Home/Tips Marketplace/Pengertian Asuransi Pengiriman Tokopedia dan Cara Klaim
Total Views: 599|Daily Views: 2

Pengertian Asuransi Pengiriman Tokopedia dan Cara Klaim

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Transaksi secara online terutama pembelian barang itu sekarang sangat marak dan asuransi pengiriman Tokopedia menjadi penting. Proses pengiriman barang itu memang selalu memiliki risiko terjadinya kerusakan barang, perlindungan dari asuransi sangat membantu. Tersedia asuransi Tokopedia barang rusak yang terjadi karena proses pengiriman untuk keamanan dalam pembelian di Tokopedia.

Mengenai Asuransi di Tokopedia

Tokopedia bekerja sama dengan PT Panasonic Insurance Service Indonesia dalam menyediakan layanan asuransi PT Asuransi Toko Marine Indonesia. Asuransi ini akan melindungi transaksi yang kalian lakukan di Tokopedia mulai dari pengiriman awal, retur, dan pengiriman kembali. Ada beberapa kendala memang dalam pengiriman yang akan diatasi oleh asuransi dari Tokopedia ini, berikut di antaranya.

  1. Barang hilang keseluruhan yang akan ditanggung dengan asuransi Tokopedia barang hilang.
  2. Barang hilang atau rusak sebagian
  3. Barang yang rusak sebagian atau juga keseluruhan

Jadi asuransi yang disediakan oleh Tokopedia ini dilaksanakan oleh PT Panasonic Insurance Service yang bekerja sama dengan partner asuransi. Partner asuransi yang ditunjuk itu adalah PT Asuransi Toko Marine Indonesia dan partner asuransi inilah yang akan memberi penggantian klaim pada pengguna.

Ada beberapa poin dari asuransi yang disediakan oleh Tokopedia ini yang perlu kalian pahami, berikut ini beberapa poin umumnya.

  1. Asuransi pengiriman bukan lagi diberikan dari partner logistik yang dipilih pembeli, tapi menjadi tanggung jawab penuh partner asuransi.
  2. Penambahan premi untuk asuransi pengiriman Tokopedia itu tidak perlu dibayarkan oleh pengguna ketika berbelanja melalui Official Store. Tambahan premi tersebut akan ditanggung oleh Official store yang dipilih oleh pembeli.
  3. Premi asuransi yang dibayarkan oleh pengguna tidak akan masuk ke penjual, melainkan ke partner asuransi dari Tokopedia.
  4. Penggantian klaim asuransi itu hanya bisa didapatkan dari pembayaran di situs atau aplikasi. Jadi bila ada split payment, maka harga barang yang dibayarkan di aplikasi atau situs yang bisa diklaim.
  5. Bila barang yang dikirim tidak sesuai dengan permintaan pembeli maka asuransi akan menanggung biaya untuk pengembalian atau retur.

Pengertian Asuransi Pengiriman

Mari kita coba kenali dulu apa sebenarnya pengertian dari asuransi pengiriman tersebut supaya kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Asuransi pengiriman adalah sebuah produk yang akan memberikan ganti rugi jika terjadi kerusakan dan atau kehilangan barang selama pengiriman. Produk ini sangat membantu sekali bagi penjual yang menjual produk dengan nilai yang tinggi secara online.

Sebagai contoh pengiriman barang elektronik seperti laptop yang dikirimkan ke lokasi tertentu, risiko kerusakan selama pengiriman pasti ada. Asuransi pengiriman inilah yang akan memberikan jaminan penggantian ketika terjadi hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman laptop. Melihat kegiatan transaksi di Tokopedia, maka asuransi pengiriman Tokopedia menjadi satu hal yang dibutuhkan.

Baca juga:

Kegunaan Dari Asuransi Pengiriman

Dilihat dari pengertiannya, maka kita bisa lihat kalau fungsi asuransi pengiriman Tokopedia itu sangat besar dan juga sangat membantu. Kegunaan yang paling mendasar itu sudah pasti adalah untuk mengganti kerugian ketika terjadi kerusakan atau kehilangan pada barang selama pengiriman. Risiko dalam proses pengiriman itu memang selalu ada, adanya asuransi ini akan memberikan rasa tenang.

