Home/Tips Marketplace/4 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada, Ternyata Mudah!
Total Views: 473|Daily Views: 3

4 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada, Ternyata Mudah!

Halo sahabat HiToko! Ada yang masih penasaran tentang cara membatalkan pesanan di Lazada? Dalam beberapa kondisi, memang ada pembeli yang ingin membatalkan pesanannya di aplikasi Lazada.

Misalnya karena kesalahan saat pemilihan barang, berat di ongkos kirim, maupun mungkin anak-anak yang melakukan checkout. Entah sengaja maupun tidak, kabar baiknya pembelian ini dapat Anda batalkan.

Syarat & Ketentuan untuk Membatalkan Pesanan di Lazada

Hanya saja, Anda tidak dapat melaksanakan pembatalan pesanan begitu saja. Maka dari itu, penting untuk memahami syarat serta ketentuan yang telah pihak Lazada terapkan terlebih dahulu, meliputi:

  • Pembatalan bukan berupa produk digital maupun barang yang berasal dari Lazada Global
  • Supplier atau seller belum memproses order yang masuk
  • Pesanan Anda belum masuk ke proses pengiriman, terkecuali sistem Cash On Delivery dan barang dalam kondisi rusak. Jika memang rusak, Anda dapat retur di Lazada
  • Apabila pembayaran melalui metode KlikPay, cicilan, maupun kartu kredit, pengembalian limit berlangsung kurang lebih 7 sampai 14 hari kerja
  • Refund dengan sistem transfer bank membutuhkan waktu 2 hingga 5 hari kerja. Penghitungannya dimulai sejak e-commerce Lazada memproses ke bank yang bersangkutan
  • Pembeli tidak dapat mengaktifkan kembali, pesanan yang sudah canceled
  • Perubahan harga dapat terjadi kapan saja, tanpa adanya informasi seller terlebih dahulu. Namun, ketika pembatalan harga tetap mengikuti banderol ketika pemesanan

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Lazada?

Setelah paham dan setuju dengan kebijakan ecommerce di atas, Anda boleh langsung melakukan proses pembatalan. Silakan pilih dari ketiga cara pembatalan pesanan, sesuai situasi dan kondisi:

1. Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Belum Dibayar

Cara membatalkan pesanan di lazada jika belum dibayar

Untuk pembatalan yang belum Anda bayar, sebenarnya sangat mudah. Sebab, pihak seller belum menyiapkan barangnya, kecuali pembelian dengan sistem bayar di tempat. Adapun langkah demi langkahnya, yakni:

  • Jalankan Lazada apk, lalu masuk melalui akun pemesanan
  • Tekan Akun pada sudut bawah kanan, kemudian tap tanda panah Lihat Semua Pesanan yang tertera di kategori Pesanan Saya
  • Silakan langsung klik no. pesanan, kemudian lanjutkan dengan mengetuk Batal
  • Lengkapi semua informasi yang diperlukan, meliputi jenis produk berikut alasan pembatalan
  • Pahami kembali kebijakan mengenai pembatalan, lantas tekan option Submit/Daftar
  • Langkah terakhir, tentukan metode pengembalian dana (tidak termasuk pada metode COD atau bayar di tempat)
  • Proses selesai

2. Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Dibayar

Membatal pesanan di Lazada yang sudah dibayar

Namun, bagaimana jika ternyata Anda telah membayar lunas ketika pemesanan? Jangan cemas, karena cara membatalkan pesanan di Lazada yang sedang diproses penjual pun tetap boleh Anda lakukan, berikut step by step-nya:

  • Aktifkan ponsel dan jalankan apk Lazada, kemudian menuju ke Akun
  • Ketuk bagian Dalam Proses, pastikan bahwa pesanan yang ingin Anda batalkan statusnya masih pemrosesan
  • Klik pada gambar barang dan tunggu hingga laman memunculkan menu baru, tap Batal
  • Checklist jenis barang yang ingin Anda cancel, kemudian berikan alasan pembatalan di bagian bawahnya
  • Seandainya sudah, ketuk Pilih. Silakan berikan komentar tambahan, lalu Kirimkan

3. Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Diproses Penjual

membatalkan pesanan di lazada yang sudah di proses penjual

Dalam beberapa kasus, ada pesanan yang ternyata telah berada di pihak ekspedisi atau bahkan sedang proses pengiriman (delivery). Lantas, apakah ada cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah dikemas?

Sebenarnya pada situasi ini harapannya sangatlah kecil, karena sudah melibatkan pihak ekspedisi. Namun apabila ingin mencobanya, Anda dapat memanfaatkan kolom chat untuk menghubungi customer service Lazada.

4. Cara Membatalkan Pesanan COD

Seolah memahami keinginan pengguna, kini Lazada juga menyediakan layanan COD atau bayar di tujuan. Untuk cancel pesanan COD dengan status “Sedang dalam proses”, maka dapat menerapkan seperti panduan nomor dua.

Lain hal dengan cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses penjual COD, hanya ada satu jalan yakni menolak di tujuan. Sebenarnya Anda dapat chat ke CS melalui fitur pada aplikasi, tetapi kemungkinan besar mengalami kegagalan.

Apalagi jika status barang sudah berangkat dari ekspedisi atau bahkan on delivery atau dalam proses pengiriman. Anda hanya dapat menolak pesanan, ketika kurir mengantar barang ke alamat tujuan.

Beri penolakan secara halus beserta alasanya, agar kurir tidak merasa tersinggung. Setelah menandatangani nota resi, status pesanan pada aplikasi menjadi “Dibatalkan pembeli” secara otomatis.

Cara Cek Status Pemesanan

Pada dasarnya, cara pengecekan status pesanan ini sama seperti melacak nomor resi seperti biasa. Anda boleh menggunakan situs tracking ekspedisi maupun langsung via aplikasi dengan cara:

  • Tekan Akun pada bagian kanan bawah, lalu Dalam Pengiriman.
  • Cari pesanan yang ingin Anda lacak statusnya, tap di bagian Status Pesanan.
  • Tunggu beberapa saat, sistem akan menampilkan detail informasi mengenai posisi barang.

Gimana? cara membatalkan pesanan di Lazada mudah, bukan? Selain menjadi pembeli, Anda juga dapat meraup keuntungan besar dengan daftar jadi dropship di Lazada dan menggunakan produk Omnichannel

Layanan dari HiToko ini memiliki banyak fitur yang memudahkan dalam pengelolaan toko online. Penghitungan stok, manajemen pelanggan, hingga rekap pesanan bisa diakses secara real-time

Cukup satu sentuhan untuk memulainya, yakni Daftar Gratis! Buruan daftar sebelum keduluan kompetitor Anda dan nikmati berbagai manfaatnya, ya!

daftar webinar gratis hitoko