Bagaimana Cara Retur Barang di Tokopedia?
Apakah belanja online lewat Tokopedia bisa di retur? Tentu bisa, dengan mengikuti cara retur barang di Tokopedia yang akan dijelaskan dalam artikel ini.
Salah satu kelemahan berbelanja lewat online adalah tidak bisa langsung mengecek barang yang akan dibeli. Kadang ketika beli barang lewat online, ternyata barang yang datang tidak sesuai dengan deskripsi produk atau bisa juga rusak.
Khusus untuk yang berbelanja online lewat marketplace seperti Tokopedia, bisa melakukan pengembalian barang jika barang yang diterima tidak sesuai. Konsumen tak perlu khawatir, uang yang sudah dikeluarkan bisa kembali dengan utuh. Ini merupakan salah satu kelebihan belanja online jika menggunakan aplikasi e-commerce yang akan didapatkan oleh konsumen.
Mengenal Retur Barang di Tokopedia
Marketplace memang dibuat sebagai tempat berjualan online yang aman dan mengutamakan kepentingan konsumen. Jika barang yang dipesan tidak sesuai, pembeli bisa mengajukan komplain dengan cara retur barang di Tokopedia. Konsumen yang membeli barang di toko online seperti lewat Tokopedia akan mendapat jaminan keamanannya.
Uang yang dikeluarkan oleh konsumen untuk membeli barang tidak langsung masuk rekening penjual, tetapi ditahan terlebih dahulu oleh Tokopedia. Dana akan masuk ke rekening penjual apabila barang sudah diterima oleh pembeli dan pembeli tersebut mengkonfirmasi lewat aplikasi. Jika barang yang diterima oleh pembeli ternyata tidak sesuai, bisa mengajukan retur ke Tokopedia.
Ada 3 alasan dimana pembeli bisa mengajukan retur barang di Tokopedia yaitu barang yang diterima tidak lengkap atau kurang sebagian, barang tidak sesuai dengan deskripsi yang dijelaskan penjual dalam produknya dan yang terakhir adalah barang rusak. Barang rusak bisa karena dari awal sudah rusak atau bisa juga rusak pada saat proses pengiriman.
Jika barang memenuhi salah satu alasan di atas, maka pembeli bisa mengajukan komplain langsung lewat aplikasi Tokopedia. Selain itu, komplain juga bisa diajukan ketika barang pesanan sudah diterima atau belum diterima. Namun pada umumnya, pengajuan retur kebanyakan diajukan ketika barang sudah diterima dan tidak sesuai.
Baca juga: Cara Retur Barang bagi Penjual di Tokopedia
Langkah-langkah Pengajuan Retur di Tokopedia
Bagaimana cara retur barang di Tokopedia? Simak selengkapnya cara retur barang di Tokopedia yang bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
- Buka aplikasi Tokopedia yang digunakan untuk membeli barang sebelumnya.
- Pilih bagian notifikasi yang ada di bagian atas.
- Kemudian masuk di bagian transaksi pembelian, pilih tiba di tujuan.
- Lalu pilih barang yang ingin di retur dan klik ajukan komplain.
- Akan ada dua pilihan yaitu pesanan sudah diterima tahu pesanan belum diterima, pilih salah satu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
- Kemudian kemukakan alasan kenapa melakukan pengembalian barang dengan opsi produk tidak lengkap atau kurang, rusak atau tidak sesuai deskripsi, pilih salah satu.
- Lalu klik lanjut, tuliskan alasan melakukan retur dengan detail yang dilengkapi bukti foto atau video kemudian simpan.
- Selanjutnya akan ada pilihan lagi yaitu pengembalian dana. Jangan ceklis jika ingin ganti barangan atau ceklis jika ingin uang kembali. Sesuaikan dengan keinginanmu.
- Lalu klik ajukan komplain. Muncul pop up konfirmasi, tekan pilihan ya ajukan komplain.
Itulah cara pengembalian barang di Tokopedia yang bisa kamu lakukan. Penjelasan tutorial di atas juga merupakan cara retur barang tidak sesuai di Tokopedia dan juga cara retur barang di Tokopedia yang sudah diterima.
Agar cepat ditanggapi oleh penjual, hubungi penjual lewat chat yang tersedia untuk mempercepat prosesnya. Jelaskan alasan mengapa kamu ingin melakukan retur barang. Buat kesepakatan yang menguntungkan baik untuk pembeli maupun penjual.
Jika ternyata pengajuan retur sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak mendapat respons atau tanggapan dari penjual, maka otomatis dana pembeli akan dikembalikan. Pembeli juga tidak diwajibkan mengembalikan barang yang telah diterima. Itu merupakan resiko penjual jika tidak merespons komplain pembeli.
Namun, sebagai penjual juga bisa menolak komplain yang diajukan pembeli jika alasan yang dibuat pembeli tidak disertai bukti yang jelas atau tidak mengikuti panduan retur barang yang telah disepakati.
Penjelasan tentang cara retur barang di Tokopedia merupakan salah satu bentuk kepedulian Tokopedia terhadap konsumen. Berbelanja online lewat aplikasi e-commerce memang mengutamakan kepuasan konsumen. Oleh sebab itu, trend belanja online terus naik dari tahun ke tahun.
Untuk kamu yang memiliki produk atau barang yang ingin dijual online, bisa mencoba dengan membuka toko online di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee. Lalu gunakan aplikasi HiToko yang merupakan aplikasi satu wadah jualan mudah dengan solusi Omnichannel berbasis sistem ERP untuk memaksimalkan bisnis kamu.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!