Mengenal Selebgram dan Pengaruhnya terhadap Konsumen
Selebgram adalah pengguna Instagram yang terkenal di kalangan pengguna lainnya, sehingga akun Instagram mereka memiliki banyak pengikut. Selebgram biasanya secara reguler mengunggah postingan di akun Instagramnya. Tak jarang mereka juga berinteraksi dengan pengikutnya dengan membalas komentar pada postingan, atau berbincang dengan menggunakan fitur Instagram live.
Saat ini, Instagram adalah salah satu platform yang memiliki pengguna terbanyak di Indonesia. Data menunjukkan bahwa pada April 2022 pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,9 juta pengguna aktif, menjadikan Indonesia sebagai negara keempat di dunia dengan pengguna Instagram terbanyak.
Popularitas Instagram di tengah masyarakat menjadi peluang bagi pelaku bisnis. Selebgram memainkan peran penting karena mereka cenderung dapat menghimpun dan mempengaruhi pengikut.
Itulah mengapa, endorsement produk adalah salah satu pundi utama selebgram menghasilkan uang. Bagi Anda pengguna Instagram, tentu tak asing melihat selebgram mempromosikan produk dari suatu brand. Biasanya, cara mereka untuk mempengaruhi pengikutnya adalah dengan mereview sendiri suatu produk dalam postingan Instagram mereka.
Endorsement menjadi lahan uang paling utama dan menggiurkan bagi selebgram. Selebgram professional memasang tarif dengan sejumlah ketentuan. Bisanya, tarif endorsement dibagi menjadi dua pilihan yaitu postingan menggunakan fitur instastory yang akan hilang dalam waktu 24 jam atau postingan feed Instagram yang memiliki jangka waktu tayang cukup lama sesuai kesepakatan.
Tarif endorsement selebgram yang terkenal dan memiliki pengikut serta engagement tinggi dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per satu kali postingan.
Pengaruh Selebgram pada Konsumen
Pada umumnya, kredibilitas selebgram berasal dari tiga aspek yaitu daya tarik, kepercayaan, dan keahlian. Maka dari itu, penting bagi pelaku bisnis untuk mengidentifikasi keterkaitan produk yang ingin dipromosikan dengan selebgram yang akan diajak bekerjasama.
Sebuah studi yang dilakukan oleh Jeannet & Handoko, 2018 dari Universitas Gadjah Mada bertajuk Instafamous: The Credibility of Instagram Influencers and Its Impact Consumer Behaviour in The Indonesia Beauty Product Market mendapati hasil bahwa kredibilitas selebgarm mempengaruhi perilaku pelanggan. Kepercayaan terhadap selebgram adalah yang paling penting terhadap perilaku pelanggan. Oleh karena itu, ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Selebgram Indonesia
1. Fadil Jaidi
Selebgram Fadil Jaidi terkenal karena postingan keakrabannya dengan Ayahnya Pak Muh dan kebersamaannya dengan semua anggota keluarganya. Saat ini, akun Instagramnya memiliki pengikut 8,1 juta. Fadil merupakan salah satu selebgram di Indonesia yang memiliki pengikut aktif setia. Engagement akun Instagram Fadil Jaidi mencapai 7,36%.
Kepopuleran Fadil Jaidi membuat banyak pelaku bisnis menggunakan jasanya untuk mempromosikan produk mereka. Saat melakukan endorsement Fadil biasanya akan mencoba atau mereview produk itu secara pribadi dan tak jarang mengajak Pak Muh dan anggota keluarganya yang lain, kemudian Fadil akan memberitahukan link pembelian produk jika pengikutnya berminat.
2. Jess No Limit
Jess No Limit adalah Selebgram sekaligus YouTuber terkenal dengan sejumlah postingan bertema game. Sampai saat ini, akun Instagramnya memiliki pengikut 7,3 juta. Akun Instagram Jess No Limit memiliki engangement mencapai 7,76%.
Spesialisasinya di dunia game, membuat dia kerap bekerjasama dengan brand game terkenal seperti Mobile Legends.
3. Keanu Angelo
Keanu angelo adalah selebgram tanah air yang memiliki pengikut mencapai 5 juta dengan engagement hingga 2,68%. Keanu terkenal dengan aksi dan komentarnya yang spontan menghibur pengikutnya.
Sebagai selebgram, Keanu sering diajak kerjasama dengan sejumlah pelaku bisnis untuk mempromosikan produk. Biasanya, Keanu akan mereview produk tersebut dengan gaya khasnya, kemudian Keanu akan memberitahukan link pembelian produk jika pengikutnya berminat.
Itulah hal-hal yang perlu anda ketahui terkait Selebgram dan pengaruh terhadap konsumen untuk meningkatkan bisnis anda. Anda juga bisa mengetahui lebih banyak terkait Navigasi Instagarm untuk mengoptimalkan performa Selebgram pada Instagram Bisnis anda. Tidak hanya itu, instagram juga menyediakan fitur untuk mengukur engagement audiences instagram anda melalui Insight Instagram. Untuk memudahkan distribusi produk, anda juga dapat menggunakan layanan Omnichannel dari HiToko yang dapat membantu Anda dalam mempermudah managemen bisnis anda.
Untuk Anda bisa menggunakan layanan OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!