Cara Retur Barang di Shopee dengan Benar
Cara Retur Barang di Shopee dengan Benar
Minimnya pemahaman konsumen soal proses pembayaran COD (cash on delivery) bisa saja membuat rugi banyak pihak. Sebagai konsumen yang bijak, ada baiknya jika kamu lebih memahami regulasi yang berlaku untuk belanja online dengan berbagai metode pembayaran yang ada di marketplace, salah satunya Shopee.

Namun bagaimana jika barangnya terlanjur sampai ke tanganmu? Nah, kita mungkin sering membeli barang namun saat sampai tak sesuai dengan yang dideskripsikan toko, namun sebelumnya sudah bayar terlebih dahulu barang tersebut. Tenang saja, kita bisa kok mengajukan pengembalian atau retur barang di Shopee yang dirasa tak sesuai dengan yang ada di foto.
Artikel ini akan membahas bagaimana sih cara mengajukan retur barang di Shopee dengan benar. Artikel ini juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terbesit di benak kamu seperti apakah bisa retur saja, bukan melainkan refund? Nah, untuk mengetahui jawabannya, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Cara Retur Barang di Shopee
Saat berbelanja online seperti di Shopee, sering kali barang yang diterima pembeli tidak sama dengan yang ditampilkan di foto, atau bahkan sampai dalam keadaan rusak. Hal seperti ini sangatlah wajar sebab dalam proses pengiriman oleh kurir, produk yang kamu pesan bercampur dengan barang pesanan lain. Selain itu, jarak pengantaran yang jauh juga bisa menjadi salah satu di antara sekian banyak alasannya.

Maka dari itu, pembeli seringkali memiliki ekspektasi bahwa mereka bisa mengembalikan barang yang sudah mereka pesan dan uang yang dikeluarkan juga bisa kembali. Tak terkecuali orang yang berjualan di Shopee, mereka juga tidak ingin ada masalah dalam melakukan transaksi yang bisa mengakibatkan pembeli komplain bahkan sampai mengembalikan pesanan yang telah dipesan.
Langsung saja tanpa basa-basi lagi, yuk simak penjelasan bagaimana cara retur barang di Shopee secara lengkap di bawah ini.
Kebijakan Pengembalian Barang Di Shopee
Sebelum mengetahui cara pengajuan pengembalian barang di Shopee, ada baiknya jika kamu mengetahui peraturannya terlebih dahulu tentang apa saja faktor-faktor yang memperbolehkan pembeli mengembalikan barang yang telah dipesan.

Terdapat beberapa ketentuan dan syarat dalam pengembalian barang di Shopee, di antaranya adalah:
1. Pelanggan bisa mengembalikan produk yang dipesan bila tak kunjung diterima.
2. Barang sampai dan diterima pembeli dalam keadaan rusak atau cacat.
3. Barang yang telah dipesan tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera pada etalase toko penjual di Shopee.
4. Barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan apa yang mereka pesan. Bisa jadi penjual salah kirim, misalnya spesifikasi yang berbeda seperti: ukuran, warna, jenis, merek, dan lain sebagainya.
5. Pengajuan pengembalian produk pada Shopee diharuskan berdasarkan persetujuan dari pihak penjual.
6. Pihak penjual dapat menolak pengembalian barang oleh pelanggan, apabila pelanggan beralasan bahwa dirinya hanya berubah pikiran.
7. Pembeli harus memiliki barang bukti berupa foto kondisi barang saat diterima.
8. Sebelumnya penjual dan pembeli telah sepakat jika terjadi ketidaksesuaian barang yang dikirim, penjual dapat mengembalikan barang terkait.
9. Proses pengembalian produk belum melewati masa garansi yang ditetapkan oleh Shopee.
10. Pembeli belum menyelesaikan transaksi pesanan yaitu menekan tombol “Pesanan Diterima”.
11. Dana akan dikembalikan ke pembeli jika barang yang dikembalikan telah diterima penjual.
12. Dana tersebut akan dikembalikan berupa saldo akun ShopeePay atau kartu kredit pembeli. Sesuai dengan metode pembayaran yang dilakukan pembeli pada saat melakukan pembelian.
Demikian sejumlah syarat saat pembeli ingin mengajukan pengembalian barang yang harus kamu ketahui ketika ingin melakukan pengajuan retur di Shopee.
Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas dua langkah melakukan pengajuan pengembalian barang di Shopee Non-Mall dan Shopee Mall.
Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
Tahap Pengajuan Retur Barang di Shopee
Non-Shopee Mall
Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, dikutip dari halaman Shopee menyebutkan bahwa Kamu sebaiknya berdiskusi dengan penjual mengenai kesepakatan pengembalian barang.
Apabila pihak penjual dan pembeli setuju tentang pengajuan pengembalian produk, maka silahkan ikuti langkah berikut:
1. Buka aplikasi Shopee di Smartphone Kamu.
2. Tekan tombol “Saya” yang ada di bawah bagian kanan.
3. Selanjutnya silahkan pilih “Pesanan Saya”.
4. Kemudian pilih menu Dikirim yang ada pada halaman Pesanan Saya.
5. Lalu masuk ke halaman Rincian Pesanan.
6. Pada halaman tersebut terdapat tombol “Ajukan Pengembalian” yang ada di bagian paling bawah, silahkan di klik.
7. Langkah selanjutnya Kamu memilih barang pesanan yang akan dikembalikan.
8. Jangan lupa Pilih Alasan yang sesuai, meliputi:
(1). Saya tidak menerima pesanan.
(2). Produk yang diterima tidak lengkap.
(3). Produk yang diterima cacat.
(4). Produk yang diterima tidak berfungsi dengan baik.
(5). Produk berbeda dengan deskripsi atau foto.
9. Lalu, kamu perlu menyertakan bukti pendukung dengan mengunggah foto fisik produk saat diterima pada fitur “Tambah Foto”.
10. Perkuat alasan Kamu dengan menuliskan alasan pengembalian barang pada kolom “Keterangan”.
11. Sesudah itu masukan Alamat Email Kamu.
12. Jika sudah semua tekan tombol “Kirimkan”.
13. Selesai. Pengajuan pengembalian barang pesanan Kamu akan diproses.
Catatan: Untuk pembelian produk dengan paket diskon, pengembalian mewajibkan semua barang sesuai dengan paket tersebut, artinya tidak boleh beberapa atau sebagian produk saja.
Nah, itulah cara mengajukan pengembalian barang di non-Shopee Mall, berikutnya akan disampaikan cara mengajukan pengembalian barang di Shopee Mall.
Silahkan simak penjelasanya di bawah ini:
Shopee Mall

