Home/Tips Bisnis/Berikut yang Bukan Merupakan Bentuk Kolaborasi Dalam Industri Adalah?
Total Views: 972|Daily Views: 18

Berikut yang Bukan Merupakan Bentuk Kolaborasi Dalam Industri Adalah?

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Apakah pernah mendengar istilah kolaborasi dalam bidang industri? Banyak pelaku bisnis dalam dunia industri yang sudah menjalin kerja sama atau kolaborasi untuk membuat bisnis berkembang dengan lebih baik. Dengan demikian kolaborasi yang dilakukan dalam bidang industri merupakan jenis kerja sama yang dilakukan dalam kerja sama bisnis atau yang berkaitan dengannya. Berikut yang bukan merupakan bentuk kolaborasi dalam industri adalah seperti kolaborasi yang dilakukan dalam lembaga pendidikan seperti kolaborasi tenaga ahli pendidik, kolaborasi bidang untuk penelitian, kolaborasi jenis dokumen dan lain sebagainya.

Pengertian Kolaborasi Industri

Kolaborasi industri umumnya terjadi ketika dua industri yang berbeda melakukan kerja sama untuk mendapatkan strategi bisnis yang efektif untuk membuat bisnis berkembang dan berhasil maju. Tujuan dari dilakukannya kolaborasi adalah agar supaya bisa mendapatkan keunggulan dalam daya saing yang ada di pasar usaha, untuk memperluas jangkauan target pasar dan mendapatkan target khusus lainnya. Berikut ini adalah beberapa bentuk kolaborasi yang dilakukan dalam bidang industri.

  • Dengan pengembangan sistem bisnis

Bentuk yang pertama adalah dengan melakukan kolaborasi di antara produsen, supplier, distributor dan penjual sehingga akan terbangun sebuah sistem bisnis yang lebih efektif serta efisien untuk kelangsungan bisnis kedepannya.

  • Kerja sama untuk saling melengkapi produk

Bahwa kolaborasi dilakukan antar dua industri yang memberikan layanan atau produk yang memiliki cara kerja atau manfaat saling melengkapi. Dengan tujuan untuk memberikan kemudahan pada pengguna layanan atau produk dari kedua industri tersebut.

  • Untuk menciptakan jenis atau varian produk baru

Kemudian bentuk dari kolaborasi dalam bidang industri yang selanjutnya adalah untuk menciptakan jenis dan varian baru dari sebuah produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu biasanya dilakukan riset mendalam terlebih dahulu sehingga bisa diketahui jenis produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat masa kini.

Aspek Penting yang Berpengaruh Pada Kolaborasi Industri

Adapun dalam melakukan kolaborasi dalam bidang industri, penting untuk diperhatikan tentang beberapa faktor atau aspek yang memiliki pengaruh pada jenis kolaborasi yang dilakukan. Untuk faktor pendorong yang memberikan pengaruh pada kolaborasi adalah :

  • Struktur jaringan bisnis

Bahwa harus ada kesepakatan yang diketahui bersama bahwa sedang dilakukan kolaborasi atau kerja sama sehingga bisa saling membantu dan melengkapi untuk satu tujuan yang sama. Dengan begitu, rencana kolaborasi tersebut paling tidak harus diketahui oleh struktur utama dalam jaringan bisnis yang terkait.

  • Komitmen untuk mencapai tujuan bersama

Harus ada komitmen yang dibuat untuk mencapai tujuan dilakukannya kolaborasi secara bersama. Komitmen dibuat agar supaya kedua industri bisa berjalan bersama, beriringan, saling membantu dan saling melengkapi sehingga bisa tercapai tujuan yang sudah ditetapkan.

  • Tanggung jawab yang dibagi secara adil dan merata

Bahwa dalam kolaborasi juga sangat penting untuk memperhatikan tentang tanggung jawab yang dimiliki masing-masing bisnis industri. Sehingga satu sama lain mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya selaku rekan bisnis yang melakukan kolaborasi.

  • Saling berbagi informasi

Sangat penting untuk melakukan berbagi informasi terutama dalam hal kerja sama yang dilakukan. Sehingga tak ada satu pihak yang hanya ingin mendapatkan keuntungan secara sepihak, tanpa memikirkan keuntungan untuk rekan kolaborasi dalam bisnisnya.

