Contoh Deskripsi Produk Untuk Jualan di Marketplace
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Tidak perlu bingung lagi dalam membuat deskripsi produk untuk toko Shopee maupun marketplace lainnya! Sebab sekarang, Anda bisa melihat contoh deskripsi produk yang baik di sini.
Deskripsi produk memang menjadi salah satu elemen penting ketika Anda berjualan online, sebab pembeli akan membaca deskripsi untuk mengetahui lebih detail tentang produk. Oleh karena itu, penulisan deskripsi yang baik akan mampu mendorong pembelian produk.
Silakan simak penjelasan berikut ini jika Anda ingin melihat beberapa contoh dan cara untuk membuat deskripsi produk di marketplace.
Pentingnya Deskripsi Produk
Deskripsi produk adalah sebuah informasi yang tertulis mengenai sebuah produk tertentu. Dalam konteks jualan online, deskripsi produk biasanya ditemukan pada postingan media sosial maupun detail produk di dalam marketplace.
Keberadaan deskripsi ini sangat penting sehingga tidak boleh Anda abaikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan nilai penting dari penulisan deskripsi produk yang baik.
1. Media Menunjukkan Kelebihan Produk
Anda bisa menulis fitur serta kegunaan produk di dalam deskripsi produk. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan deskripsi produk untuk menekankan kelebihan produk.
Contohnya jika Anda menjual jaket yang memiliki kemampuan tahan air, maka Anda bisa memasukkan informasi tahan air ke dalam deskripsi produk sebagai kelebihan produk.
2. Mengontrol Ekspektasi Calon Pembeli
Ketika membeli suatu produk, tentu pembeli memiliki ekspektasi. Contohnya, ekspektasi terhadap kualitas bahan, daya tahan, fitur, dan lain sebagainya.
Dengan menyertakan informasi secara detail, Anda bisa mengontrol ekspektasi pembeli terhadap produk Anda. Hal ini akan mengurangi risiko pembeli merasa kecewa karena produk tidak sesuai harapan mereka.
3. Menyediakan Informasi Kepada Calon Pembeli
Hal ini merupakan fungsi utama dari adanya deskripsi produk. Seorang pembeli tidak mungkin membeli sesuatu yang ia tidak ketahui, maka wajar bagi pembeli untuk mencari tahu tentang produk secara detail. Salah satu caranya adalah dengan bertanya mengenai produk sebelum memutuskan membeli.
Dengan menyediakan informasi melalui deskripsi produk, pembeli tidak perlu bertanya kepada Anda. Hal ini akan mengurangi tugas Anda sebagai penjual.
Cara Membuat Deskripsi Produk di Shopee
Deskripsi produk sama pentingnya dengan deskripsi toko di Shopee. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan dengan seksama ketika membuatnya. Berikut adalah beberapa cara membuat deskripsi produk di Shopee yang baik.
1. Mengenal Target Pasar
Sebelum Anda menulis deskripsi produk, penting bagi Anda untuk kenal dengan target pasar sebab itu akan menentukan hal yang Anda tulis serta cara menulisnya.
Bahasa yang telah disesuaikan cenderung lebih menarik bagi calon pembeli. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan hal-hal yang calon pembeli butuhkan ke dalam deskripsi produk sesuai kondisi calon pembeli.
2. Sampaikan Manfaat Produk
Ketika menuliskan deskripsi produk, jangan hanya fokus pada fitur namun sampaikan juga manfaatnya. Bagi Anda yang belum tahu, fitur adalah hal yang berada di sebuah produk sementara manfaat adalah hal yang konsumen dapatkan dengan menggunakan produk.
Misalnya, sebuah jaket memiliki fitur terbuat dari bahan parasut. Manfaat jaket tersebut adalah membuat kemeja tetap kering meski berkendara di bawah hujan.
3. Berikan Informasi Secara Detail dan Jelas
Hal terpenting dalam membuat deskripsi produk adalah menuliskan informasi secara jelas dan detail. Dengan begitu, deskripsi produk tidak akan membingungkan calon pembeli.
Selain itu, informasi yang detail juga akan menjadi nilai tambah produk. Misal, dengan menuliskan garansi produk yang Anda berikan kepada pembeli.
Contoh Deskripsi Produk
Dengan menggunakan cara di atas, Anda sudah bisa menulis deskripsi produk. Namun untuk mempermudah Anda, kami akan menyediakan beberapa contoh deskripsi produk.
Contoh Deskripsi Produk Baju di Shopee
Contoh Deskripsi Produk Makanan di Shopee:
Contoh Deskripsi Produk Sepatu di Shopee
Permudah Kelola Toko dengan Omnichannel
Mengingat manfaat dari deskripsi produk, pastikan Anda mengoptimalkannya sebaik mungkin. Meski memang hal ini akan menjadi tugas tersendiri ketika Anda memiliki banyak produk untuk diunggah, apalagi jika Anda menggunakan banyak marketplace untuk berjualan.
Untungnya, kini Anda bisa menggunakan produk omnichannel untuk mempermudah urusan tersebut. Sebab dengan omnichannel, Anda bisa mengelola beberapa toko di banyak marketplace hanya melalui satu wadah.
Tentunya Anda perlu memilih omnichannel yang menyediakan layanan terbaik, seperti salah satu omnichannel yang telah dipercaya banyak pebisnis yaitu HiToko.
Selain mempermudah pengelolaan toko, HiToko juga memiliki banyak fitur dan manfaat lainnya. HiToko bisa membantu Anda dalam mengelola gudang hingga berinteraksi dengan calon pembeli.
Mungkin Anda khawatir kondisi keuangan bisnis belum mampu menggunakan layanan HiToko. Namun sebenarnya, Anda bisa melakukan registrasi gratis dan menikmati kemudahan bersama HiToko.
Oleh karena itu, tidak perlu menunggu lagi untuk bergabung bersama pebisnis lain yang sudah merasakan kemudahan mengelola toko dengan HiToko! Dengan kemudahan dalam mengelola toko dan mengikuti contoh deskripsi produk di atas, memasarkan produk akan terasa lebih mudah.