Home/Tips Bisnis/Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Terlengkap 2022
Total Views: 929|Daily Views: 5

Cara Mengembalikan Barang Di Lazada Terlengkap 2022

HiToko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Untuk Anda yang suka sekali melakukan belanja online pastinya sudah mengenal marketplace bernama Lazada. Marketplace yang satu ini memang berbeda sekali dengan marketplace lainnya karena Lazada tidak hanya menjual produk-produk berkualitas saja, tapi juga memberikan layanan terbaik serta fitur-fitur lengkap untuk konsumennya. Salah satu fiturnya adalah fitur pengembalian barang yang sangat berguna untuk konsumen. Berikut ulasan cara mengembalikan barang di Lazada.

Layanan pengembalian barang biasanya digunakan ketika ada konsumen yang membeli barang tapi barang tersebut tidak sesuai. Konsumen bisa mendapatkan barang baru atau bisa mendapatkan uangnya kembali apabila menggunakan fitur pengembalian barang di Lazada yang akan dijelaskan berikut ini.

Prosedur Pengembalian Barang Yang Tidak Sesuai

Pihak Lazada memang akan memberikan barang ganti, tapi untuk mendapatkan barang gratis ataupun agar uang kembali harus memenuhi prosedur yang dibuat oleh Lazada. Konsumen yang membeli barang ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan diperbolehkan untuk mengembalikan barang tersebut asalkan prosedur pengembalian sudah sesuai aturan Lazada.

Baca juga: Aplikasi jualan online lainnya yang cocok untuk pemula

Untuk cara mengembalikan barang yang tidak sesuai di Lazada tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan karena prosedurnya tidak menyulitkan konsumen. Untuk mengetahui bagaimana caranya mengembalikan barang yang dibeli tapi tidak sesuai, maka ada baiknya untuk memperhatikan cara retur di Lazada berikut ini.

  • Cek Masa Pengembalian Barang

Sebelum mengembalikan barang sebaiknya konsumen harus memahami dulu kebijakan mengenai masa pengembalian barang. Konsumen harus memastikan barang yang diterima benar-benar tidak memenuhi kriteria atau deskripsi yang sudah diberikan penjual. Contohnya barang yang didapatkan sudah rusak, tidak sesuai dan juga ada beberapa bagian yang hilang. Kalau sudah seperti itu maka bisa mengembalikan barang tersebut.

  • Pastikan Masa Garansi Pengembalian Barang Masih Berlalu

Selain harus mengecek kondisi barang juga perlu mengecek masa garansi untuk pengembalian barang. Lazada sudah membuat aturan mengenai masa pengembalian barang yaitu 7 sampai 14 hari untuk jaminan kepuasan dan juga perlindungan pembeli. Kalau barang yang dibeli sudah melewati masa pengembalian tersebut maka tidak bisa lagi mempraktekkan cara mengembalikan barang di Lazada.

  • Penuhi Persyaratan Pengembalian Barang

Agar nantinya pihak Lazada bisa menerima barang yang dikembalikan maka konsumen harus memenuhi semua persyaratan yang dibuat oleh Lazada. Untuk persyaratan yang wajib dipenuhi oleh konsumen adalah harus menyertakan bukti pembelian, melampirkan rincian bank, sertakan formulir pengembalian dan juga berikan alasan pengembalian barang yang dapat diterima Lazada.

  • Lakukan Pengemasan Barang

Kalau sudah memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan tadi selanjutnya konsumen harus mengemas barang dengan rapi sesuai prosedur yang berlaku. Setelah pengemasan selesai dilakukan jangan lupa untuk menuliskan nama pengirim dan juga alamat Lazada. Jangan lupa di dalam paket yang sudah dikemas tersebut harus juga disertakan formulir pengembalian barang di Lazada agar nantinya proses pengembalian bisa lancar.

BACA  Omnichannel Indonesia

Cara Pengembalian Barang COD

Untuk konsumen yang membeli barang melalui layanan COD juga bisa mengembalikan barang apabila barang tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk cara mengembalikan barang COD di Lazada sebenarnya tidak berbeda jauh dengan mengembalikan barang yang tidak sesuai. Konsumen tetap diharuskan untuk mengecek kondisi barang terlebih dahulu agar mengetahui kondisi barang itu tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah pengecekan sudah dilakukan lanjut penuhi terlebih dahulu semua persyaratan pengembalian barang dan jangan lupa untuk mengisi formulir pengembalian barang. Jika formulir sudah diisi tinggal kembali produk yang dibeli tadi untuk nantinya dikirim kembali ke pihak Lazada dan itulah cara mengembalikan barang di Lazada.

Cara Pengembalian Barang Rusak

Konsumen yang membeli barang kondisinya rusak juga dapat mengembalikan barang tersebut dan untuk mengembalikan barang tersebut bisa menggunakan metode drop off. Untuk cara mengembalikan barang rusak di Lazada akan dijelaskan di bawah ini.

  • Pertama, isi terlebih dahulu formulir pengembalian barang secara online.
  • Saat mengisi formulir tersebut harus memilih metode drop off dan pilih jasa pengiriman yang sudah tersedia.
  • Saat mengisi formulir tersebut nantinya bisa mendapatkan nomor resi dan juga kode otorisasi pengembalian barang yang bisa dilihat di rincian pengembalian.
  • Setelah itu tinggal mengemas produk yang nantinya akan dikembalikan.
  • Selanjutnya tinggal kirim paket barang tersebut ke kantor cabang jasa pengiriman dan jangan lupa untuk meminta nomor resi pengiriman agar nantinya bisa melacak produk tersebut.

Setelah paket barang yang dikembalikan sudah terkirim, konsumen bisa terus memantau posisi paket barang tersebut agar nantinya mengetahui paket barang sudah sampai di kantor Lazada atau belum.

Contoh Formulir Pengembalian Barang

Untuk mengembalikan barang di Lazada memang harus mengisi formulir pengembalian terlebih dahulu dan untuk mendapatkan formulir tersebut caranya cukup mudah yaitu bisa membuka aplikasi Lazada terlebih dahulu. Konsumen bisa mengakses formulir tersebut dengan mudah di aplikasi. Saat mengisi formulir pengembalian sebaiknya konsumen harus melihat contoh formulir dan juga pelajari cara mengembalikan barang di Lazada terlebih dahulu agar nantinya tidak melakukan kesalahan.

Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, Registrasi gratis sekarang juga!

Banner HiToko