Home/Tips Bisnis/Ketahui Cara Lengkap Melakukan Analisis Peluang Usaha
Total Views: 613|Daily Views: 1

Ketahui Cara Lengkap Melakukan Analisis Peluang Usaha

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Usaha merupakan salah satu kegiatan yang bisa memberikan dampak menguntungkan saat dijalankan dengan baik dan benar. Untuk Anda pemula yang ingin memulai sebuah usaha, maka ada baiknya Anda mengetahui analisis peluang usaha.

Analisis peluang usaha merupakan sebuah kunci untuk mendukung sebuah bisnis bisa berjalan sukses di masa depan. Kemudian ada beberapa analisis yang perlu Anda pelajari, berikut yang termasuk analisa peluang usaha, kecuali analisis promosi usaha.

Untuk lebih lengkapnya, mengapa kita harus mempelajari analisis peluang usaha maka Anda perlu mengetahui beberapa tujuan dan langkah dalam mempelajarinya. Informasi ini akan membantu Anda yang sedang mencari materi terkait analisis peluang usaha sebagai pemula.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Tentu saja, adanya analisis peluang usaha sangat berdampak bagi sebuah bisnis. Analisis ini mampu mencegah kerugian yang akan terjadi. Selain tujuan tersebut, ada tujuan analisis peluang usaha yang lain dan perlu Anda ketahui diantaranya adalah:

  • Cegah kebangkrutan sebuah usaha

Kita tentu tidak ingin mendapatkan risiko bangkrut dalam sebuah usaha, sebab bangkrut terjadi karena kerugian yang terlampau besar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Anda perlu lakukan analisis usaha.

Di sini Anda harus siap memikirkan cara meraih untung dan mencari jalan keluar saat menghadapi risiko. Untuk pemula memang banyak yang mengalami kegagalan karena belum banyak pengalaman. Namun jika dibekali dengan analisis peluang usaha, maka pebisnis bisa berhasil menghadapi kemungkinan buruk yang terjadi.

  • Adanya gambaran terkait nilai produk

Anda perlu mempunyai analisa terkait gambaran produk yang akan dimiliki dalam sebuah usaha. Gambaran ini mempunyai tujuan memberikan penilaian apakah produk akan diterima baik oleh public atau tidak.

  • Penentuan untuk hal pemasaran

Setiap usaha juga butuh pemasaran agar produk bisa dikenal oleh konsumen. Produk yang ditawarkan harus mempunyai jalan promosinya sendiri, sehingga Anda tidak bisa disamaratakan dengan produk atau usaha orang lain.

Untuk bisa menentukan pemasaran, maka Anda harus mengenal baik produk yang akan Anda jajakan.

  • Mengetahui Produk Paling Banyak di Pasar

Semakin banyaknya bisnis membuat jenis produk yang dijual juga beraneka ragam. Salah satu alasan mengapa melakukan analisis peluang usaha itu penting karena bisa mengetahui jenis produk apa yang paling banyak di pasaran sehingga anda tidak memilih produk yang sama untuk dijual.

Dari situlah bisa melihat peluang dan kesempatan untuk membuka jenis usaha baru yang diminati oleh orang-orang. Setidaknya jika memilih jenis produk yang sama harus ada pembeda dari yang lain sehingga memiliki sisi daya tarik tersendiri.

  • Berikan pengetahuan terkait persaingan di pasar

Adanya analisis peluang usaha bisa membantu Anda untuk menemukan pesaing Anda. Dengan begitu, Anda bisa membuat cara bagaimana menghadapi pesaing yang ada di pasar. Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan pasar memang harus dihadapi dengan semangat.

Jangan anggap ini menjadi masalah atau beban, namun Anda harus bisa membuat usaha Anda menjadi lebih baik.

  • Ketahui usaha memang layak untuk dijalankan

Jika Anda ragu apakah usaha Anda layak untuk dijalankan atau tidak, maka Anda bisa menemukan jawabannya dari analisis peluang usaha. Analisis peluang usaha bisa membantu Anda untuk menganalisa mulai dari produk yang Anda miliki, pemasaran, hingga pengembangan usaha yang bisa Anda lakukan.

  • Ketahui berapa lama usaha Anda bisa berjalan dengan baik

Pastikan Anda dapat menghitung berapa lama bisnis yang Anda rintis bisa berjalan dengan baik. Dengan itulah, kehadiran SWOT bisa memberikan petunjuk dan cara menghitung usaha tersebut bisa memungkinkan berjalan.

Jika peluang usaha yang akan dijalankan mempunyai masa depan yang cemerlang, maka Anda bisa melanjutkan memikirkan SWOT hingga business plan yang lebih tersusun hingga menemukan semua jawaban analisanya.

Keenam tujuan tersebutlah yang bisa Anda capai saat mengandalkan analisis peluang usaha dalam memulai sebuah usaha dan menjalankannya. Sekilas memang terlihat sepele, namun dampaknya bisa sangat terasa setelah dijalankan.