Sedangkan untuk faktor penghambat dari dilakukannya kolaborasi dalam bidang industri adalah untuk faktor akses yang dimiliki ke sumber daya yang dimiliki. Dalam sebuah kolaborasi, sumber daya menjadi satu hal yang membuat kolaborasi berjalan dengan sukses atau tidak. Dalam hal ini, kedua industri harus bisa memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya untuk tercapainya tujuan dilakukannya kolaborasi dalam bidang industri.

Beberapa industri lainnya juga memberikan informasi bahwa terdapat penghambat lainnya ketika melakukan kolaborasi dalam bidang industri, seperti faktor karakter dari bidang industri tertentu, kemampuan yang dimiliki industri dalam melakukan kolaborasi hingga komunikasi yang terjalin antar kedua industri yang bekerja sama.

BACA  Sub Account Shopee: Sistem Untuk Memudahkan Bisnis Anda

Baca juga:

Manfaat Kolaborasi Industri Untuk Kepentingan Bisnis

Lalu apa saja yang menjadi manfaat dari dilakukannya kolaborasi dalam bidang industri untuk kepentingan bisnis?

  • Untuk berbagi informasi dan pengetahuan

Manfaat yang pertama adalah untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan sehingga bisa membuat sebuah inovasi atau terobosan baru yang sekiranya bisa menjadi produk dan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak

Bahwa pemilik bisnis bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari meningkatnya kegiatan penjualan produk atau layanan dalam bisnis industri mereka.

  • Untuk menjadi strategi pasar yang efektif

Dengan melakukan kolaborasi maka bisa membentuk sebuah layanan atau produk yang lebih kreatif, inovatif dan lain daripada yang lain sehingga secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan pangsa pasar dalam bisnisnya.

  • Untuk memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas

Kolaborasi juga bermanfaat untuk mendapatkan target pelanggan yang lebih luas, lebih loyal dan mampu untuk mendapatkan calon target pasar meski dari sektor yang berbeda sekalipun.

  • Untuk membantu branding bisnis industri

Kemudian manfaat yang terakhir adalah untuk membuat brand bisnis industri lebih dikenal luas oleh masyarakat. Diantaranya adalah dengan meningkatkan brand awareness dari produk atau layanan yang dipasarkan dalam bisnis.

Secara umum, dengan melakukan sebuah kolaborasi maka bisnis industri akan mendapatkan peningkatan kinerja industri terutama untuk beberapa hal berikut :

Untuk mengurangi biaya operasional karyawan industri

  1. Efektif untuk mengurangi biaya dan kebutuhan perjalanan bisnis
  2. Untuk memberikan dukungan pada program Go Green sehingga bisa menjalankan operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan
  3. Untuk menyelenggarakan jenis pelatihan jarak jauh sesuai kebutuhan industri
  4. Untuk meningkatkan manajemen proyek dalam industri

Berikut yang bukan merupakan bentuk kolaborasi dalam industri adalah:

  • Berbagi tenaga ahli

Kolaborasi yang dilakukan dalam bidang pendidikan adalah dengan berbagi pakar atau tenaga ahli yang ada dari beberapa lembaga pendidikan yang penyebarannya tidak merata terutama di area daerah pelosok. Tujuannya adalah untuk berbagi informasi, ilmu dan pengalaman pada semua calon ahli yang masih pemula dari lembaga pendidikan secara merata.

  • Untuk membantu membangun komunitas ahli

Kolaborasi juga dilakukan dengan tujuan untuk menjadi sebuah wadah terbaik untuk berbagi ilmu dan tempat belajar bagi para ahli yang masih pemula di bidangnya masing-masing. Banyak sekali komunitas ahli yang dibangun dari hasil kolaborasi dua universitas atau lembaga pendidikan untuk bisa mengembangkan keterampilan atau keahlian yang mereka miliki.

  • Untuk saling berbagi sumber daya

Kemudian bentuk kolaborasi dalam bidang pendidikan yang berikutnya adalah untuk berbagi sumber daya dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Seperti misalnya untuk kemudahan saling berbagi akses sumber belajar, akses jaringan perpustakaan digital. Perlengkapan penelitian di laboratorium hingga berbagi sumber dana untuk proyek penelitian yang dilakukan.

Layanan Omnichannel dari HiToko menjadi salah satu layanan aplikasi yang direkomendasikan jika Anda ingin melakukan kolaborasi dalam bidang industri yang tepat dan terencana. Diantaranya adalah dengan membantu mengelola bisnis yang terdiri dari berbagai bidang berbeda untuk diintegrasikan dalam kolaborasi industri yang tepat guna dan tepat sasaran.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!

Banner HiToko