Home/Tips Bisnis/Contoh Analisa SWOT dan Pengertian Lengkapnya
Total Views: 468|Daily Views: 2

Contoh Analisa SWOT dan Pengertian Lengkapnya

Contoh analisa SWOT

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Ketika Anda akan mengawali karier Anda di dunia bisnis, terdapat beberapa langkah yang tepat serta strategi yang mantap yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Salah satu cara yang dapat digunakan ketika menelaah strategi yang dipakai untuk memulai bisnis adalah dengan analisis SWOT. Tahukah Anda contoh analisa SWOT?

Apa Itu Analisa SWOT?

Analisis SWOT merupakan cara yang paling sering digunakan sebelum memulai usaha atau bisnis. Yang dimaksud analisis SWOT itu sendiri terdiri dari empat kuadran. Empat kuadran ini merupakan kepanjangan dari SWOT itu sendiri yaitu Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats.

Jadi berdasarkan empat kuadran tersebut, analisis SWOT ini mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman utama yang akan dihadapi. Dalam analisis ini, biasanya Anda bisa memasukkan keempat kuadran tersebut ke daftar yang terorganisir lalu disajikan pada kisi-kisi yang sederhana.

Bisa disimpulkan juga bahwa analisa SWOT ini ditujukan untuk menggambarkan kondisi yang sedang dihadapi maupun yang mungkin akan dihadapi ke depannya oleh sebuah perusahaan.

Strengths dan Weaknesses merupakan hal-hal internal yang ada pada sebuah perusahaan yang bisa dikontrol maupun diubah. Nah, sedangkan Opportunities dan Threats ini termasuk hal-hal bersifat eksternal yang bisa mempengaruhi bisnis Anda.

Misalnya ketika pada sebuah pasar, Anda bisa memanfaatkan peluang (Opportunities) serta perlindungan dari ancaman (Threats). Namun dalam hal ini, Anda tidak dapat mengubahnya. Contoh dari kedua kuadran ini dapat berupa pesaing, harga bahan, atau tren belanja yang ada pada pasar.

Beberapa Teori Analisa SWOT yang Perlu Diketahui

Berikut adalah beberapa teori untuk analisa SWOT yang perlu Anda ketahui.

Rangkuti

Contoh analisa SWOT yang pertama berasal dari Rangkuti. Rangkuti berpendapat bahwa definisi SWOT adalah proses identifikasi faktor-faktor yang telah dilakukan secara sistematis, supaya bisa merumuskan strategi organisasi yang tepat. Analisis ini dilakukan menggunakan logika yang dioptimalkan dari kekuatan dan peluang, namun secara beriringan akan meminimalkan ancaman dan kelemahan.

BACA  Nota adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsi Nota Transaksi

Albert S. Humphrey

Teori kedua berasal dari Albert S. Humphrey, yang merupakan penemu analisa SWOT itu sendiri pertama kalinya. Albert adalah seorang konsultan di bidang bisnis dan manajemen yang memulai pendidikannya di bidang teknik kimia. Pada awalnya, Albert ini merupakan seorang saintis yang kemudian banting setir ke bidang bisnis dan manajemen ketika sedang menempuh pendidikan pascasarjananya.

Awal mulanya, metode ini ditemukan untuk mengidentifikasi mengapa perencanaan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan terus saja mengalami kegagalan. Hal ini kemudian membuat peneliti tersebut menemukan metode SWOT ini, yang menjadi terobosan paling bermanfaat ketika akan memulai ataupun mengembangkan sebuah perusahaan.

Analisa SWOT ini sendiri diartikan sebagai analisa peluang bisnis yang digunakan untuk mengevaluasi keempat subjek seperti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada sebuah perusahaan.

Robinson dan Pearce

Menurut Robinson dan Pearce, analisis SWOT adalah salah satu komponen penting yang ada pada manajemen strategik. Terdiri dari faktor internal dan eksternal pada sebuah perusahaan berdasarkan keempat subjek, analisis ini bisa berperan dalam proses pengembangan produk seperti yang sudah dikemukakan oleh penemu pertamanya.

Adapun contoh analisa SWOT bisnis pada tempat makan Gudeg di Kota Solo yaitu sebagai berikut.

Contoh analisa SWOT

Sedangkan, contoh analisa SWOT produk keripik dapat dilihat di bawah ini.

Contoh analisa SWOT
Itulah beberapa contoh analisa SWOT yang penting untuk diketahui. Ketika Anda memiliki berbagai bisnis yang harus dikembangkan, HiToko memiliki solusi untuk Anda dalam mengelola bisnis. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu registrasi gratis dan pilih layanan produk Omnichannel untuk membantu pengelolaan bisnis Anda.

Banner HiToko