemudian banyak sekali orang yang menjual masker. Ini karena orang berupaya mendapatkan keuntungan yang besar juga dengan menjual masker yang harganya mahal.
- Contoh kedua itu ketika harga ayam itu mungkin mengalami kenaikan. Sesuai dengan hukum penawaran jika harga daging ayam naik maka jumlah penawaran pun akan meningkat juga.
Itulah contoh kasus permintaan dan penawaran beserta kurvanya dan topik berikutnya akan membahas pergeseran pada kurva penawaran.
Pergeseran Pada Kurva Penawaran
Pergeseran kurva penawaran itu berbeda dengan permintaan, di mana penawaran itu kurvanya itu antara harga dengan penawaran berbanding lurus. Bisa juga harga masih sama tapi penawaran bisa meningkat mungkin karena tren yang meningkat atau karena kualitas produk yang baik.
Dalam berjualan online itu kalian butuh contoh kasus permintaan dan penawaran beserta kurvanya untuk menentukan barang yang dijual dan tidak ada salahnya mencari tips analisis usaha agar usaha Anda bisa lebih berkembang.
Kalian juga bisa mempergunakan jasa HiToko untuk bisa membangun toko online yang berkualitas dan sistem kerja yang terintegrasi dalam satu pintu. Kalian bisa memanfaatkan banyak fitur dari solusi Omnichannel untuk berjualan online dengan lebih mudah di berbagai platform e-commerce yang ada saat ini.
Dengan produk Omnichannel ini mengelola toko online semakin praktis jadi buruan registrasi gratis sekarang juga!