Home/Tips Marketplace/Cara Daftar Shopee Seller Center dan Fitur di Dalamnya
Total Views: 799|Daily Views: 10

Cara Daftar Shopee Seller Center dan Fitur di Dalamnya

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Shopee Indonesia merupakan salah satu marketplace atau e-commerce yang dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis barang atau jasa. Selain melakukan pembelian, pengguna aplikasi ini juga bisa menggunakan Shopee untuk daftar Shopee Seller dan melakukan penjualan produk.

Apa yang dimaksud dengan Seller Center Shopee? Shopee Seller Center untuk apa? Bagaimana cara untuk daftar Shopee Seller? Apa saja fitur di Seller Center Shopee? Artikel ini akan memberikan jawaban dan penjelasan dari pertanyaan tentang Shopee Seller Center untuk Anda!

Definisi atau Pengertian Shopee Seller Center

cara daftar shopee seller center

Bagaimana cara menjadi penjual di Shopee? Anda bisa menjadi penjual di marketplace Shopee dengan mendaftarkan diri atau membuat akun pada Shopee Seller Center. Apa itu Shopee Seller Center?

Shopee Seller Center adalah layanan atau fitur khusus yang dibuat Shopee untuk para penjual agar mudah mengelola toko milik mereka yang ada di Shopee. Manfaat Shopee Seller Center adalah membantu manajemen toko dari dasar, penjualan, stok, promosi, dan lain sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan Seller Center? Shopee Seller Center juga merupakan fitur dari aplikasi Shopee yang memberikan kemudahan proses pengelolaan online shop terutama ketika penjual mendapatkan banyak pesanan.

Penggunaan Shopee Seller Center tentu dapat mencegah atau memperkecil kesalahan administrasi maupun seluruh proses penjualan di toko. Selain itu, fitur yang ada di dalam Shopee Seller Center juga bisa membantu pemilik toko untuk tingkatkan atau optimalisasi kinerja toko.

Semakin meningkat atau optimal kinerja online shop di Shopee, maka semakin besar juga kemungkinan toko mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, setiap penjual di Shopee termasuk Anda harus pelajari lebih spesifik dan menggunakan seluruh fitur di dalam Shopee Seller Center.

Cara untuk Melakukan Daftar Shopee Seller

Bagaimana cara membuat akun seller Shopee? Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk daftar Shopee Seller dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum mendaftar akun Shopee Seller Center pastikan Anda sudah memiliki akun Shopee terlebih dahulu ya.

Setelah itu, Anda baru bisa mendaftar dan menggunakan layanan Shopee Seller Center. Nah,  berikut ini beberapa pilihan cara yang dapat digunakan untuk daftar Shopee Seller, yaitu:

1. Daftar Shopee Seller Menggunakan Nomor Telepon

Daftar Shopee Seller Center dapat dilakukan menggunakan PC atau komputer maupun laptop agar lebih mudah. Berikut ini penjelasan lebih detail tentang cara daftar akun Shopee Seller, yaitu:

  • Masuk ke browser untuk langsung membuka https://seller.shopee.co.id.
  • Lakukan pendaftaran akun Shopee Seller Center dengan menekan “Buat Akun” pada tampilan beranda.
  • Selanjutnya masukkan nomor telepon yang aktif untuk mendaftar dan memiliki akun Shopee Seller Center.
  • Lanjutkan dengan melakukan verifikasi menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon.
  • Setelah itu, isi semua data yang diperlukan untuk pendaftaran akun seperti username, password dan informasi lainnya.
  • Langkah selanjutnya untuk memiliki akun Shopee Seller Center adalah menekan “Daftar”.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan dashboard Shopee Seller Center. Anda pun bisa mulai menggunakan seluruh fitur di dalamnya untuk mengatur toko dan membuatnya bekerja lebih optimal.

2. Daftar Shopee Seller Menggunakan Akun Facebook

Selain menggunakan nomor telepon, Anda juga bisa membuat akun Shopee Seller Center menggunakan akun Facebook. Berikut ini tutorial daftar Shopee Seller dengan cepat, yaitu:

  • Buka browser untuk langsung membuka https://seller.shopee.co.id.
  • Pilih ikon Facebook, kemudian login dengan akun Facebook yang Anda miliki.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan dashboard Shopee Seller Center. Anda pun bisa mulai menggunakan seluruh fitur di dalamnya untuk mengatur toko dan membuatnya bekerja lebih optimal.

