Home/Tips Bisnis/Cara Pengembalian Dana di Shopee saat Pesanan Tidak Sesuai
Total Views: 232|Daily Views: 1

Cara Pengembalian Dana di Shopee saat Pesanan Tidak Sesuai

Halo sahabat HiToko! Ketika Anda berbelanja online barang di Shopee terkadang terjadi beberapa kendala. Kendala tersebut dapat terjadi saat proses pemesanan bahkan hingga barang telah sampai. Jika barang tidak sesuai pesanan, Anda dapat menggunakan cara pengembalian dana di Shopee.

Cara mengembalikan pengembalian dana di Shopee ini sangat membantu dan membuat konsumen merasa lebih aman berbelanja melalui platform oranye ini.

Shopee juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melihat kode ShopeePay, cara mengetahui pin ShopeePay, cara membatalkan pesanan di Shopee serta penarikan ShopeePay ke OVO

Untuk mengetahui cara retur barang di Shopee sehingga Anda dapat menerima pengembalian dana, simak pembahasannya pada artikel di bawah ini.

Alasan Pengguna Meminta Pengembalian Dana Shopee

Shopee menyediakan sebuah layanan bernama Garansi Shopee. Garansi ini adalah sebuah upaya dari Shopee untuk memberikan perlindungan terhadap setia pengguna.

Cara kerjanya adalah dengan menahan dana transaksi yang telah dibayarkan oleh konsumen. Penahanan ini berlangsung sampai adanya konfirmasi dari konsumen bahwa barang sudah diterima dengan keadaan yang baik.

Sebagai konsumen, hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda. Mulai dari cek resi Shopee hingga  belum klik menu Pesanan Diterima, maka Anda dapat mengajukan permintaan untuk mengembalikan dana.

Hal ini sangat membantu apabila ada permasalahan terhadap barang pesanan Anda, sehingga ingin meminta pengembalian uang. Karena bersifat pengajuan, maka yang menerima atau menolaknya adalah penjual dengan waktu maksimal tiga hari. Jika tidak mendapatkan respon, maka pengembalian dapat berlanjut.

Jika Anda pengembalian dana Shopee berjalan lancar, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki satu atau beberapa alasan berikut ini:

  • Pembeli masih belum menerima barang atau sudah lewat dari estimasi kedatangan dan tidak ada konfirmasi.
  • Barang yang Anda terima dalam kondisi yang cacat atau rusak.
  • Penjual atau seller mengirimkan produk yang tidak sesuai seperti spesifikasi pesanan kepada konsumen. Beberapa hal tersebut mencakup salah warna, salah ukuran, , dan lain sebagainya.
  • Material barang yang Anda terima materialnya berbeda dengan deskripsi atau keterangan barang yang tercantum dalam etalase produk.

Ketentuan Mengembalikan Dana di Shopee

Anda dapat mengajukan pengembalian uang dengan mengikuti beberapa ketentuan dari Shopee:

  • Pada sistem Merchant terjadi kegagalan transaksi, sementara pada sisi pembeli transaksi tersebut berhasil.
  • Jumlah uang yang dibayar pembeli tidak sesuai dengan nilai pembelian barang.
  • Adanya transaksi ganda, yang membuat pembeli melakukan dua kali pembayaran untuk satu transaksi.
  • Penjual membatalkan pesanan
  • Permintaan untuk mengembalikan dana mendapat persetujuan karena tidak menerima pesanan.
  • Permintaan untuk mengembalikan dana mendapat persetujuan karena produknya salah satu rusak disetujui.

Sebelum melakukan pengajuan, perhatikan beberapa hal berikut terlebih dahulu:

  • Batas waktu untuk mengajukan pengembalian uang adalah maksimal tujuh hari setelah transaksi.
  • Apabila mendapatkan pemberitahuan adanya eror atau kegagalan saat melakukan transaksi, perbarui dahulu aplikasi Shopee. Setelah itu baru coba melanjutkan transaksi.
  • Apabila pada sistem Merchant menyatakan transaksi gagal, minta mereka melakukan refresh aplikasi Shopee dan cek apakah transaksi sukses atau gagal. Jika masih gagal, maka silakan minta pengembalian dan dengan menghubungi Customer Service Shopee.
  • Ketika dana belum kembali dalam waktu yang telah ditentukan, hubungilah CS Shopee untuk meminta bantuan.

Cara Pengajuan Pengembalian Dana di Shopee

Anda dapat meminta pengembalian dana sesuai dengan keadaan transaksi yang sedang berlangsung, yaitu:

1. Barang Belum Dikirim

Jika barang pesanan Anda masih dalam pengemasan, maka lakukanlah langkah berikut:

  • Buka Shopee menggunakan akun yang melakukan transaksi.
  • Setelah halaman utama tampil, pilihlah menu Saya yang berada pada pojok kanan bawah aplikasi.
  • Pilih menu Dikemas dengan ikon paket dan klik pesanan yang ingin Anda batalkan.
  • Ketika detail pesanan terlihat, gulirkan layar ke bawah hingga ada menu Batalkan Pesanan, klik menu ini.
  • Isilah alasan pembatalan dan tekan Ajukan Pembatalan dan klik Konfirmasi.
  • Selanjutnya tunggu respon penjual. Ketika tidak ada respon dari penjual, tunggulah sampai batas waktu dari Shopee. Setelah batas waktu, pembatalan otomatis terjadi jika barang belum dikirim.

2. Barang Sudah Dikirim

Ketika produk berada di perjalanan, lakukan cara berikut:

  • Buka Shopee dan masuk ke menu Saya.
  • Klik Dikirim yang dengan ikon berupa truk dan pilihlah pesanan yang ingin Anda minta pengembalian dananya.
  • Pilih Ajukan Pengembalian yang ada di pojok kiri bawah, lalu masukkan alasan.
  • Tunggulah tanggapan dari penjual. Sebaiknya berkomunikasi dulu dengan penjual agar barang Anda tidak jadi  masuk ke dalam proses kirim ekspedisi.

3. Barang Sudah Diterima

Ketika barang yang Anda terima tidak sesuai, caranya sama dengan kondisi nomor dua di atas, caranya adalah:

  • Buka Aplikasi dan masuk ke menu Saya.
  • Pilih Pesanan dan klik Ajukan Pengembalian, lalu pilih Status Pengajuan dan pilih produk.
  • Masukkan Alasan, klik Konfirmasi, dan masukkan bukti pendukung.
  • Pilih Kirim dan tunggu keputusannya melalui notifikasi aplikasi dan email.

Cara pengembalian dana di Shopee untuk penjual juga tersedia. Namun, agar lebih mudah memantau bisnis, gunakanlah fitur Hitoko berupa Produk Omnichannel. Dengan Registrasi Gratis, Anda dapat menikmati beragam fitur yang ada untuk bisnis Anda. Yuk segera daftar sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!