Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Lengkap & Terupdate
Halo sahabat HiToko! Anda ingin membatalkan pesanan di Shopee karena salah pesan? Tenang! Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee.
Namun sebelum itu, perlu Anda pahami bahwa membatalkan pesanan di Shopee tidak boleh sembarangan. Ada ketentuan-ketentuan yang harus Anda ikuti.
Agar tidak bingung, mari kita bahas satu per satu cara membatalkan pesanan di Shopee.
Metode Pembatalan di Shopee
Saat melakukan pembelian di Shopee, ada kalanya Anda sangat ingin membatalkan pesanan. Alasannya bisa beragam, bisa karena:
- Tidak sengaja mengklik tombol beli,
- Ingin mengubah pesanan,
- Pesanan kurang.
Ada tiga metode pembatalan pesanan di Shopee, yaitu pembatalan otomatis, pembatalan instan, dan pembatalan non instan. Berikut penjelasan lengkapnya.
1. Pembatalan Otomatis
Pembatalan otomatis bisa terjadi jika penjual tidak memasukkan resi atau tidak mengatur pengiriman sampai batas waktu yang sudah Shopee tetapkan. Jika resi sudah keluar, tetapi sampai dua hari pake tidak sampai ke kurir, pesanan secara otomatis juga akan batal.
Sebagai pembeli, Anda bisa cek resi Shopee Express untuk melihat sudah sampai mana paket Anda. Jika sampai dua hari tidak ada perubahan status, bisa saja pesanan Anda akan batal.
2. Pembatalan Instan
Anda dapat mengajukan pembatalan instan saat penjual belum mengatur pengiriman atau maksimal 1 jam setelah pembayaran berhasil. Pembatalan jenis ini dapat Anda lakukan secara langsung tanpa perlu menunggu persetujuan seller.
3. Pembatalan Non-Instan
Ketika seller sudah mengatur pengiriman, maka Anda membutuhkan persetujuan seller untuk bisa melakukan pembatalan pesanan. Dalam hal ini, jenis pembatalannya menggunakan metode non-instan.
Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Shopee?
Secara umum, untuk membatalkan pesanan yang belum terbayar, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini.
- Klik menu Saya >> Pesanan Saya.
- Pilih produk yang ingin Anda batalkan pesanannya.
- Scroll ke bawah, lalu klik Batalkan Pesanan.
Selain cara di atas, Anda juga bisa membatalkan pesanan secara otomatis. Pesanan otomatis akan batal jika Anda tidak kunjung melakukan pembayaran sampai batas waktu yang Shopee berikan.
Pertanyaannya, bagaimana jika proses pembayaran sudah berhasil atau menggunakan sistem pembayaran COD, apakah pesanan bisa batal?
Langkah-langkah membatalkan pesanan di Shopee untuk setiap kondisi tidaklah sama. Secara lebih lengkap, kami akan membahas langkahnya satu per satu.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar
Setelah menerima informasi pembayaran pada pesanan, Anda terkadang berubah pikiran sehingga tidak ingin jadi membeli produk tersebut. Karena pesanan masih belum dibayar, maka cara membatalkannya adalah:
- Buka kembali aplikasi Shopee dengan akun yang Anda gunakan untuk memesan produk.
- Setelah halaman utama terbuka, pilihlah menu Saya yang berada pada sudut kanan bawah aplikasi.
- Selanjutnya kliklah menu Belum Bayar yang berada pada bagian bawah tulisan Pesanan Saya.
- Pilihlan pesanan yang ingin Anda batalkan. Kemudian pilih Batalkan Pesanan.
- Pilih alasan pembatalan dan terakhir klik Konfirmasi.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dibayar
Jika barang belum dikirim atau masih dikemas oleh Shopee, Anda dapat membatalkan pesanan meski sudah melakukan pembayaran. Dalam hal ini, pembeli dan penjual sama-sama berhak untuk membatalkan pesanan.
Adapun langkah-langkah membatalkan pesanan Shopee setelah proses pembayaran berhasil yaitu:
- Buka aplikasi Shopee.
- Klik menu Akun >> Pesanan Saya.
- Cari produk yang ingin dibatalkan.
- Pilih alasan pembatalan.
- Klik Batalkan Pesanan >> Ya.
Sebaiknya pahami deskripsi produk dan teliti kembali pesanan sebelum Anda checkout untuk mengurangi frekuensi pembatalan pesanan.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dikirim
Jika penjual masih memproses pesanan dan barang belum masuk ke tahap pengiriman, cara membatalkannya sama seperti sebelumnya:
- Buka aplikasi Shopee
- Setelah melihat menu Saya, langsung klik.
- Pada bagian bawah Pesanan Saya, pilih menu Dikemas.
- Pilihlah pesanan apa saja yang ingin Anda batalkan.
- Setelah itu pilih Batalkan Pesanan.
- Terakhir, konfirmasi pembatalan dengan klik “Ya”
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim
Bagaimana jika penjual sudah terlanjur mengatur pengiriman, apakah pesanan bisa batal? Untuk membatalkan pesanan di mana penjual sudah mengatur pengirimannya, maka harus mendapat persetujuan dari penjual secara langsung.
Untuk memudahkan, Anda bisa menghubungi penjual terlebih dahulu melalui chat Shopee atau WhatsApp. Jika seller kurang responsif, Anda lakukan cara berikut.
- Buka aplikasi Shopee
- Klik Akun >> Pesanan Saya >> Dikirim.
- Pilih produk yang hendak Anda batalkan.
- Gulir ke bawah, lalu klik Batalkan Pesanan.
Tunggu hingga penjual menyetujui pembatalan. Setelah seller menyetujui pembatalan, dana akan dikembalikan ke akun Anda sesuai dengan pilihan metode pembayaran Anda.
Yang perlu menjadi catatan bahwa pembatalan pesanan ini hanya boleh sekali saja. Maka dari itu, pastikan Anda teliti kembali pesanan Anda sebelum Anda checkout.
Anda juga bisa menggunakan alternatif lain dengan cara mengajukan retur barang di Shopee. Agar lebih mudah dalam mengatur pengembalian barang, gunakan HiToko, omnichannel marketplace terbaik dan terpercaya.
Anda bisa daftar gratis untuk menikmati layanan-layanan terbaiknya. Ada berbagai fitur unggulan dengan produk omnichannel layanan customer support berdedikasi maksimal.
Cara Membatalkan Pesanan di Shopee COD
Pesanan yang dikirim dengan COD juga dapat dibatalkan. Namun, Anda perlu menghubungi penjual secara langsung untuk bisa membatalkan pesanan Shopee COD.
Untuk membatalkan pesanan di Shopee COD Anda perlu alasan yang benar-benar konkrit dan realistis. Jika penjual setuju, saat paket tiba, Anda bisa menunjukkan bukti pembatalan dan barang akan dikembalikan ke penjual.
Meski diperbolehkan, sebaiknya jangan sering-sering membatalkan pesanan jika tidak terpaksa. Shopee akan menonaktifkan fitur COD selama 60 hari jika Anda sudah melakukan pembatalan sebanyak 2 kali.
Pada dasarnya, Anda bisa dengan mudah mengajukan pembatalan pesanan di Shopee. Namun, jangan gunakan kesempatan ini untuk main-main. Anda harus mengikuti ketentuan yang berlaku.
Bila terpaksa, ajukan pembatalan dengan alasan yang logis dan jelas. Sesuaikan kondisinya dengan cara membatalkan pesanan di Shopee yang sesuai.