1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Shopee di Smartphone Kamu.
2. Langsung saja masuk ke akun dengan menekan menu “Saya”.
3. Di bagian menu Pesanan Saya, silahkan tekan pilihan “Dikirim”.
4. Lalu pilih produk pesanan yang ingin dikembalikan, jika sudah Kamu akan masuk ke halaman Rincian Pesanan.
5. Selanjutnya di bagian paling bawah, silahkan tekan tombol “Ajukan Pengembalian”.
6. Pilih “Alasan”, sesuaikan dengan kondisi produk yang sebenarnya.Tekan Menu Alasan Mengajukan Pengembalian Barang Di Shopee
7. Sesudah itu, silahkan masukkan bukti yang kuat di kolom “Tambah Foto”.
8. Kemudian jelaskan kenapa Kamu ingin mengembalikan barang tersebut di kolom “Keterangan”.
9. Silahkan pilih “Jasa Kirim”, sebagai saran sebaiknya pilih kurir yang tersedia di Opsi Pengiriman supaya gratis ongkos kirim.
10. Masukkan Alamat Email Kamu yang masih aktif.
11. Jika sudah, silahkan tekan tombol “Kirimkan”.
12. Selesai. Pengajuan Kamu sedang diproses dan menunggu tanggapan dari penjual.
Kalau penjual telah menyetujui ketentuan yang kamu ajukan, kamu selanjutnya bisa mengirimkan kembali barang yang tidak sesuai tadi kepada penjual. Terdapat sejumlah langkah pengembalian barang, di antaranya:
Langkah Pengiriman Barang yang Dikembalikan di Shopee
Perlu kamu ketahui, terdapat batasan waktu dalam melakukan pengajuan pengembalian barang di Shopee. Pembeli juga harus menyertakan nomor resi pengembalian di aplikasi Shopee maksimal 5 hari setelah pengajuan diterima.
Berikut ini cara mengirimkan barang Shopee yang dikembalikan:
1. Langsung saja buka aplikasi, kemudian masuk ke halaman “Rincian Pengembalian”.
2. Untuk melihat Petunjuk Pengiriman silahkan tekan tombol “Lihat Instruksi”.
3. Sesudah itu, masuk ke halaman Upload Resi kemudian pilih Jasa Kirim, Isi Nomor Resi, dan Tambah Foto.
4. Jika sudah, Kamu bisa melihat detail pengiriman pengembalian tersebut di halaman Rincian Pengembalian.
Catatan:
(1) Buat pengembalian barang non Shopee Mall tidak perlu menggunakan label pengembalian.
(2) Pembeli tidak akan dikenakan tarif ongkir saat mengembalikan barang dengan menggunakan ekspedisi J&T Express.
(3) Isi data pengiriman barang di halaman pengiriman pengembalian pada platform Shopee.
Bisakah barang yang dikembalikan diganti dengan barang yang baru saja?
Apakah Bisa Refund Diganti Return Di Shopee?
Sebenarnya, hal ini tergantung pada kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak penjual. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika barang akan diganti dengan yang baru. Namun, kamu perlu tahu bahwa hal tersebut bisa saja membebani penjual karena mereka bisa mengalami kerugian karena harus mengirimkan barang yang baru kembali ke penjual. Maka dari itu, kebanyakan dari seller di Shopee jarang memilih refund dari pada retur.
Untuk itu, perlunya menjalin komunikasi kepada penjual terkait hal ini. Silakan hubungi dengan penjual kalau masih ditemukan masalah terkait barang yang dipesan atau yang dibeli di Shopee tersebut.
Baiklah, demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengajukan retur barang di Shopee. Bagaimana, caranya cukup mudah bukan?
Perlu menjadi catatan, pengembalian atau pergantian barang dengan alasan penjual berubah pikiran sangatlah tidak disarankan. Semua pengembalian barang di Shopee ini memerlukan persetujuan dari penjual.
Jika penjual tidak merespons pengajuan pengembalian barang dari pembeli dengan batas waktu yang ditentukan, maka pihak Shopee akan meninjau kembali pengajuan tersebut dengan menilai beberapa hal dan memutuskannya tanpa sepengetahuan penjual.
Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan sungkan pula untuk bagikan artikel ini ke teman-teman Kamu yang sedang membutuhkan, ya! Untuk kamu sebagai penjual pemula di Shopee, HiToko bisa membantu usahamu lebih berkembang dengan laporan data analisis di luar data yang Shopee berikan, seperti pemetaan daerah customer kamu. HiToko juga bisa memberikan kamu penghasilan tambahan berupa komisi yang stabil dan bisa terus kamu nikmati dengan cara bergabung menjadi partner HiToko. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi customer services kami atau klik bagian partner.
