Ini Ternyata Cara Agar Usaha Maju dan Berkembang
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Membuka usaha itu memang tidak mudah karena sudah terbukti banyak yang memulainya, banyak juga yang gagal. Oleh karena itu, jangan asal modal nekat. Anda wajib tahu beberapa cara agar usaha maju dan berkembang yang akan dibahas dalam 3 poin utama berikut ini.
Tips-Tips Jitu Untuk Mengembangkan Usaha
Pada poin pembahasan pertama ini, kita akan membeberkan bagaimana cara agar usaha kita maju dan berkembang lewat tips-tips berikut:
1. Lakukan Analisis Pasar
Usaha yang mampu meraih kesuksesan adalah usaha yang memprioritaskan kepuasan konsumen di atas segalanya. Baik itu memberikan kepuasan dengan membuat produk yang relevan dan berkualitas, maupun memberikan pelayanan yang prima.
Lalu, bagaimana cara mengetahui seperti apa produk yang relevan ataupun metode yang tepat dalam melayani konsumen? Ya, Anda harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu untuk memetakan apa yang sedang tren pada saat itu.
Selain itu, analisis ini juga berfungsi supaya Anda dapat menentukan siapa target konsumen yang paling tepat untuk bisnis Anda nantinya. Bila sudah mengerti siapa target konsumen yang ingin Anda tuju, maka nantinya merancang strategi pemasaran juga akan lebih mudah.
Salah satu cara paling sederhana dalam melakukan analisis pasar adalah dengan menggunakan sistematika SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat).
a. Strength
Strength dalam konteks bisnis adalah aspek-aspek yang menjadi potensi dari dalam yang ada pada bisnis Anda saat ini. Potensi ini yang dapat Anda gunakan untuk meraih keunggulan dari kompetitor.
b. Weakness
Pada bagian weakness, Anda memetakan segala aspek yang menjadi titik lemah di dalam bisnis Anda sekarang. Titik lemah ini yang dapat menghambat Anda meraih tujuan bisnis dan memperoleh kemenangan dari para pesaing.
c. Opportunity
Dalam opportunity, Anda memprediksikan dan menganalisis apa saja kira-kira aspek dari luar yang dapat menjadi peluang untuk kesuksesan usaha Anda. Namun, perlu Anda camkan bahwa analisis peluang usaha di sini bukan hanya untuk jangka pendek tapi juga untuk jangka panjang.
d. Threat
Seperti 2 sisi mata koin, aspek dari luar bukan hanya dapat menjadi peluang tapi juga mengancam keberlangsungan usaha Anda. Ancaman-ancaman inilah yang juga perlu Anda observasi agar apabila benar terjadi nanti, Anda sudah siap antisipasi.
Dari penjelasan metode SWOT tersebut, Anda dapat menangkap suatu pelajaran yang penting. Dalam berbisnis, Anda harus selalu siap luar dan dalam untuk bertahan dan memenangkan persaingan.
2. Optimalkan Teknologi
Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, menguasai teknologi adalah hal mutlak yang harus Anda kuasai. Media sosial maupun platform e-commerce sudah merupakan makanan sehari orang-orang Indonesia, baik itu dari kalangan muda ataupun tua.
Oleh karenanya, mempromosikan produk lewat media-media digital sudah merupakan kewajiban jika ingin jualan Anda terekspos ke lebih banyak orang.
3. Tidak Cepat Berpuas Diri
Dalam bukunya yang berjudul “Think Like There Is No Box”, Ahmad Bambang menyatakan poin yang sangat penting. Poin yang harus Anda perhatikan sebagai cara agar perusahaan berkembang yaitu jangan pernah berpuas diri.
Sudah ada contoh perusahaan besar yang jatuh karena terlena dengan kesuksesannya, seperti Kodak dan Nokia. Jadi, milikilah sikap mental untuk selalu mau belajar hal-hal yang baru agar lebih mengembangkan bisnis Anda lagi.
Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Dalam Pengembangan Usaha
Supaya Anda dapat melaksanakan cara mengembangkan usaha tersebut dengan lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Jangan Sampai Kehilangan Kreativitas
Memiliki kreativitas yang tinggi itu memang penting, terutama dalam hal mengembangkan bisnis online.
Alasannya karena faktor utama yang menentukan kesuksesan bisnis online itu adalah seberapa bagus konten yang Anda sajikan. Semakin kreatif penyajiannya, maka peluang untuk menarik konsumen semakin besar.
2. Pastikan Segala Data Transaksi Tercatat dengan Rapi
Maju tidaknya usaha bukan hanya tergantung dari seberapa detail strategi pengembangan usaha yang telah Anda buat. Melakukan evaluasi apakah strategi sudah berjalan sesuai harapan juga sangat penting.
Sementara, efektif tidaknya evaluasi ini tergantung dari seberapa rapi dan detail data-data transaksi yang telah tercatat. Jangan bayangkan catatan ini akan sangat rumit, catatan transaksi juga bisa Anda buat sederhana namun tetap sistematis.
Cara Mengukur Kesuksesan Bisnis
Untuk menilai seberapa sukses usaha Anda sejauh ini, maka ada beberapa parameter yang bisa Anda pakai:
- Seberapa banyak pertumbuhan traffic yang telah konten Anda peroleh.
- Persentase pertumbuhan laba yang usaha Anda peroleh.
- Keberhasilan Anda mengonversikan konsumen menjadi pelanggan setia.
- Perbandingan testimoni positif dan negatif dari konsumen setelah membeli produk dan merasakan pelayanan Anda.
Perkembangan yang pesat seperti sekarang juga sudah menyediakan teknologi seperti produk omnichannel dari HiToko. Produk ini mampu membantu Anda mengelola bisnis secara menyeluruh, meliputi:
- Merespon konsumen dari berbagai media promosi yang Anda miliki lewat satu pintu. Anda jadi tidak perlu repot membuka media promosi tersebut satu per satu.
- Melakukan pencatatan secara otomatis terhadap barang yang masuk dan keluar untuk meminimalisir kesalahan data stok barang.
Jadi jangan ragu lagi, segera terapkan cara agar usaha maju dan berkembang di atas dan nikmati kesuksesan dalam bisnis Anda. Jangan lupa juga registrasi gratis di HiToko untuk makin mengefisienkan pengelolaan usaha tersebut.