3. Daftar Shopee Seller Menggunakan Akun Google 

Berikut ini beberapa cara daftar Shopee Seller menggunakan akun Google atau Gmail dengan mudah, yaitu:

  • Buka browser dan pastikan bahwa Anda sudah login ke akun google atau gmail.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan membuka https://seller.shopee.co.id.
  • Pilih ikon Google, kemudian login dengan akun Google atau Gmail yang Anda.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan dashboard Shopee Seller Center. Anda pun bisa mulai menggunakan seluruh fitur di dalamnya untuk mengatur toko dan membuatnya bekerja lebih optimal.

Cara untuk Menggunakan Shopee Seller Center

Setelah daftar Shopee Seller selesai dilakukan, maka Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengatur optimalisasi toko. Lalu, bagaimana cara menggunakan Shopee Seller Center? Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan Shopee Seller Center, yaitu:

1. Login ke Akun Shopee Seller Center

Setelah buat akun Shopee Seller Center, Anda bisa melakukan login untuk masuk ke dashboard Shopee Seller Center. Berikut ini cara Shopee Seller login, yaitu:

  • Buka browser untuk masuk ke dalam alamat https://seller.shopee.co.id.
  • Kemudian, Anda bisa melakukan login Shopee Seller Center dengan menggunakan nomor telepon atau username. Masukkan password di kolom yang tersedia. Pastikan data yang Anda masukkan benar agar dapat masuk ke bagian dashboard.
  • Beberapa saat kemudian tampilan dashboard Shopee Seller Center akan muncul dan Anda pun sudah dapat menggunakan fitur penjual dari Shopee ini. 

Cara cek toko saya di Shopee juga dapat dilakukan dengan login menggunakan ponsel. Cara buka Shopee Seller Center di HP sangat mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk membuka akun Shopee Seller Center melalui smartphone, yaitu:

  • Buka aplikasi Shopee yang sudah Anda unduh sebelumnya dan pastikan Anda melakukan login. Jika belum login, maka lakukan login akun Shopee Anda terlebih dahulu menggunakan data atau informasi username dan password akun Shopee Seller Center.
  • Kemudian, masuk ke tampilan menu “Saya” yang ada di bagian bawah kanan tampilan awal aplikasi Shopee.
  • Pada tampilan tersebut, Anda dapat langsung memilih atau klik “Toko Saya” yang berada di bagian pojok kiri atas tampilan Shopee.
  • Setelah itu, Anda akan melihat tampilan dashboard Shopee Seller Center dalam bentuk mobile melalui ponsel.

Login ke Shopee Seller Center memang dapat dilakukan menggunakan PC maupun ponsel melalui aplikasi shopee atau aplikasi Shopee Seller Center.

Namun, ada baiknya untuk login menggunakan PC atau laptop agar dapat melihat menu-menu Shopee Seller Center secara lengkap, detail, leluasa, dan lebih nyaman.

Membuka Shopee Seller Center menggunakan PC atau laptop juga akan memudahkan Anda melakukan berbagai macam pengaturan terhadap online shop di Shopee. Selain itu, Anda juga bisa membaca laporan maupun data analisis toko dengan lebih nyaman.

Namun jika hanya ingin cek kondisi toko, maka Anda cukup membuka Shopee Seller Center melalui aplikasi Shopee karena lebih cepat dan efektif.

2. Membangun Profil Online Shop

Jika Anda merupakan pemula dalam menggunakan Shopee Seller Center, maka lebih baik lakukan pengaturan dasar untuk online shop terlebih dahulu. Pengaturan dasar tersebut berupa mengisi dan mengatur informasi dasar untuk toko.

Anda bisa membangun atau melakukan pengaturan profil toko dengan membuka menu “Toko” dan masuk ke bagian Profil Toko dan Dekorasi Toko.

Pada bagian profil toko, Anda bisa mengatur nama toko, deskripsi toko, dan deskripsi gambar. Perhatian ketentuan mengatur foto yang dapat digunakan, seperti ukuran maksimum gambar yang bisa digunakan.

