Wajib Tahu! 9 Tips Cara Packing Aman Untuk Online Shop Anda
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Tahukah Anda, pengiriman menjadi hal yang sangat penting dalam dunia jual beli online. Proses packing online shop juga sangat berpengaruh untuk memastikan kepuasan para pelanggan sehingga barang yang diterima dalam kondisi utuh.
Cara Packing yang Tepat Agar Barang Aman
Sebaik apapun kualitas barang yang dijanjikan pada toko online Anda, tentu akan percuma jika Anda tidak melakukan pengemasan dengan baik, terlebih jika barang tersebut memiliki risiko besar seperti rusak selama pengiriman. Untuk meminimalisir hal ini, berikut tips packing yang dapat Anda aplikasikan.
1. Cermati jenis barang yang akan dikirimkan
Hal pertama, bahkan termasuk utama yang penting untuk diperhatikan yakni memperhatikan kembali jenis barang yang akan Anda kirimkan. Barang dengan karakter yang berbeda sudah pasti membutuhkan pengemasan yang berbeda pula. Jika salah pengemasan, barang tersebut akan lebih mudah rusak.
Sebagai contoh, jika barang tersebut termasuk barang pecah belah, cairan yang rawan bocor, hingga makanan yang mudah hancur, tentu membutuhkan pengemasan yang lebih tebal dan padat. Berbeda seperti bahan kain di mana Anda cukup melapisinya dengan bahan yang anti basah namun tetap rapat.
Sahabat HiToko juga dapat memberi tambahan bantalan khusus seperti bubble wrap, plastik packing online shop, atau kertas serut untuk meredam benturan, terutama untuk barang-barang yang berisiko dan mudah pecah.
2. Gunakan kemasan yang sesuai dengan produk
Menyambung pada poin pertama, penggunaan kemasan yang tepat dan sesuai sudah pasti harus selalu Anda perhatikan. Kemasan yang tepat tentu saja akan membuat penataan produk pesanan semakin mudah dilakukan sehingga barang-barang menjadi lebih rapi dan aman.
Untuk itu, ada baiknya Anda selalu menyediakan perlengkapan packing online shop yang lengkap, mulai dari amplop untuk dokumen atau barang yang kecil, kertas sampul untuk dokumen, kardus, styrofoam, koran atau majalah bekas, hingga bubble wrap.
Pastikan juga kemasan yang dipakai pas dengan ukuran barang sehingga jika barang tersebut rentan rusak, jangan sampai ada ruang kosong yang menyebabkan guncangan. Jangan terlalu sempit untuk menghindari tekanan yang berlebih pada barang-barang tersebut.
3. Packing produk dengan beberapa lapisan
Untuk membuat barang kiriman semakin aman, tidak jarang para pemilik toko online membuat packing online shop yang berlapis-lapis. Pastikan semuanya sudah terpasang dengan sempurna untuk meredam benturan atau guncangan yang sangat mungkin terjadi. Tentu saja hal ini dapat mengurangi kerusakan barang kiriman tersebut.
Salah satu tips ketika Anda akan mengemas banyak produk sekaligus seperti paket skincare, ada baiknya setiap produk di-packing secara sendiri-sendiri terlebih dahulu menggunakan bubble wrap. Selanjutnya, semua produk dimasukkan ke dalam kardus di mana sekelilingnya diberi tambahan lapisan untuk mengisi ruang kosong.
Kemudian di bagian luar, lapisi kembali dengan kertas pembungkus dan plastik, lalu rekatkan dengan selotip yang tahan air. Semakin rapat lapisan pembungkus yang disesuaikan dengan jenis produk yang dikirim, maka semakin aman pula produk tersebut dari berbagai risiko.
Baca juga:
4. Menggunakan packing kayu untuk produk yang rentan
Packing kayu menjadi pilihan yang tepat untuk produk yang mudah rusak seperti barang pecah belah maupun barang-barang elektronik. Tentunya, hal ini menjadi keunggulan tersendiri sehingga dapat meningkatkan keamanan barang tersebut. Potongan kayu yang dipakai dapat terdiri dari potongan kayu bekas yang masih kuat ataupun peti kas pada pengemasan telur.
