Apa Itu Retur Pembelian dan Penjualan Beserta Manfaatnya
HiToko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Di era yang semakin modern seperti saat ini, masyarakat cenderung lebih memilih bertransaksi secara digital dengan menggunakan aplikasi marketplace. Namun salah satu kekurangan dalam transaksi online adalah, pembeli tidak bisa melihat secara langsung barang yang ingin mereka beli. Sehingga, barang tersebut kemungkinan terdapat cacat dan dikembalikan oleh pihak pembeli. Jika ini terjadi, penjual harus mencatat pengembalian tersebut sehingga pencatatan keuangan akan tetap terjaga. Hal ini yang biasa dikenal sebagai retur penjualan dan retur pembelian.

Tapi, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan retur penjualan dan pembelian? Apa kegunaan dari keduanya untuk bisnismu? Artikel ini akan mengupas secara tuntas definisinya lengkap dengan manfaat dan contoh format jurnal pencatatannya.
Pengertian Retur
Mungkin bagi sebagian dari kamu, istilah “retur” bukan sesuatu yang asing di telinga. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui arti pasti dari istilah retur itu sendiri.
Sederhananya, retur adalah proses atau upaya pengembalian barang yang sudah dibeli sebelumnya. Kata retur berasal dari kata bahasa Inggris ‘return‘, yang bermakna “pengembalian”. Tapi jangan salah, retur tidak hanya dilakukan oleh pembeli ke penjual lho, tapi juga dari penjual ke supplier. Simak penjelasan berikut ini!
Perbedaan Antara Retur Penjualan dan Pembelian
Sebelum mengetahui jenis-jenis retur penjualan dan pembelian, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertiannya untuk mendapat pemahaman lebih utuh.
Retur Penjualan
Retur penjualan adalah suatu kondisi dimana penjual menerima pengembalian barang dari pembeli karena tidak sesuai atau masalah teknis lainnya. Dengan adanya retur penjualan, maka piutang penjual kepada pembeli akan berkurang. Posisi akun retur penjualan berada pada kolom debet pada laporan keuangan, sedangkan posisi utang usaha berada pada kolom kredit.

Retur pembelian
Retur pembelian adalah proses pengembalian barang dari penjual kepada supplier karena ketidaksesuaian produk dengan spesifikasi barang. Dengan adanya retur pembelian, maka utang penjual kepada supplier akan berkurang. Posisi hutang dagang ada di kolom debet di laporan keuangan, sedangkan akun retur pembelian ada di kolom kredit.
Perbedaan keduanya
Kali ini kita akan masuk ke pembahasan tentang perbedaan antara retur penjualan dan retur pembelian. Kedua jenis pengembalian ini memiliki beberapa perbedaan. Menurut definisi, retur pembelian adalah ketika penjual mengembalikan barang dari pembeli ke pemasok karena spesifikasi barang yang tidak sesuai. Sedangkan retur penjualan adalah keadaan di mana pembeli mengembalikan barang kepada penjual. Jadi secara definisi saja sudah berbeda. Namun keduanya sama-sama dari sudut pandang penjual.
Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari pihak-pihak yang terlibat. Jika dalam retur pembelian, pihak yang terlibat adalah penjual dengan supplier. Sedangkan jika dalam retur penjualan, pihak yang terlibat tak lain adalah penjual dan pembeli.
Manfaat retur penjualan dan pembelian
Retur penjualan memiliki 3 manfaat utama, di antaranya:
- Mengurangi piutang pembeli.
- Melakukan pengembalian pembayaran pembeli.
- Memerlukan penggantian barang yang rusak dari penjual atau bisa disebut dengan klaim.
Sedangkan, retur pembelian memiliki manfaat yang tak jauh berbeda dengan retur penjualan. Namun dalam retur pembelian, terdapat dua jenis yang diidentifikasikan sebagai berikut.
- Retur pembelian kredit
Pengembalian pembelian secara kredit adalah pengembalian barang dari pembeli yang telah melakukan pembelian secara kredit atau dengan cara angsuran akan dianggap lunas jika sesuai dengan tanggal jatuh tempo.
- Retur pembelian tunai
Retur pembelian tunai adalah retur barang yang telah dibeli oleh pembeli secara tunai, dengan catatan barang tersebut dapat dikembalikan atau ditukar jika terjadi kerusakan pada barang tersebut.