Pembeli jadi tidak perlu khawatir soal risiko tersebut, karena bila hal yang tidak diinginkan terjadi kalian bisa mendapatkan ganti rugi. Biasanya pengirim yang akan menyediakan asuransi supaya bisa lebih terjamin dan tenang dalam proses pengiriman barang. Namun di Tokopedia tersedia pihak partner asuransi sendiri yang membuat penjual pun tidak perlu menanggungnya lagi.

BACA  Memahami Apa itu Checkout Shopee dan Cara Melakukannya

Syarat Untuk Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

Untuk bisa klaim asuransi itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, jadi kalian harus tahu dengan baik syaratnya apa saja. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa syarat yang harus kalian penuhi untuk bisa melakukan klaim pada asuransi pengiriman yang disediakan Tokopedia.

  1. Waktu pengajuan klaim proteksi perjalanan, proteksi tagihan, proteksi elektronik itu maksimal 30 hari. Untuk proteksi layar retak dan kerusakan total itu maksimal 5 hari sejak kejadian kerugian.
  2. Harus melampirkan dokumen bukti seperti misalnya foto kerusakan atau video saat unboxing.
  3. Pengguna yang dapat mengajukan klaim adalah pengguna yang namanya tertera pada polis asuransi pengiriman Tokopedia.
  4. Klaim tidak akan bisa diajukan kalau status pesanan sudah selesai, jadi sebelum klik selesai pastikan kalian periksa barang dulu.
  5. Pembeli sudah memiliki asuransi pengiriman pada saat melakukan pembelian dan membayarkan tambahan premi.
  6. Asuransi pengiriman tidak berlaku bila pengiriman menggunakan kurir yang dipesan pribadi tanpa melalui aplikasi atau situs Tokopedia.
  7. Asuransi pengiriman juga tidak berlaku untuk makanan, minuman dan obat-obatan yang tidak terdaftar BPOM.
  8. Asuransi pengiriman tidak berlaku bila keterangan barang pada invoice berbeda dengan barang aslinya.
  9. Asuransi pengiriman tidak berlaku pada barang yang dilarang dijual belikan di Tokopedia.

Cara Claim Asuransi

Apabila kalian mengalami kendala atau hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman, maka kalian perlu tahu cara claim. Cara untuk klaim asuransi pengiriman Tokopedia itu sebenarnya cukup mudah lho, jadi kalian tidak perlu khawatir akan kesulitan. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana sih prosesnya, supaya kalian bisa melakukan klaim bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Langkah yang pertama itu adalah kalian harus ajukan klaim dulu ke situs atau aplikasi Tokopedia. Batas waktu komplain itu 2 x 24 jam yang mana syaratnya pembeli belum mengubah status pesanan menjadi selesai.
  2. Langkah yang kedua adalah pilih kategori asuransi yang ingin kalian klaim. Bila barang biasanya kategori polis belanja dan tagihan. Biasanya kalau kalian memiliki polis asuransinya pun akan tertera kalau ada polis yang aktif di sebelah tulisan kategori polis asuransi pengiriman Tokopedia.
  3. Langkah yang ketiga adalah pilih barang yang ingin kalian klaim dari polis yang sudah tersedia di sana. Setelah itu kalian ajukan klaim dari barang yang sudah dipilih itu.
  4. Langkah yang keempat adalah kalian harus mengisi formulir klaim yang sudah tersedia di Tokopedia. Masukkan nomor IMEI dan nomor seri dari barang dan kemudian pilih kondisi barang saat ini seperti apa. Masukkan juga estimasi biaya perbaikan, informasi produk, informasi tertanggung, kronologi, dan juga foto kerusakan.
  5. Langkah berikutnya setelah semua sudah lengkap, kalian bisa klik ajukan klaim.
  6. Proses berikutnya adalah Tokopedia akan melakukan investigasi terlebih dahulu untuk mencari tahu kebenaran kemungkinan terjadi kerusakan.
  7. Kalian akan mendapatkan informasi atau konfirmasi diterima atau ditolak pengajuan klaim setelah 3 x 24 jam.
  8. Bila klaim sudah disetujui maka ganti rugi dari asuransi itu akan diberikan melalui saldo Tokopedia yang kalian miliki.

Demikianlah langkah untuk klaim pada asuransi pengiriman Tokopedia.

Kabar Gembira! Anda mempunyai banyak toko di berbagai marketplace dan sulit untuk mengatur semuanya karena harus pindah-pindah aplikasi? Tenang, ada layanan OmniChannel dari HiToko yang membuat semua itu menjadi lebih mudah.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Registrasi gratis sekarang juga agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!