Perhatikan juga memenuhi standar karakter yang dapat digunakan dalam membuat nama toko dan deskripsi gambar.

3. Melakukan Pengaturan Produk

Akses Shopee Seller Center juga dapat digunakan untuk melakukan pengaturan produk yang dijual. Pengaturan tersebut dapat diakses dengan membuka menu “Produk” pada dashboard Shopee Seller Center.

Anda bisa menambah produk yang akan dijual melalui online shop di aplikasi Shopee. Pastikan untuk mengisi semua informasi produk dengan rinci dan benar. Misalnya, nama, kategori, berat, deskripsi, harga, stok, metode pengiriman, dan lain sebagainya.

4. Lakukan Pengaturan Toko

Setelah mengetahui cara login Shopee Seller Center dan melakukannya, maka sekarang Anda bisa melakukan pengaturan dasar pada toko. Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan” Shopee Seller Center.

Beberapa sub menu yang dapat digunakan untuk mengatur online shop Shopee, yaitu alamat saya, pengaturan toko, akun, dan platform partner.

Sub menu “Pengaturan Toko” berisi empat pengaturan yang harus diatur dengan baik, yaitu pengaturan dasar, pengaturan privasi, pengaturan chat, dan juga pengaturan notifikasi. Anda bisa menyesuaikan semua pengaturan tersebut dengan kebutuhan toko.

5. Optimalkan Kinerja Online Shop

Kinerja toko online di Shopee bukan hanya dipengaruhi oleh tampilan atau profil toko yang sudah didesain sedemikian rupa. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja online shop, seperti cara optimalisasi yang dilakukan oleh pemilik toko.

Anda bisa membuat kinerja toko semakin meningkat demi meningkatkan penjualan produk. Cara mengoptimalkan kinerja toko di Shopee kini lebih mudah dilakukan karena fitur atau menu yang ada di dashboard Shopee Seller Center.

Salah satu menu atau fitur yang dapat dimanfaatkan adalah menu “Promosi Saya”. Ya, kinerja toko memang dapat ditingkatkan dengan melakukan berbagai promosi. Anda dapat meningkatkan pesanan atau penjualan melalui berbagai fitur promosi, yaitu:

  • Voucher Toko Saya
  • Kombo Hemat
  • Koin Penjual
  • Promo Toko
  • Flash Sale Toko Saya
  • Jaringan Influencer Shopee
  • Paket Diskon
  • Promo Ongkir Toko

Selain itu, jangan lupa untuk meningkatkan interaksi dengan pembeli agar penjualan pun semakin maksimal. Gunakan beberapa fitur di bawah ini, yaitu:

  • Game Toko
  • Voucher Ikuti Toko
  • Shopee LIVE

Anda juga bisa meningkatkan kunjungan pembeli ke toko dengan menggunakan fitur di bawah ini, yaitu:

  • Iklan Shopee
  • Produk Pilihan Toko

Cara-cara untuk mengoptimalkan kinerja toko dan meningkatkan penjualan dapat Anda pelajari melalui berbagai metode. Misalnya, membaca buku, mengikuti tutorial di YouTube, gabung dengan komunitas, membaca berbagai informasi di internet, dan lain sebagainya.

Fitur atau Menu yang Terdapat di Shopee Seller Center

Selain mengetahui cara daftar Shopee Seller, Anda juga harus mengetahui serta memahami berbagai fitur Shopee Seller Center. Fitur-fitur tersebut akan membantu dalam manajemen atau pengelolaan toko.

Berikut ini beberapa fitur atau menu yang disediakan oleh layanan Shopee Seller Center, yaitu:

1. Menu Pengiriman

Pada menu ini Anda bisa melihat semua status pengiriman pesanan yang masuk ke toko. Misalnya, pesanan belum bayar, perlu dikirim, dikirim, selesai, pembatalan, dan pengembalian. Di dalamnya ada filter yang bisa diatur berdasarkan waktu pesanan dibuat dan lain sebagainya.