Analisis SWOT memang sudah biasa digunakan untuk membantu sebuah perusahaan dalam menetapkan strategi bisnis. Analisis ini juga bisa membuat Anda menelaah kembali keunggulan hingga masalah yang bisa saja terjadi dalam sebuah perusahaan.

Baca juga:

BACA  Mengulik Contoh Testimoni dan Kegunaannya

Persiapan Dalam Menganalisis Peluang Usaha

Bagi anda yang akan menjalankan bisnis berikut merupakan persiapan yang dapat dilakukan dalam menganalisis peluang usaha.

  • Menentukan tujuan bisnis
  • Mengumpulkan data dan fakta
  • Melakukan analisis data, fakta, dan informasi yang didapatkan
  • Merumuskan hasil analisis dengan tepat
  • Mencari pilihan alternatif dalam berbisnis
  • Membuat strategi bisnis yang efektif
  • Menyusun anggaran belanja
  • Menganalisis jenis produk atau jasa
  • Analisis produk yang akan dipasarkan

Langkah-langkah Analisa Peluang Usaha

Untuk pemula pasti masih bingung untuk memulai bagaimana kita membuat analisa peluang usaha. Tenang saja, ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Untuk pemula, Anda bisa mengandalkan analisis SWOT yaitu Strength, Weakness, Opportunity, Threat.

Selain menggunakan analisis SWOT, ada langkah lain yang bisa dilakukan. Berikut yang termasuk analisis peluang usaha kecuali analisis promosi usaha adalah:

  1. Kebutuhan pasar
  2. Kebutuhan materi
  3. Persaingan
  4. Pengembangan usaha yang dijalankan

Jika Anda sudah terjun dalam dunia bisnis maka Anda wajib memahami analisis ini. Sejatinya, saat ini sudah mudah dipelajari dan dilakukan secara otodidak karena sudah banyak contoh yang tersebar di media internet. Kita hanya berusaha untuk menerapkan sesuai usaha yang kita jalankan.

Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah untuk analisa peluang usaha maka Anda bisa terapkan hal berikut:

  • Lakukan analisis SWOT

Analisis ini bisa membantu Anda untuk menemukan kekuatan, peluang, kekurangan, dan ancaman. Untuk faktor internal maka terdapat kekuatan dan kekurangan dalam menjalankan usaha sedangkan faktor eksternal terdapat analisis terkait ancaman dan peluang.

Analisis ini mampu menjabarkan semua hal tersebut, tentunya Anda perlu melakukan riset untuk menemukannya.

  • Lakukan Analisis 5W+1H

Selanjutnya Anda bisa gunakan analisis 5W yaitu What, Where, When, Why, Who dan 1H yang berarti How. Pertanyaan tersebut harus Anda jawab sebagai latar belakang mengapa Anda mendirikan usaha/bisnis tersebut. Pastikan Anda bisa menjawab 5W dan 1H tersebut.

  • Gunakan business plan

Selanjutnya Anda bisa memulai untuk membuat business plan. Business plan yang nantinya bisa tersusun rapi dapat membantu Anda menemukan investor yang bersedia dalam menyalurkan dana untuk usaha Anda.

Pada bagian ini, Anda perlu mencantumkan komponen penting di dalam business plan sehingga Anda bisa lebih luas dalam memproyeksikan bisnis yang sedang dijalankan. Jika dirasa sudah rapi dan mempunyai tujuan jelas maka biasanya Anda akan meraih dana dari pihak luar.

  • Gunakan Bisnis canvas

Memperkuat konsep bisnis Anda lewat bisnis canvas. Bisnis canvas di sini meliputi beberapa aspek seperti :

  • Segmen konsumen secara umum
  • Nilai dan manfaat dari produk yang bisnis Anda jual
  • Metode dan media yang cocok untuk mempromosikan produk sesuai segmen konsumen
  • Gambaran mengenai aktivitas dan kebutuhan operasional bisnis Anda sehari-hari.
  • Lakukan studi kelayakan dalam menjalankan usaha

Penting sekali melakukan studi untuk menilai kelayakan usaha yang dijalankan. Analisis ini memang diperlukan untuk Anda yang statusnya baru mendirikan usaha.

Pada sesi ini, Anda bisa lebih detail dalam mencari informasi ide bisnis yang bisa dipublikasikan atau tidak.

Modal Untuk Dirikan Usaha

Seperti yang kita ketahui Bersama untuk membuka sebuah usaha pasti membutuhkan omset yang sangat banyak. Modal inilah yang membuat orang-orang menjadi mundur dan berpikir kembali untuk memulai usaha karena nilai modalnya sangat besar.

Hanya saja, Anda tidak perlu khawatir atau cemas. Anda tetap bisa melakukan peminjaman modal untuk usaha melalui modal rakyat dan lain sebagainya. Umumnya jumlah dana yang bisa diajukan mulai 500 ribu hingga 2 miliar.

Uang dengan nominal yang besar merupakan salah satu penyebab orang enggan membuat sebuah usaha. Jika Anda tetap yakin ingin mendirikan sebuah usaha dengan modal yang besar, maka Anda bisa lakukan ajukan pinjaman dengan alasan ingin membuat sebuah usaha.

Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!

banner hitoko