Home/Tips Bisnis/Contoh Analisis SWOT Makanan Daerah & Makanan Ringan
Total Views: 7.909|Daily Views: 211

Contoh Analisis SWOT Makanan Daerah & Makanan Ringan

Halo sahabat HiToko! Jika Anda terjun dalam dunia bisnis, itu berarti Anda harus siap untuk terus belajar dan meng-upgrade diri. Anda bisa gunakan analisis SWOT makanan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis Anda.

Tanpa mengetahui komponen SWOT dalam bisnis Anda, Anda seperti berjalan di tempat baru, tetapi tidak tahu arah dan tidak ada penerangan. Mungkin Anda akan tetap bisa melangkah, tetapi langkah Anda akan lambat dan mudah terjatuh atau dijatuhkan.

Apa itu Analisis SWOT?

Secara sepintas, bisnis makanan memang terkesan kecil dan sepele, tetapi ternyata tingkat persaingannya terbilang sangat tinggi. Itulah mengapa, makanan yang viral atau trending tiba-tiba bisa langsung kebanjiran pesanan atau bahkan sebaliknya. 

Agar tetap bisa bersaing dengan bisnis makanan lainnya, maka analisis SWOT sangat diperlukan. Lantas, apa yang dimaksud dengan analisis SWOT?

SWOT adalah singkatan dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Strengths berarti kekuatan, weaknesses adalah kelemahan, opportunities artinya peluang, dan threats yang berarti ancaman.

Analisis SWOT merupakan suatu metode dalam merencanakan strategi bisnis dari berbagai sisi, mulai dari proses identifikasi hingga evaluasi. Analisis SWOT menjadi alat yang dapat membantu Anda menganalisis apa yang terbaik yang bisa bisnis Anda lakukan saat ini dan merancang strategi sukses untuk masa depan.  

Pentingnya Analisis SWOT untuk Bisnis Makanan

Anda sudah menyadari kekuatan bisnis Anda? Jika sampai Anda catat kekuatan bisnis Anda bersama kelemahan dan ancaman, Anda mungkin tidak menyadari betapa tidak dapat diandalkannya kekuatan tersebut. Demikian pula saat Anda memiliki kekhawatiran tentang beberapa kelemahan bisnis Anda. 

Akan tetapi, dengan Anda berupaya melakukan analisis secara sistematis, nantinya Anda bisa menemukan peluang yang sebelumnya diabaikan yang bisa mengubah posisi bisnis Anda.

Jadi, analisis SWOT ini seakan-akan memberi gambaran kelangsungan bisnis Anda pada masa depan. Gambaran tersebut pada akhirnya akan memberikan berbagai manfaat sebagaimana berikut:

  • Mencegah terjadinya kerugian karena kelemahan bisnis
  • Memaksimalkan kelebihan dan kemampuan yang ada
  • Menyiapkan strategi untuk menghadapi kompetitor
  • Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan perubahan zaman
  • Memudahkan dalam proses analisis keuangan

Masih bingung bagaimana cara melakukan analisis SWOT? Berikut kami berikan contoh analisis SWOT pada usaha makanan. Dalam ulasan ini, fokus kami adalah makanan khas daerah dan makanan ringan.

Contoh Analisis SWOT Makanan Khas Daerah

Makanan khas daerah cukup banyak diminati oleh masyarakat. Maka dari itu, analisis SWOT menjadi sangat penting di sini. Sebagai bahan referensi, berikut berbagai contoh analisis SWOT untuk makanan khas daerah.

1. Analisis SWOT Makanan Khas Daerah Pempek

Pempek cukup banyak peminatnya karena memiliki cita rasa yang gurih, segar, dan sedikit asam. Contoh analisis SWOT untuk makanan pempek yaitu: 

Kekuatan (S): 

  • Resep turun-temurun
  • Dibuat dengan bahan-bahan berkualitas
  • Tanpa penyedap rasa buatan

Kelemahan (W):

  • Pengolahannya butuh waktu lama
  • Harga bahan baku sering naik

Peluang (O):

  • Cita rasa khas dan tak tergantikan
  • Peminat sangat banyak
  • Memiliki peluang untuk bekerja sama dengan platform food delivery, seperti Go Food, Grab Food, atau Shopee Food

Ancaman (T):

  • Munculnya kompetitor yang menawarkan harga murah
  • Perkembangan teknologi yang membuat kompetitor lain makin gencar promosi di media sosial

2. Analisis SWOT Makanan Rendang

Rendang bisa menjadi opsi lauk dengan cita rasa khas, enak dan gurih. Di sini kami berikan contoh analisis SWOT untuk makanan rendang.

Kekuatan (S):

  • Resep turun-temurun
  • Diracik secara tradisional, sehingga rasanya tetap terjaga

Kelemahan (W):

  • Pengolahannya butuh waktu lama
  • Harga daging sapi sangat mahal dan sering naik

Peluang (O):

  • Cita rasa khas dan tak tergantikan
  • Memiliki peluang untuk delivery dan catering

Ancaman (T):

  • Munculnya kompetitor yang menawarkan harga murah
  • Banyak bermunculan produk bumbu rendang instan 

Contoh Analisis SWOT Makanan Ringan

Anda masih pemula dalam bisnis kuliner? Anda bisa coba untuk membuka usaha makanan ringan. Berikut adalah contoh analisis SWOT-nya untuk makanan seblak.

1. Analisis SWOT Makanan Seblak

Seblak belakangan ini memang populer. Rasanya yang dan gurih banyak orang menyukainya. Contoh analisis SWOT makanan seblak, yaitu:

Kekuatan (S):

  • Makanan selalu fresh
  • Bahan-bahannya ada di sekitar

Kelemahan (W):

  • Harga cabai sering naik
  • Pembuatannya harus mendadak, saat ada orang yang beli

Peluang (O):

  • Peminat sangat banyak
  • Bisa dicoba untuk menjual seblak frozen

Ancaman (T):

  • Munculnya kompetitor yang gencar promosi via media sosial
  • Pembeli kurang sabar menunggu

2. Analisis SWOT Keripik Pisang

Bingung cari ide jualan online? Bisnis keripik pisang bisa jadi solusinya. Banyak orang menyukai makanan ringan ini karena rasanya yang gurih dan renyah. Berikut adalah contoh analisis SWOT keripik pisang.

Kekuatan (S):

  • Bahan baku murah dan mudah dicari
  • Tahan lama meski tanpa pengawet
  • Modal terbilang kecil

Kelemahan (W):

  • Mudah hancur
  • Jika sudah terlalu lama, maka akan muncul aroma tengik
  • Harga minyak cukup mahal

Peluang (O):

  • Bisa mengkreasikan banyak rasa
  • Pemasaran bisa online dan offline
  • Segmentasi pasar beragam

Ancaman (T):

  • Banyak kompetitor
  • Kompetitor sudah mulai menggunakan alat-alat canggih

Setelah mengetahui langkah analisis SWOT makanan, siapkah Anda untuk memanfaatkan peluang? Tenang, mulailah menggunakan produk Omnichannel, karena mempunyai beragam fitur unggulan. 

Selain analisa bisnis, Anda juga bisa menerapkan manajemen stok, pelanggan, dan pesanan dalam satu platform HiToko saja. Nikmati manfaatnya dan segera Registrasi Gratis sekarang!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!