Selain itu, di dalam menu pengiriman ada juga sub menu pengaturan pengiriman. Anda bisa memilih berbagai jasa kirim yang dapat digunakan untuk mengirim produk.  Jika ingin melakukan pengiriman massal, maka Anda juga bisa menggunakan bantuan sub menu di dalam menu pengiriman.

2. Menu Pemesanan

Menu pemesanan bersisi detail status pesanan yang belum bayar, perlu dikirim, dikirim, selesai, pembatalan, dan pengembalian. Anda juga bisa melihat rincian data pesanan yang pernah masuk dan sudah selesai dikerjakan.

3. Menu Produk

Di dalam menu produk, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan tentang produk mulai dari menambahkan produk baru, arsipkan produk, bahkan menghapus produk.  Selain itu, ada juga informasi tentang daftar pelanggaran yang mungkin pernah dilakukan oleh pihak toko.

4. Menu Promosi Saya

Fitur atau menu Promosi Saya merupakan menu yang akan sangat bermanfaat dan berguna untuk meningkatkan penjualan produk. Berbagai pilihan fitur promosi dapat dipilih dan digunakan agar produk semakin dikenal banyak user Shopee, sehingga penjualan pun akan semakin meningkat.

5. Menu Keuangan

Administrasi  tentang data keuangan toko dapat dilihat melalui menu keuangan Shopee Seller Center. Menu yang satu ini keamanannya sangat dijaga oleh pihak Shopee. Anda bisa mengakses menu ini dengan memasukkan password dan melakukan verifikasi akun.

6. Menu Data

Shopee memberikan bantuan kepada para penjual dengan menghadirkan analisis grafik bisnis penjualan melalui menu yang satu ini. Anda dapat melihat analisis data penjualan, pemesanan, tingkat konversi, total pengunjung, produk dilihat, dan penjualan per pesanan.

7. Menu Perkembangan Penjualan

Menu selanjutnya yang ada di dalam dashboard Shopee Seller Center adalah menu perkembangan penjualan. Di dalam menu ini, Anda bisa melihat berbagai misi yang ditawarkan pihak Shopee untuk semua penjual.

Setiap misi yang dapat dituntaskan akan memberikan penjual hadiah berupa koin penjualan, saldo iklan, dan berbagai hadiah lainnya. Di dalam menu ini juga ada panduan penggunaan, sehingga Anda tidak perlu bingung dalam menjalankan misi.

8. Menu Layanan Pembeli

Menu layanan pembeli berisi dua fitur utama yaitu asisten chat dan asisten FAQ. Kedua fitur tersebut dapat membantu memberikan jawaban otomatis kepada pembeli yang menghubungi Anda. Pastinya fitur ini dapat membuat Anda terlihat lebih responsif di mata pembeli maupun calon pembeli.

9. Menu Toko

Menu toko merupakan menu di dashboard Shopee Seller yang dapat digunakan untuk membantu membangun profil toko agar terlihat lebih menarik. Penjual pemula yang baru bergabung dalam Shopee Seller Center harus masuk ke menu ini untuk melakukan pengaturan dasar toko.

Selain itu, di dalam menu ini juga terdapat laporan toko yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data penjualan maupun data lainnya.

10. Menu Pengaturan

Menu terakhir yang ada di dalam Shopee Seller Center adalah menu pengaturan. Seperti namanya, di dalam menu ini, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan, seperti alamat toko, akun, dan lain sebagainya. Fitur terbaru yang ada di dalam menu ini adalah platform partner.

Penutup

Daftar Shopee Seller dapat dilakukan dengan mudah dengan cara di atas. Setelah melakukan pendaftaran, pastikan untuk melakukan pengaturan toko. Lanjutkan juga dengan menggunakan semua fitur atau menu Shopee Seller dengan baik agar kinerja toko menjadi optimal.

Demikian pembahasan seputar cara mendaftar dan fitur-fitur yang ada di dalam Shopee Seller Center. Jika Anda kesulitan dalam mengelola akun bisnis pada e-commerce, HiToko memiliki fitur omnichannel yang bisa memerikan solusi untuk membantu mengelola bisnis Anda menjadi lebih mudah. Cari tahu lebih lanjut mengenai fitur HiToko dan coba gratis!

Banner HiToko