4 Contoh Analisis SWOT Produk dari Makanan hingga Manufaktur
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Analisis swot memiliki peranan penting dalam laju sebuah bisnis. Karena analisis tersebut merupakan bagian dari strategi perencanaan bisnis. Artikel ini akan membantu Anda memahami apa itu analisis swot serta contoh analisis swot produk mulai dari makanan hingga fashion.
Secara umum analisis SWOT adalah bagian dari strategi yang merujuk pada empat poin yaitu: strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Berikut penjelasan lengkapnya:
Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode analisis dengan cara menelaah potensi yang ada. Cara kerja analisis ini adalah dengan mengidentifikasi berbagai faktor yang berkaitan dengan bisnis, secara sistematis sehingga bisa merumuskan strategi bagi perusahaan.
Dalam membuat sebuah strategi, analisis SWOT masuk pada instrumen perencanaan. Karena hasil dari analisis tersebut nantinya perusahaan bisa memperkirakan cara terbaik untuk menjalankan sebuah bisnis.
Agar lebih memahami terkait bagaimana penerapan analisis swot dalam bisnis, berikut beberapa contoh analisis pada berbagai jenis produk.
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
Setiap jenis usaha tentu akan memiliki analisis SWOT yang berbeda. Misalnya contoh produk makanan pempek, berikut contoh analisisnya:
1. Strength
- Makanan tradisional asal Palembang ini bisa cocok untuk lidah banyak orang.
- Bahan baku dari pembuatannya mudah Anda temukan.
- Proses pembuatan pempek relatif mudah.
- Modal usaha ini relatif kecil.
2. Weakness
- Makanan pempek tidak cocok bagi mereka yang memiliki alergi seafood, karena salah satu bahan utamanya adalah ikan.
- Pempek hanya sebagai makanan camilan bagi sebagian orang, bukan makanan utama.
- Secara umum porsi dari pempek tidak cukup mengenyangkan perut para konsumen.
3. Opportunity
- Rasa dari pempek bisa Anda inovasikan
- Bentuk dari pempek juga bisa Anda buat dengan bentuk yang beragam.
- Cocok untuk jadi makanan pembuka.
- Bisa Anda jual secara online dengan sistem frozen food.
4. Threats
- Konsumen cenderung bosan dengan rasa pempek yang tersedia.
- Adanya kompetitor yang memiliki cita rasa serta inovasi dari produk pempek.
- Produk makanan khas daerah ada kemungkinan dapat tersingkir oleh makanan-makanan kekinian yang sedang viral.
Contoh Analisis SWOT Produk Minuman
Berbeda dengan produk makanan, tentu dalam analisis swot produk minuman memiliki komponennya sendiri yaitu:
1. Strength
- Modal usaha minuman relatif kecil.
- Bahan baku mudah Anda temukan
- Proses pembuatannya tergolong cepat dan juga mudah
- Manajemen bisnisnya relatif sederhana sehingga mudah untuk Anda jalankan.
- Perputaran uang dari bisnis minuman terhitung cepat.
2. Weakness
- Beberapa jenis usaha minuman memiliki sifat “musiman” atau hanya hype pas sedang tren saja.
- Jenis minuman kekinian tidak termasuk dalam kebutuhan primer.
- Perlu memilih tempat jualan yang strategis untuk menunjang keberhasilan.
- Beberapa jenis minuman kurang memiliki keunikan atau nilai lebih yang menarik.
3. Opportunity
- Cenderung bisa diterima oleh berbagai kalangan, dari anak-anak, usia muda, hingga orang dewasa.
- Menjadi solusi ketika orang-orang sedang merasa panas atau gerah.
- Indonesia memiliki musim kemarau yang memungkinkan semakin meningkatnya kebutuhan untuk membeli produk minuman.
- Gaya hidup konsumtif sebagian besar masyarakat Indonesia membuat permintaan terhadap produk minuman akan selalu ada.
- Banyak variasi rasa yang dapat Anda sesuaikan dengan selera pasar.
4. Threat
- Tren minuman kekinian relatif cepat berubah.
- Memiliki banyak kompetitor.
- Harga bahan-bahan produksi bisa naik sewaktu-waktu.
- Adanya kesadaran masyarakat terkait pentingnya mengurangi konsumsi gula.
- Adanya potensi menurunnya permintaan saat musim hujan tiba.
Contoh Analisis Produk Baju
Kali ini terdapat contoh analisis produk baju atau pakaian dari Levi Strauss, berikut penjelasannya:
1. Strength
- Jaringan distribusinya sudah kuat, karena brand ini telah hadir puluhan tahun lamanya.
- Memiliki banyak supplier yang terpercaya.
- Adanya penerapan sistem otomatisasi sehingga memungkinkan untuk dapat memproduksi barang dengan jumlah yang besar, tanpa mengurangi kualitasnya.
2. Weakness
- Memiliki nilai profit yang relatif rendah.
- Belum memiliki USP atau unit selling proposition.
- Adanya keterbatasan dalam membuat rencana finansial sehingga kurang efektif.
3. Opportunities
- Adanya kesempatan untuk melakukan ekspansi secara online.
- Munculnya tren baru pada fashion produk memiliki kesempatan bagi brand ini untuk semakin menjaring pelanggan.
4. Threat
- Kompetitor dengan pengembangan teknologi baru
- Adanya kenaikan harga material untuk pembuatan produk.
Contoh Analisis SWOT Produk Manufaktur
Sumber: pexels
Berikut elemen-elemennya:
1. Strength
- Memiliki staf dengan pengetahuan produk yang baik
- Terjalinnya relasi yang baik dengan pelanggan
- Timbulnya komunikasi internal yang baik.
- Terciptanya reputasi dari adanya inovasi produk.
2. Weakness
- Data riset pasar harus selalu up to date
- Adanya masalah arus kas
- Terlalu banyak menyimpan stok
3. Opportunities
- Pelanggan loyal
- Rendahnya kualitas produk kompetitor yang ada di pasaran.
- Produk bisa Anda pasarkan pada momen-momen tertentu seperti perayaan hari raya.
4. Threat
- Memiliki kompetitor dengan produk yang serupa
- Adanya toko baru dari kompetitor dengan lokasi yang dekat
- Penurunan ekonomi sehingga membuat orang lebih minim belanja.
Apakah jenis usaha Anda ada diantara contoh-contoh analisis swot di atas? Apabila tidak ada, maka Anda bisa melakukan analisa usaha dengan menggunakan produk Omnichannel dari HiToko.
Omnichannel memberikan Anda opportunity ataupun kesempatan untuk lebih memaksimalkan bisnis yang Anda geluti saat ini. Rasakan kemudahan menjalankan bisnis dengan produk Omnichannel. Anda bisa memulainya dengan registrasi gratis sekarang juga!