Home/Tips Bisnis/Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil dan Penjelasannya
Total Views: 613|Daily Views: 2

Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil dan Penjelasannya

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Ketika Anda mulai menjalankan dan mengembangkan usaha tentu diperlukan perencanaan. Membuat perencanaan janganlah dibuat secara sembarangan dan salah satu caranya dengan memakai analisis SWOT dan tentu perlu mengetahui contoh analisis SWOT usaha kecil untuk membuatnya.

Mengenal Apa Itu Analisa SWOT Bisnis

Analisa SWOT kependekan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats merupakan salah satu metode yang dipergunakan internal perusahaan dalam mengevaluasi usahanya. Hasil analisa SWOT ini ditujukan untuk menentukan arah dari strategi perusahaan yang selanjutnya.

Faktor Analisis SWOT

1. Faktor Internal

Kekuatan serta kelemahan juga termasuk sumber daya serta kemampuan di dalam sebuah organisasi. Hal ini karena perusahaan mempunyai kendali paling besar pada faktor internal sehingga bisa melakukan penyusunan strategi serta tujuan di dalam mengeksploitasi kekuatan serta mengatasi kelemahan. Beberapa contoh dari faktor internal yaitu:

  • Sumber keuangan
  • Sumber daya manusia
  • Sumber daya dan kemampuan teknis
  • Produk

2. Faktor Eksternal

Faktor ini meliputi peluang serta ancaman yang ada di luar organisasi. Faktor ini bisa diantisipasi namun tidak sepenuhnya mampu dikendalikan perusahaan. Beberapa contoh faktor eksternal sebagai berikut ini.

  • Inovasi dan perubahan teknologi
  • Tren ekonomi
  • Kompetisi
  • Kebijakan dan undang-undang pemerintah
  • Tren sosial
  • Keputusan hukum

Tujuan Analisis SWOT

Tidak hanya mengetahui contoh analisis SWOT usaha kecil namun Anda juga perlu untuk mengetahui tujuan utama dari analisis tersebut. Adapun beberapa tujuan utama dari analisis SWOT sebagai berikut ini.

  • Mampu membuat analisis dengan merangkum faktor internal dan eksternal analisis SWOT.
  • Mampu mengidentifikasi risiko serta masalah yang perlu dipecahkan.
  • Mampu menetapkan prioritas manajemen.
  • Mengurangi kesalahan manajemen, faktual maupun pemasaran.
  • Melakukan perkiraan penjualan realistis berdasarkan pada kondisi pasar serta evaluasi potensi pertumbuhan bisnis.
  • Membantu organisasi apakah memerlukan bantuan dalam pengelolaan usahanya atau tidak.
  • Menciptakan pengembangan produk maupun layanan bisnis.
  • Membuat keputusan perekrutan, sumber daya manusia, promosi dan lainnya.
  • Mengevaluasi serta meningkatkan peluang serta kinerja layanan pelanggan.
  • Menetapkan strategi bisnis dalam meningkatkan daya saing ataupun meningkatkan kinerja bisnis.
  • Melakukan investasi teknologi, pasar, ataupun lokasi geografis.

Manfaat Analisis SWOT Untuk Usaha Kecil dan UKM

Berikut ini merupakan manfaat ataupun fungsi analisis SWOT untuk usaha rintisan sebagai berikut ini.

  • Mengikuti perkembangan teknologi serta zaman
  • Membangun jaringan marketing
  • Membantu analisis keuangan
  • Menyelesaikan masalah internal

Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil dan Menengah

Setelah mengetahui tujuan dan manfaatnya maka berikut ini adalah contoh analisa yang perlu untuk Anda ketahui.

BACA  Inilah 5 Inovasi Makanan Kekinian agar Terlihat Unik

1. Strengths

  • Produk yang disediakan bervariasi serta memiliki model kekinian.
  • Stok produk lengkap serta masih segar, terutama jika produk makanan khas.
  • Mempunyai nilai produk kuat serta telah memiliki banyak penggemar

2. Weakness

  • Belum tersedia layanan pesan antar untuk luar kota.
  • Belum memiliki pengawasan kualitas pada pemasok produk.
  • Belum memiliki pengelolaan tenaga kerja terstruktur.

3. Opportunities

  • Pemerintah daerah membuka beberapa tempat objek wisata baru.
  • Semakin banyak influencer.
  • Akan diselenggarakan festival tahunan ikonik.

4. Threats

  • Banyak reseller menjual produk serupa dengan cara online.
  • Konsumen lebih cenderung mencintai produk luar negeri.
  • Kebijakan terkait kenaikan jumlah pajak.

Tentu saja dengan menggunakan analisis SWOT di atas Anda bisa memiliki perencanaan dengan lebih lengkap. Pada tahapan yang cenderung lebih kompleks bisa ditambahkan kolom solusi guna mempermudah perusahaan di dalam menemukan solusi secara tepat.

Apa Yang Akan Dilakukan Ketika Analisis SWOT Sudah Selesai?

Ketika Anda telah berhasil untuk melakukan analisis maka Anda bisa mengubahnya ke strategi nyata. Membuat analisis SWOT nyatanya mampu menghasilkan strategi yang bisa dilakukan selama beberapa bulan selanjutnya untuk usaha.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu melihat kekuatan usaha dengan mencari tahu bagaimana Anda bisa memakai kekuatan tadi guna memanfaatkan peluang. Lalu lihat bagaimana kekuatan tersebut dapat memerangi ancaman di pasar.

Jangan ragu memakai analisis tadi untuk daftar tindakan yang perlu untuk dilakukan. Melalui daftar tindakan tersebut maka Anda bisa melihat kalender perusahaan lalu memulai menempatkan sasaran di atasnya.

Sebagai contoh apa yang hendak dicapai per bulannya dan hal lain. Lalu coba analisis bagaimana peluang eksternal bisa membantu dalam mengatasi kelemahan internal. Coba untuk meminimalkan kelemahan guna menghindari ancaman teridentifikasi.

Jadi itulah informasi terkait analisis SWOT dan contoh analisis SWOT usaha kecil yang bisa Anda terapkan untuk usaha. Bila Anda tertarik membuka usaha di bidang kuliner seperti makanan ringan maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan analisis SWOT bisnis makanan ringan terlebih dahulu.

Kemudian untuk sarana pemasarannya bisa memanfaatkan e-commerce lalu jika punya toko di banyak e-commerce pasti bakal repot dalam mengelolanya. Untungnya ada layanan Omnichannel dari HiToko sebagai solusinya.

Keuntungan menggunakan produk Omnichannel yaitu semua toko-toko Anda dari berbagai e-commerce akan terintegrasi ke dalam satu pintu. Jadi untuk mengurus pesanan dan mengatur produk bakal lebih mudah karena tidak harus berpindah-pindah platform lagi. Registrasi gratis sekarang dan buktikan keunggulan dari layanan ini!

Banner HiToko