Home/Strategi Marketing/Branding Produk: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya
Total Views: 214|Daily Views: 1

Branding Produk: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Branding produk

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Product branding merupakan penggunaan nama, simbol, istilah, ataupun desain guna memberikan suatu identitas unik pada produk di pasaran. Menghasilkan suatu branding produk yang berhasil tentunya penting. Caranya yaitu dengan menulis serta menerapkan strategi untuk produk serta merek yang terarah.

Apa Itu Branding Produk?

Product branding merupakan simbol ataupun desain yang memberikan identitas pada produk supaya berbeda di pasaran. Hal ini bisa dilihat secara mudah pada toko ataupun supermarket yang mana produk akan diberikan suatu merek, warna, desain, dan lainnya yang unik.

Elemen penting yang berperan dalam product branding dapat berupa pesan, kemasan, deskripsi, nama, desain dan logo. Seluruh bagian tadi nantinya bisa terhubung dengan konsumen dengan lebih emosional, yang mana ini adalah ide inti agar dapat mempengaruhi perasaan serta perilaku dari konsumen.

Apa Fungsi Branding?

Tentunya tujuan branding produk ada banyak dan sebaiknya diimbangi dengan strategi yang tepat supaya tujuan tadi bisa tercapai. Adapun beberapa tujuan dari product branding tadi sebagai berikut ini.

  • Membangun citra perusahaan

Ketika perusahaan mempunyai citra yang bagus maka jasa maupun produk yang ditawarkan perusahaan akan lebih mudah untuk dikenali. Branding secara kuat bisa menghasilkan citra yang bagus dan tentunya citra tadi dipengaruhi pula dengan kualitas produk dan lainnya.

  • Memberikan ciri khas

Produk dengan ciri khas yang kuat tentu saja akan membuat produknya lebih mudah dikenali. Hal ini karena branding yang dilakukan memberikan sebuah penanda ataupun ciri khas pada produknya.

  • Promosi serta daya tarik

Aktivitas branding produk harus dilakukan dengan maksimal serta semenarik mungkin. Jika aktivitas tadi mempunyai keunikan serta berhasil memikat masyarakat, produk maupun perusahaan memiliki potensi menjadi terkenal.

  • Alat pengendali pasar

Jika branding sukses dilakukan maka perusahaan tadi memiliki kemungkinan bisa mengendalikan pasar. Hal ini karena kecenderungan masyarakat untuk memakai produk ataupun jasa yang telah dikenal secara luas.

Kenali Manfaat Branding Produk

Tentunya kegiatan product branding bisa memberikan beberapa manfaat untuk perusahaan yang menerapkannya.

  • Merek produk bisa diposisikan serta diarahkan dengan unik di suatu segmen, yang mana ini bertujuan supaya merek mendapatkan kumpulan asosiasi dan juga pendiriannya sendiri.
  • Branding produk bisa dipergunakan untuk pembeda produk antar perusahaan. Tentunya dengan adanya perbedaan tadi, para pelanggan menjadi lebih mudah dalam terhubung dengan merek yang Anda miliki.
  • Product branding tadi juga akan memungkinkan suatu perusahaan untuk bisa menjelajahi area aktivitas pada hal yang tidak terkait. Bahkan orang-orang tidak akan menyadari jika barang yang ada di pasaran mempunyai akar perusahaan yang sama.
  • Tentunya dengan product branding yang tepat, konsumen menjadi lebih mudah dalam menentukan merek yang dibutuhkan. Sebagai contoh, saat merek deterjen A terkenal akan kemampuannya dalam membersihkan noda, konsumen akan cenderung memilih deterjen A ketika mengalami situasi tersebut.
  • Product branding juga bermanfaat membuat perusahaan menjadi lebih inovatif serta bebas risiko. Jadi ketika merek Anda sudah terkenal, maka ketika ada produk baru yang serupa maka tidak akan berpengaruh apa-apa kepada Anda.
  • Product branding juga berguna untuk menghindari kebingungan yang ada di pasaran. Maka sebaiknya, buatlah merek yang harus bisa mewakili produk tadi secara tunggal. Merek yang dihadirkan harus bisa memberikan konsep, ide, logo untuk branding dan lainnya secara jelas.

BACA  Cara Promosi Makanan di Sosial Media Yang Efektif

Contoh Branding

Beberapa dari Anda tidak menyadari bahwa sudah terdapat contoh branding produk yang telah sukses dilakukan beberapa brand. Berikut ini adalah contohnya.

  • Produk branding Coca-Cola

Branding yang dilakukan merek ini sangatlah konsisten seperti desain, iklan, logo, dan pengemasan yang cenderung sama sampai sekarang. Coca-Cola mengambil manfaat pada product packaging dengan visual sederhana namun sangat efektif.

  • Produk branding McDonald’s

Merek ini terkenal dengan logonya yang klasik serta berwarna cerah. Kunci brandingnya terletak pada konsistensi kualitas produk, serta harganya yang tergolong murah menjadi salah satu alasan kenapa banyak pelanggan memilihnya.

  • Produk branding Nike

Logo swoosh yang dipakai memang sudah menjadi legenda. Hal ini diikuti dengan endorsement kepada para atlet selebriti untuk merepresentasikan brand Nike ini.

Melihat beberapa contoh dari branding produk ini tentunya Anda sudah memahami pentingnya branding produk. Dengan strategi yang tepat, produk bisa terkenal dan menguasai pasaran.

Untuk pemilik toko online, Anda bisa melakukan product branding dengan meningkatkan layanan yang dimiliki dengan menggunakan layanan dari HiToko berupa omnichannel.

Produk omnichannel akan mengintegrasikan toko online sehingga pelayanan menjadi lebih cepat. Jika layanan yang diberikan baik, tentu pelanggan akan senang berbelanja di toko Anda dan bisa menjadi pelanggan setia. Jangan ragu lagi, segera lakukan registrasi gratis untuk bisa menikmati semua layanan dari omnichannel ini.

Banner HiToko