Auto Reply WhatsApp: Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuatnya
HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Setiap pelanggan sebelum memilih produk yang akan dibeli pasti akan mencari informasi secara mendetail terlebih dahulu perihal produk tersebut. Oleh karena itu para pebisnis akan selalu menjaga kenyamanan pelanggan dalam memberikan customer experience yang positif salah satunya dengan menggunakan auto reply WhatsApp.
Tahukah Anda apa itu auto reply yang ada pada aplikasi WhatsApp? Pada artikel ini akan dibahas pengertian, fungsi, manfaat serta contoh dan penjelasan lainnya di bawah ini
Pengertian WhatsApp Auto Reply
Auto reply WhatsApp merupakan salah satu fitur yang ada pada WhatsApp Business yang digunakan dalam menjawab pesan yang masuk secara otomatis. Contoh auto reply yang biasa digunakan yaitu seperti greeting message, informasi tentang harga produk atau hal-hal yang dapat membantu para pelanggan untuk melakukan transaksi.
Dengan menggunakan fitur ini Anda akan selalu terhubung dengan pelanggan dimana pelanggan bisa menghubungi sebuah perusahaan bisnis kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kenyamanannya. Jadi meskipun toko online Anda sudah tutup dan berakhir jam operasionalnya, pelanggan tetap bisa menghubungi di luar jam tersebut serta bisa langsung direspons dengan auto reply ini.
Apa Saja Fungsi Dan Manfaat Fitur Auto Reply WhatsApp Business
Bagi yang ingin tahu fungsi dan juga fitur auto reply WA Business bisa simak informasi berikut.
-
Bisa merespons pesan pelanggan selama 24/7
Fungsi dan manfaat pertama yaitu bisa merespons pesan para pelanggan kapan pun yaitu selama 24/7 dan pastinya pesan yang didapat oleh pelanggan akan sangat cepat karena otomatis dibalas.
-
Dapat meningkatkan kedekatan dengan pelanggan
Jadi dengan menggunakan WhatsApp auto reply ini Anda akan bisa membangun percakapan yang responsif serta proaktif kepada pelanggan. Salah satu fitur yang bisa meningkatkan kedekatan tersebut adalah dengan menggunakan greeting message.
-
Hemat biaya
Manfaat yang didapat selanjutnya yaitu perusahaan yang Anda miliki bisa menghemat biaya karena untuk merespons pelanggan tidak memerlukan customer service yang selalu siap 24/7. Keberadaan customer service ini memang penting sekali.
Namun jika Anda ingin menghemat biaya maka Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan WhatsApp auto reply. Jadi meski tidak menggunakan customer service namun kepuasan pelanggan akan terus meningkat dengan dimilikinya kualitas pelayanan yang baik.
Adapun contoh auto reply WhatsApp yang bisa Anda terapkan pada WhatsApp bisnis yang Anda miliki yaitu dengan menggunakan kata kata auto reply WhatsApp sebagai berikut.
- Selamat datang di toko Best T-Shirt, apakah Anda tertarik membeli produk yang kami miliki atau Anda memiliki pertanyaan pada produk yang ingin dibeli? Silahkan ketik di sini. Terima kasih.
- Halo pelanggan setia “Toko Kita”! Lagi cari produk elektronik yang terbaru dan terlaris? Cek katalog toko dan dapatkan diskon hingga 30% bagi pelanggan baru. Promo ini berlaku pada tanggal 21-25 Februari 2023 loh. Tunggu apalagi jangan sampai ketinggalan dan menyesal!
- Halo pelanggan terhormat, mohon maaf toko kami tutup. Jika terdapat pertanyaan akan kami jawab pada jam kerja besok. Terima kasih atas kesabarannya.
Bagaimana Cara Membuat Auto Reply WhatsApp? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini
Untuk membuat auto reply WhatsApp tidaklah sulit dan berikut langkah-langkahnya.
-
Masuk ke WhatsApp Business
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu pastikan Anda sudah log in ke akun WhatsApp khususnya WhatsApp Business.
-
Klik pengaturan
Jika sudah masuk klik pengaturan dengan cara klik simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan akun Anda kemudian pilih opsi pengaturan atau setting.
-
Aktifkan send away message
Setelah itu Anda bisa mengaktifkan send away message dengan cara mengklik toggle sampai berubah menjadi warna hijau.
-
Edit template auto reply
Jika sudah sampai tahap ini maka selanjutnya Anda bisa menuliskan atau mengedit template auto reply yang Anda inginkan. Template inilah yang akan muncul sebagai balasan pesan kepada pelanggan.
-
Jadwalkan pesan
Setelah itu Anda bisa atur pengiriman pesan dengan menjadwalkan pesan kapan akan dikirim ke pelanggan.
-
Pilih penerima
Selanjutnya Anda juga bisa memilih penerima pesan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat memperoleh auto reply apakah hanya kontak Anda, teman dekat Anda atau semua yang mengakses nomor Anda bisa mendapat auto reply ini.
Adapun tips dalam memaksimalkan fitur dari auto reply WhatsApp Business bisa Anda lakukan dengan menggunakan kata-kata terbaik, menarik dan unik seperti contoh di atas. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan langkah-langkah yang diberikan di atas. Jadi tunggu apalagi, ayo segera aktifkan auto reply WhatsApp pada WA bisnis yang dimiliki.
Masih kewalahan juga dalam mengelola bisnis online yang dimiliki? Jangan khawatir karena HiToko memiliki solusi untuk Anda. Salah satu layanan yang bisa Anda nikmati adalah HiToko Chat dan juga layanan Omnichannel, bagi yang ingin tahu lebih banyak seputar layanan ini bisa registrasi gratis sekarang!