Bagi sahabat HiToko yang kesulitan dalam membungkus packing kayu sendiri, beberapa pihak pengiriman bisa saja membantu. Akan tetapi jika ingin mengemasnya dari toko online sendiri, selain meminta bantuan karyawan yang tersedia, Anda juga dapat membuka lowongan packing online shop khusus untuk pengemasan kayu ini.
5. Berikan stiker peringatan khusus
Menambahkan stiker peringatan juga sebaiknya tidak boleh Anda lewatkan, terlebih ada banyak paket yang akan ditangani oleh jasa ekspedisi sehingga stiker ini akan memudahkan pihak ekspedisi dalam memilah jenis paket yang akan dikirimkan.
Adapun jenis stiker peringatan packing online shop yang dimaksud dapat berupa stiker barang pecah belah terutama untuk produk yang mudah pecah atau elektronik, stiker penunjuk bagian atas produk sehingga petugas tidak salah meletakkan posisi barang, hingga stiker peringatan “Jangan Ditumpuk” untuk menghindari kerusakan.
6. Lengkapi informasi produk
Penting juga untuk melengkapi informasi produk secara lengkap pada bagian kemasan. Dengan demikian, pihak pelanggan juga akan merasa lebih aman dan percaya dengan paket yang akan Anda kirimkan. Adapun informasi yang dimaksud seperti kandungan yang terdapat di dalamnya, informasi penggunaan, dan sebagainya.
Untuk memastikan proses administrasi dan pencantuman informasi produk ini, Anda mungkin juga membutuhkan banyak karyawan baru sehingga membuka loker packing online shop dapat menjadi pilihan. Pastikan juga Anda sudah menerapkan standar operasional terbaik untuk membuat pelanggan merasa aman dan percaya dengan layanan yang Anda berikan.
7. Tulis identitas penerima dengan jelas
Apabila sudah terbungkus dengan rapi, jangan lupa sertakan nama hingga alamat penerima dengan lengkap dan jelas. Semakin lengkap dan detail alamat pengiriman tersebut, tentu saja akan lebih baik.
Kendati demikian, biasanya toko online di marketplace juga sudah menyediakan fitur cetak resi yang cukup lengkap. Dengan demikian, proses packing online shop dapat semakin cepat dilakukan dengan data diri yang lengkap.
Apabila masih ada yang belum lengkap, jangan segan menghubungi customer supaya tidak menghambat pengiriman. Pasalnya, jika alamat yang dituju tidak lengkap, maka paket akan dikembalikan ke toko online Anda.
8. Cek ulang paket sebelum dikirim
Anda juga harus memastikan ulang paket yang akan dikirimkan, jangan sampai tertukar dengan paket lainnya. Jika sampai tertukar, tentu saja akan merugikan Anda, bahkan tidak jarang Anda harus membongkar packing online shop yang sudah rapat tersebut.
Cek juga kondisi barang yang akan dikirimkan hingga tambahkan detail catatan jika ada yang terlewat. Jika sempat, Anda dapat mendokumentasikan kondisi barang yang akan dikirim sehingga apabila nantinya ada komplain, setidaknya Anda dapat membuktikan jika packing sudah sesuai pesanan.
9. Pilih layanan ekspedisi terpercaya
Langkah yang penting juga Anda lakukan yakni memilih jasa pengiriman ekspedisi yang terpercaya dengan tarif terjangkau. Anda juga dapat mengirimkan paket tersebut sesuai permintaan pelanggan, yang penting pastikan ekspedisi tersebut minim komplain akibat kerusakan paket selama di perjalanan.
Pastikan juga tarif pengiriman apakah ditanggung pelanggan atau toko. Anda perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki toko sehingga Gaji packing online shop yang dimiliki tidak habis karena promo gratis ongkir.
Itulah beberapa informasi mengenai tips packing online shop yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik toko online. Jangan sampai kepercayaan pelanggan menjadi hilang hanya karena proses dan hasil packing toko online Anda begitu buruk ya!
Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.
OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!