Home/Tips Marketplace/Call Centre Marketplace: Fungsi dan Tugasnya
Total Views: 130|Daily Views: 1

Call Centre Marketplace: Fungsi dan Tugasnya

Call centre

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Setiap perusahaan pasti memiliki call centre atau pusat panggilan yang akan memberikan informasi kepada para pelanggan tak terkecuali marketplace. Saat ini, salah satu bisnis yang sangat populer untuk dijalankan adalah startup online. Memiliki toko online yang ada di berbagai marketplace juga bisa menjadi salah satu kegiatan Anda dalam menjalankan bisnis kekinian.

Pengertian Call Centre

Berbicara tentang call center atau pusat panggilan, tahukah Anda pengertian istilah tersebut? Call centre adalah salah satu departemen layanan pada sistem informasi yang terdapat pada berbagai perusahaan, yang digunakan untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh para pelanggan mengenai produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.

Jadi, call center ini memiliki tugas dan kewajiban untuk memberikan informasi kepada para pelanggan dengan cara melakukan suatu panggilan baik itu panggilan masuk ataupun panggilan keluar.

Fungsi dan Manfaat Call Centre Di Marketplace

Adapun fungsi call centre itu sendiri di antaranya sebagai pusat layanan pelanggan yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang produk atau jasa. Tidak hanya itu, layanan panggilan ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan keluhan berdasarkan produk atau jasa yang sudah dipakai pelanggan.

Dalam menerima panggilan tersebut, call center akan menjawab pertanyaan dari para pelanggan mulai dari spesifikasi suatu produk hingga semua masalah teknis yang mungkin dialami oleh para pelanggan. Nah, manfaat call center itu sendiri ada beberapa bagi sebuah perusahaan atau marketplace yaitu:

  • Meningkatkan layanan pelanggan

Manfaat yang pertama yaitu membantu bisnis Anda dalam meningkatkan layanan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya layanan dari perusahaan yang menyediakan call center selama 24 jam dalam sehari di setiap harinya.

  • Mampu mengumpulkan feedback dari pelanggan

Manfaat selanjutnya yaitu pengumpulan feedback dari pelanggan. Ketika melakukan panggilan, selain pelanggan yang mendapat informasi terkait produk atau jasa, perusahaan juga mendapatkan informasi tentang pelanggan melalui pertanyaan yang dilontarkan ataupun umpan balik yang diberikan.

Adapun call center pada marketplace ini sendiri bisa memberikan Anda solusi ketika Anda berbelanja di sebuah marketplace dan memiliki kendala ataupun masalah. Perbedaannya dengan call center yang ada pada ekspedisi pengiriman adalah call center ekspedisi pengiriman hanya mengurus perihal masalah pengiriman yang dialami pelanggan seperti adanya keterlambatan atau hal lain yang berhubungan dengan pengiriman.

BACA  Sales Taking Order : Apa itu Sales TO, Jenis dan Karirnya

Jadi jika masalah yang Anda hadapi berhubungan dengan hal tersebut namun yang Anda hubungi adalah call center marketplace, maka admin tersebut akan meneruskannya ke call center ekspedisi untuk ditindaklanjuti.

Tugas dan Kontak Call Center Marketplace

Tugas call center yaitu untuk memberikan informasi secara detail tentang produk atau jasa, melakukan penjualan, serta memberikan solusi terbaik terhadap masalah yang sedang dihadapi pelanggan. Nah, sedangkan tugas call center selain di marketplace yaitu meneruskan panggilan langsung. Contohnya ketika Anda melakukan panggilan ke call center bank atau provider.

Di bawah ini merupakan beberapa call center marketplace yang ada di Indonesia.

Call centre Tokopedia

Untuk menghubungi call center Tokopedia, Anda bisa melakukan beberapa cara. Cara yang pertama, Anda bisa menghubungi pusat bantuan dengan cara klik menu pengaturan, pilih pusat bantuan, dan klik hubungi kami. Pada halaman ini, Anda akan diminta untuk menuliskan masalah Anda secara rinci beserta foto halaman yang bermasalah.

Cara yang kedua, Anda bisa melakukan invoice transaksi dengan cara klik daftar transaksi dan pilih transaksi bermasalah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur live chat untuk komplain atau meminta bantuan.

Call centre Shopee

Hampir sama dengan Tokopedia, namun cara menghubungi pusat panggilan di Shopee lebih sederhana. Hal tersebut karena Shopee memiliki nomor contact center yang bisa langsung Anda hubungi. Adapun nomor contact center Shopee yaitu 1500702.

Call centre Lazada

Nomor contact center Lazada adalah (021) 8063. Jika Anda memerlukan bantuan atau terdapat komplain yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung menghubungi kontak center dan layanan tersedia selama 24 jam.

Call center Blibli

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan atau hal-hal yang ingin dikomplain, Anda bisa langsung menghubungi contact center Blibli di (021) 25556060. Jadi jika fitur chat admin berkendala, Anda bisa langsung menghubungi contact center di atas.

Itulah beberapa kontak call centre marketplace yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki toko online di berbagai marketplace seperti yang disebutkan di atas, Anda mungkin bingung bagaimana cara mengelolanya bukan?

HiToko memiliki solusi untuk Anda. Dengan produk Omnichannel yang dimiliki, platform multichannel ini akan membantu Anda dalam mengintegrasikan semua toko online yang Anda miliki hanya dalam satu platform saja. Anda tidak perlu khawatir karena platform ini menawarkan registrasi gratis, tunggu apalagi?

Banner HiToko