Home/Tips Bisnis/Cara Mengirim Barang Lewat JNE untuk Bisnis Online
Total Views: 462|Daily Views: 1

Cara Mengirim Barang Lewat JNE untuk Bisnis Online

Halo Sahabat HiToko! Cara mengirim barang lewat JNE ternyata sangat mudah dan tidak ribet, pilihan pelayanannya juga sangat beragam sesuai kebutuhan konsumen. Sangat cocok bagi pemilik bisnis online yang membutuhkan jasa ekspedisi.

Menariknya, harga pengiriman JNE juga tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan jasa ekspedisi lainnya. Sehingga, Anda dan konsumen bisa menghemat lebih banyak budget untuk ongkir.

JNE sendiri adalah salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia. Sehingga, jangkauan pengiriman paketnya juga sudah sangat luas. Bahkan mencapai daerah-daerah pelosok negeri.

Tidak heran jika pemilik bisnis online shop lebih menyukai JNE untuk mengirim paket kepada konsumen. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mengirim barang menggunakan JNE, simak selengkapnya berikut ini.

Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express

Jasa ekspedisi saat ini memang memiliki peran penting dalam kehidupan. Sebab, semakin hari semakin banyak orang yang berkirim barang dari satu kota ke kota lain.

Salah satu faktornya adalah karena semakin berkembangnya bisnis online. Melalui bisnis ini, antara penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung. Cukup jualan di marketplace barang tersebut dan kelola marketplace dengan baik.

Kemudian, antara penjual dan pembeli saling menghubungi lewat marketplace tersebut untuk melakukan kesepakatan transaksi. Kemudian, penjual akan mengirim barang tersebut ke pembeli dengan jasa ekspedisi.

Salah satunya adalah jasa ekspedisi JNE Express. Bagi Anda yang baru pertama kali mengirimkan paket kepada konsumen, pasti masih bingung bagaimana cara mengirim paket lewat JNE.

Padahal, caranya sangat mudah dan sederhana. Berikut ini kami sudah merangkum langkah-langkahnya untuk Anda:

1. Cek Tarif Ongkir JNE

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek tarif ongkir JNE ke lokasi tujuan konsumen. Dengan begitu, Anda bisa memberikan harga yang sesuai kepada konsumen tersebut.

Cara mengeceknya juga sangat mudah, cukup buka situs resmi JNE dan buka bagian tracking. Jika sudah, maka pilih opsi Tari dan masukkan data terkait paket yang akan Anda kirim.

Beberapa data yang perlu Anda isi adalah:

  • Origin atau kota pengiriman paket tersebut.
  • Destination atau kota tujuan paket JNE tersebut.
  • Weight atau berat barang. Jika Anda tidak memiliki timbangan, maka kira-kira saja.
  • Pilih jenis layanan JNE yang ingin Anda gunakan.

Jika kolom data-data tersebut sudah terisi dengan benar, maka tinggal klik OKE. Tunggu hingga beberapa saat untuk mengetahui berapa ongkir yang Anda butuhkan. Lakukan konfirmasi kepada konsumen.

2. Packing dengan Standar JNE

Setelah melakukan konfirmasi dan konsumen setuju dengan biaya ongkirnya, maka cara kirim barang lewat JNE selanjutnya adalah melakukan proses packing. Pastikan Anda melakukan packing yang sesuai dengan standar JNE, di antaranya adalah:

  • Pastikan Anda sudah mengkategorikan barang tersebut. Seperti misalnya mudah rusak, mudah pecah, bahan berbahaya, dan lain sebagainya.
  • Bungkus barang tersebut dengan rapi dan aman. Misalnya dengan melapisi barang menggunakan bubble wrap dan plastik untuk barang mudah rusak.
  • Tuliskan alamat tujuan secara detail. Jangan lupa cantumkan juga nama penerima dan nomor hpnya.
  • Jika ingin barang lebih aman selama proses pengiriman, maka Anda bisa menambahkan packing kayu.

3. Datangi Agen JNE Terdekat

Cara kirim barang lewat JNE berikutnya adalah dengan mendatangi agen JNE terdekat di lokasi Anda tinggal. Jika tidak tahu, Anda bisa mencarinya di Maps.

4. Pilih Layanan JNE

Setelah berada di agen JNE, maka silahkan Anda memilih layanan pengiriman sesuai kebutuhan. Ada banyak sekali layanan JNE yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah:

  • COD JNE yang memungkinkan konsumen membayar harga barang dan biaya ongkirnya saat barang sudah sampai.
  • Super Speed merupakan pengiriman barang super cepat.
  • YES (Yakin Esok Sampai) merupakan layanan yang memberikan jaminan pengiriman sangat cepat.
  • REG (Reguler) adalah layanan ekspedisi dengan biaya ongkir lebih terjangkau. Estimasi paket akan sampai sekitar 1 sampai 7 hari.
  • OKE (ongkos kirim ekonomis) adalah layanan kirim barang dengan harga yang lebih murah. Waktu pengirimannya jauh lebih lama dari pada layanan reguler.

Selain lima layanan di atas, JNE masih memiliki banyak jenis layanan lainnya yang bisa Anda pilih. Mulai dari kirim dokumen, kirim ASI, pengiriman ke luar negeri, dan masih banyak lainnya.

5. Cek Resi JNE

Setelah memilih layanan pengiriman dan agen sudah memprosesnya, maka Anda akan memperoleh resi. Kirimkan nomor resi tersebut kepada konsumen, sehingga mereka dapat melacak perjalanan paketnya.

Seperti yang kita tahu bahwa peran jasa ekspedisi dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting. Khususnya JNE Express bagi Anda yang memiliki bisnis online.

Anda akan membutuhkannya untuk mengirimkan produk kepada konsumen yang berada jauh dari tempat tinggal. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara mengirim barang lewat JNE.

Tentu dalam praktiknya, mengelola marketplace tidak mudah dan tidak selalu ramai. Oleh sebab itu, Anda memerlukan tools khusus untuk meningkatkan penjualan online.

Salah satunya adalah produk Omnichannel dari HiToko yang dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen di toko online Anda. Dapatkan produk tersebut dengan melakukan registrasi gratis dan pembayaran. Yuk daftar sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!