Home/Tips Marketplace/Cara Cek Poin Penalty Shopee dan Solusi Menyelesaikannya
Total Views: 1.256|Daily Views: 10

Cara Cek Poin Penalty Shopee dan Solusi Menyelesaikannya

Poin penalti shopee

Halo sahabat HiToko! Sebagai upaya untuk menjadi market place nomor 1 di Indonesia, Shopee terus melakukan pelayanan terbaik, salah satunya adalah pihak Shopee mengharuskan para sellernya untuk memberikan pelayan terbaik kepada pembeli. Apabila tidak, maka seller akan mendapatkan poin penalty Shopee.

Namun apakah Anda sudah mengetahui apa itu poin penalty dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Poin Penalty Shopee

Shopee memiliki sistem poin penalty bagi para seller. Sistem berbasis poin ini sebenarnya ada untuk menghargai para seller yang memberikan performa toko yang baik.

Poin penalty hanya akan diberikan kepada penjual yang tidak memenuhi standar untuk memenuhi apa yang pembeli cari. Tujuannya adalah sebagai bentuk peringatan pada penjual agar melakukan peningkatan pelayanan toko.

Bagi Anda yang saat ini menjadi seller Shopee, maka sangat penting untuk memperhatikan poin penalty ini. Karena apabila akumulasi poin penalty toko Anda sudah semakin banyak, maka Anda tidak bisa mendapatkan atau menggunakan fasilitas dan fitur yang tersedia di Shopee.

Bahkan bagi toko yang sudah memiliki status star seller bisa kehilangan status tersebut apabila mendapatkan banyak poin penalty.

Cara Cek Poin Penalty Shopee

Untuk mengetahui performa toko Anda dan mengecek poin penalty, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke Akun Seller Center

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk terlebih dahulu ke akun seller center.

  • Pilih Menu “Kesehatan Toko”

Selanjutnya klik menu “Kesehatan Toko” lalu pilih menu “Penalti Saya” pada halaman ini Anda akan mendapatkan informasi terkait rincian jumlah poin penalty dan penalty yang sedang berlaku.

Seperti contoh di bawah ini:

Poin penalti shopee

Terdapat beberapa jenis pelanggaran yang dapat menambah poin penalty Anda.

Jenis Pelanggaran Penalty Shopee dan Solusinya

Poin penalty akan diberikan pada penjual yang tidak memenuhi standar kualitas pelayanan Shopee. Pihak Shopee akan melakukan evaluasi setiap minggunya, yaitu pada hari Senin untuk memantau performa toko.

Berikut beberapa jenis pelanggaran yang menjadi penyebab penambahan poin penalty Shopee. Serta penjelasan kapan poin penalty Shopee hilang, atau jenis solusi yang bisa Anda lakukan

1. Penyelesaian Pesanan

Poin penalti shopee

Jenis pelanggaran ini berkaitan dengan pesanan yang tidak terselesaikan. Apabila penjual tidak menyelesaikan pesanan dari pembeli, maka Anda akan mendapatkan poin penalty.

Solusi untuk pelanggaran ini adalah, penjual bisa mengajukan banding terkait permasalahan apa yang menyebabkan terlambatnya proses penyelesaian pesanan. Anda bisa menghubungi Customer Service Shopee untuk menangani hal tersebut.

2. Keterlambatan Pengiriman

Poin penalti shopee

Adanya keterlambatan pengiriman juga bisa menjadi penyebab toko Anda mendapatkan poin penalty.

Keterlambatan pengiriman bisa terjadi karena trouble pada saat pengiriman oleh kurir. Untuk itu, cara menghilangkan poin penalty Shopee pada pelanggaran ini adalah Anda mengajukan banding dengan memberikan bukti ataupun surat pernyataan bahwa permasalahan ada pada jasa kurir.

3. Mengunggah Produk yang Dilarang

Poin penalti shopee

Bentuk pelanggaran mengupload produk Shopee berkaitan dengan menjual produk ilegal atau produk-produk yang tidak sesuai dengan peraturan Shopee, produk tanpa lisensi, produk penjualan tidak akurat, dan menaikkan harga produk pada saat sebelum melakukan promo.

Untuk solusi permasalahn ini, penjual bisa melakukan banding dengan melampirkan surat izin dagang produk yang dijual di Shopee.

Terkait menaikkan harga produk, Anda juga bisa melampirkan bukti pendukung seperti invoice harga produk yang Anda jual sebelum promosi tidak terdapat perubahan harga sama sekali.

4. Respon Chat Pembeli  

Poin penalti shopee

Dalam hal ini penjual akan mendapatkan poin penalty apabila melakukan pelanggaran pada saat merespon chat para pembeli.

Beberapa jenis isi chat yang termasuk dalam pelanggaran adalah penjual membalas chat dengan kalimat yang kasar atau kurang pantas secara etika. Selain itu, penjual meminta pembeli untuk melakukan pembatalan pesanan melalui chat. Atau yang terakhir ketika penjual memberikan respon chat kepada pembeli dengan konten-konten yang tidak pantas.

Solusi terkait jenis pelanggaran ini adalah Anda bisa melakukan klarifikasi dengan mengajukan banding melalui customer service Shopee. Anda bisa memberikan bukti dengan meminta pihak Shopee untuk melakukan pengecekan sistem penjual dalam merespon chat dari pembeli melalui akun Shopee.

Dengan demikian, pihak Shopee akan mengetahui sebenarnya Anda benar-benar melakukan pelanggaran atau tidak.

Itulah beberapa jenis pelanggaran di akun Shopee yang dapat menyebabkan toko Anda mendapatkan poin penalty Shopee.

Selanjutnya mengenai pengelolaan bisnis Anda di marketplace Shopee bisa Anda konsultasikan langsung dengan Omnichannel.

Omnichannel merupakan wadah terbaik dalam memaksimalkan bisnis. Sehingga dengan berkonsultasi dengan Omnichannel bisnis Anda akan semakin berkembang secara maksimal.

Anda bisa mengakses Omnichannel dengan cara mudah melalui HiToko.

Tunggu apalagi! Kembangkan bisnis Anda sekarang juga dengan mendaftar secara gratis di sini!

banner hitoko