Cara Perpanjang Masa Garansi Shopee untuk Keamanan Pesanan
Halo sahabat HiToko! Setiap marketplace online saat ini berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik pada para penggunanya. Salah satunya yang dilakukan Shopee dengan memberikan penawaran “Garansi Shopee”, bahkan penggunanya juga bisa melakukan perpanjang masa garansi Shopee.
Lalu apa itu garansi Shopee? Dan bagaimana cara kerjanya?
Garansi Shopee, Perlindungan untuk Pembeli
Sebagai salah satu marketplace online terbaik di Indonesia, Shopee selalu berusaha untuk menjamin bahwa barang pesanan pembeli akan benar-benar sampai ke tangan.
Cara kerja dari masa garansi ini adalah pihak Shopee akan melakukan penahanan dana dari pembeli ke penjual, hingga pembeli telah melakukan konfirmasi bahwa ia sudah menerima produk pesanannya dengan baik. Ataupun ketika pihak jasa pengiriman telah mengkonfirmasi bahwa pesanan sudah sampai ke lokasi pengiriman.
Masa garansi Shopee mengikuti beberapa aturan, seperti:
Masa garansi berlaku untuk satu periode. Periode tersebut terhitung berdasarkan “Hari Pengiriman dari Penjual, dan Estimasi Waktu Pengiriman”, yaitu dimulai sejak tanggal konfirmasi pembayaran.
Berikut cara menghitungnya:
2 hari waktu pengiriman + 7 hari estimasi waktu pengiriman + 2 hari waktu menunggu konfirmasi pembeli = 12 hari
Setelah periode masa garansi tersebut habis maka dana dari pembeli akan diteruskan kepada pihak penjual.
Namun, tidak menutup kemungkinan terdapat suatu kondisi pesanan belum juga sampai sementara itu waktu garansi Shopee terus berlanjut dan akan habis.
Tidak perlu khawatir, jika menghadapi hal tersebut sebagai pembeli Anda bisa melakukan perpanjangan masa garansi Shopee.
Cara Memperpanjang Garansi Shopee
Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya apa itu perpanjang masa garansi Shopee? Dan bagaimana Anda bisa melakukannya?
Terdapat dua kondisi yang memungkinkan Anda untuk melakukan perpanjangan masa garansi Shopee yaitu, yang pertama ketika pesanan Anda belum dikirim oleh penjual. Dan yang kedua adalah ketika pesanan sudah dikirim tetapi belum Anda terima.
Cara Perpanjang Garansi Shopee untuk Pesanan yang Belum Dikirim
Anda bisa melakukan perpanjangan masa garansi shopee ketika selesai melakukan pesanan tetapi penjual tak kunjung mengirimkannya. Maka Anda bisa melakukan perpanjangan garansi melalui cara tersebut:
-
- Buka Aplikasi Shopee. Langkah yang pertama adalah Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Shopee Anda.
- Klik Menu Profile. Selanjutnya pilih menu profile, lalu klik menu “Dikemas”.
- Pilih Pesanan. Kemudian klik pada pesanan yang akan Anda perpanjang masa garansinya.
- Klik “Perpanjang Masa Garansi Shopee”.
Setelah itu Anda sudah bisa melakukan perpanjangan masa garansi. Anda bisa melakukan perpanjangan masa garansi sebanyak 1 x dengan (3 hari). Apabila waktu perpanjangan garansi sudah berakhir, tetapi pembeli belum juga mengirimkan pesanan maka dana akan dikembalikan kepada pembeli melalui ShopeePay.
Cara Perpanjang Garansi Shopee untuk Pesanan yang Telah Dikirim
Anda juga bisa melakukan perpanjangan masa garansi meskipun barang sudah dalam perjalanan pengiriman. Karena tidak menutup kemungkinan terdapat kendala pada saat pengiriman pesanan hingga sampai ke tangan pembeli.
Berikut cara mudah melakukan perpanjangan garansinya:
- Pilih Menu “Pesanan Saya”. Pada bagian profile Shopee Anda akan menemukan menu “Pesanan Saya” klik menu tersebut untuk melanjutkan proses perpanjang masa garansi Shopee.
- Klik Menu “Dikirim”. Selanjutnya klik menu “Dikirim” kemudian Anda pilih pesanan mana yang akan Anda perpanjang masa garansinya.
- Masuk ke Rincian Pesanan. Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi mengenai rincian pesanan.
- Klik Menu “Perpanjang Masa Garansi Shopee”. Pada menu rincian, silahkan klik menu “Perpanjang Masa Garansi Shopee” untuk menambahkan masa garansi pesanan Anda yang belum sampai.
Anda juga bisa membatalkan masa perpanjang garansi, dengan catatan bahwa Anda benar-benar sudah menerima pesanan dengan keadaan yang baik. Caranya adalah dengan klik menu “Pesanan Diterima”.
Yang perlu menjadi catatan adalah apabila ternyata barang yang Anda terima tidak sesuai, tetapi Anda sudah menyelesaikan proses pesanan maka Anda tidak bisa mengajukan pengembalian barang.
Karena ketika pembeli sudah menyelesaikan pesanan, maka dana akan secara otomatis terkirim kepada pihak penjual.
Keuntungan dari Masa Garansi Shopee
Adanya penawaran masa garansi Shopee, serta perpanjang masa garansi Shopee ini tentu memberikan keuntungan baik bagi pembeli maupun seller Shopee.
Melalui penawaran garansi tersebut pembeli dapat menumbuhkan kepercayaannya kepada penjual. Karena mereka mendapatkan jaminan uang kembali apabila pesanan tidak kunjung sampai.
Itulah saat ini mengapa banyak para pebisnis yang memutuskan untuk berjualan melalui marketplace Shopee. Karena berbagai penawaran menarik dari aplikasi tersebut membuat penggunanya “betah” dan sulit berpaling pada aplikasi lain.
Jadi, bagi Anda yang saat ini hendak memulai bisnis maka tidak perlu ragu lagi untuk berjualan di Shopee. Selanjutnya untuk pengelolaan bisnis di Shopee bisa Anda konsultasikan langsung dengan Omnichannel.
Sebagai wadah terbaik untuk memaksimalkan bisnis, Omnichannel bisa membantu Anda untuk mengembangkan dan mengelola laju bisnis.
Anda bisa mengakses Omnichannel dengan mudah melalui HiToko.
Segera mulai dan kembangkan bisnis Anda sekarang juga dengan mendaftar di sini!