Jurnal retur penjualan dan pembelian
Ketika kamu menjual sesuatu dan melakukan transaksi jual beli dengan pelanggan, penting bagi kamu untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi, termasuk jika adanya pengembalian barang dari pelanggan. Hal ini kamu perlukan agar mencegah terjadinya kerugian dalam transaksi. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui contoh-contoh dari jurnal retur penjualan dan jurnal retur pembelian seperti berikut ini:
Jurnal retur penjualan
Toko ritel bernama Sinar Harapan memiliki regulasi dalam faktur bahwa barang yang tidak sesuai bisa dikembalikan maksimal dalam waktu 30 hari. Toko Sinar Harapan meraup penghasilan sebesar Rp50.000.000, dengan jumlah 60 persen transaksi dilakukan secara tunai, sisanya secara kredit. Transaksi tersebut dihitung hingga bulan Maret 2022. Sementara itu, pada akhir neraca Maret 2022 toko tersebut memiliki piutang sejumlah Rp31.000.000, dengan Rp2.500.000 di antaranya berbentuk tunai.
Adapun harga pokok penjualan yang dihasilkan sebesar Rp40.000.000. Di samping itu, saldo stok penutup ditemukan bernilai Rp22.000.000. Terdapat 5 persen barang yang dikembalikan oleh pelanggan dengan alasan cacat. Setelah itu, toko tersebut menghasilkan sebesar 20 persen dari margin penjualan kotor.
Berdasarkan informasi di atas, kamu harus memasukkan jurnal retur penjualan dan perkiraan saldo yang akan tinggal dalam penjualan, piutang, kas, persediaan, dan harga pokok penjualan.
Inilah solusi nya:
Melakukan perhitungan besarnya retur penjualan, yaitu 5 persen dari penjualan Rp50.000.000, sama dengan Rp2.500.000.
Asumsikan bahwa rasio 60 persen adalah retur yang dilakukan secara tunai.
Akun kas dikreditkan sebesar 60 persen dari Rp2.500.000 menjadi Rp1.500.000. Kemudian, piutang usaha dikreditkan sebesar 40 persen dari Rp2.500.000 menjadi Rp1.000.000.
Persediaan harus dikurangi Rp2.500.000 kurang dari 20 persen margin, yang akan menjadi Rp2.500.000 dikurang Rp500.000 sehingga menjadi Rp2.000.000 yang akan menambah persediaan dan mengurangi harga pokok penjualan dengan cara yang sama.
Jurnal retur pembelian
Pada 17 Maret 2022, Toko Sinar Harapan membeli barang secara tunai sebesar Rp25.000.000
Pada tanggal 19 Maret 2022, Toko Sinar Harapan membeli kembali sejumlah barang senilai Rp20.000.000 dengan ketentuan 2/10, n/30, dan nomor invoice 2710.
21 Maret 2022, pembeli mengembalikan barang yang dibeli pada 19 Maret 2022 seharga Rp5.000.000 karena rusak.
Pada tanggal 25 Maret 2022, terdapat pengembalian barang yang dibeli pada tanggal 17 Maret 2022 seharga Rp2.500.000
Pada tanggal 28 Maret 2022, supplier melunasi utang atas barang dagangan yang dibeli pada tanggal 19 Juli 2016.
Pencatatan dalam jurnal
Transaksi tersebut akan dicatat dalam jurnal sebagai berikut:
Pada tanggal 21 Maret 2022 terjadi retur pembelian secara kredit sehingga terjadi suatu pengurangan utang sebesar Rp. 5.000.000,-
Pada tanggal 25 Maret 2022 terjadi transaksi retur pembelian secara tunai, sehingga terjadi peningkatan jumlah tunai sebesar Rp2.500.000,00.
Toko menerima 2 % persen dari sisa utang pada pembayaran pada tanggal 28 Maret.
Nilai utang usaha adalah sebesar Rp20.000.000,00.
Terjadi retur pembelian dan diskon Rp5.000.000.000,00.
Sisa utang usaha sebesar Rp15.000.000,00.
2 % persen pembelian diskon Rp300,000.00.
Jadi, nilai hutang dagang yang harus dibayar adalah Rp14.700.000,00.
Kesimpulan
Retur sering terjadi dalam transaksi jual beli ketika barang yang diterima pembeli tidak sesuai, cacat, atau rusak. Penjual nantinya akan mengirimkan barang yang tidak sesuai kepada supplier. Retur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu retur penjualan dan pembelian.
Terjadinya retur barang akibat ketidaksesuaian barang membuat pihak penjual mencatatnya secara detail untuk memudahkan mengetahui transaksi retur barang yang terjadi. HiToko sebagai aplikasi omnichannel untuk kebutuhan usaha retail-mu, menghadirkan solusi bagi bisnis kamu dalam pencatatan transaksi secara komprehensif dan terkomputerisasi hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.
Selain itu, HiToko juga dapat membantu bisnis kamu untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan sejumlah fiturnya yang bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftarkan diri secara gratis. Hubungi customer service HiToko sekarang untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan potongan harga hingga 50 persen bagi kamu yang ingin mendapatkan penawaran terbaik untuk akses unlimited!
