Home/Strategi Marketing/Apa Itu Content Creator? Manfaatnya bagi Brand
Total Views: 241|Daily Views: 1

Apa Itu Content Creator? Manfaatnya bagi Brand

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Content creator menjadi perkerjaan yang banyak digandrungi oleh banyak orang saat ini. Betapa tidak, potensi penghasilan yang didapat oleh seorang content creator ternyata cukup menjanjikan. Terlebih pada era sosial media seperti sekarang ini semua orang bisa menjadi content creator.

Lantas, apa sebenarnya content creator itu? Content creator merupakan sebutan untuk orang yang membuat materi hiburan atau pendidikan yang disebarkan melalui media atau saluran apapun.

pekerjaan content creator

Adobe menulis bahwa content creator erat kaitannya dengan konten digital, karena di era digital seperti sekarang konten yang paling cepat dikonsumsi adalah konten digital.

Pembuatan konten dapat berarti membuat buletin, email, materi pemasaran digital, brosur, media sosial, artikel, laporan tahunan, advertorial, editorial, komunikasi perusahaan dan lain sebagainya.

Untuk memahami sepenuhnya apa itu dan apa yang dilakukan seorang content creator, penting untuk memahami apa itu “konten”.

Dalam industri penerbitan, komunikasi, dan seni, konten dapat didefinisikan sebagai semua informasi dan pengalaman, seperti tulisan, pidato, atau berbagai seni lainnya, yang diekspresikan melalui media untuk mengkomunikasikan nilai kepada pengguna akhir.

Manfaat Content Creator untuk Bisnis

manfaat contet creator

Di dunia bisnis, konten adalah hal-hal yang membuat pengguna, pembaca, atau penonton mendapatkan nilai. Lebih lanjut, mereka melihat bahwa konten berkualitas tinggi menginspirasi pengguna untuk mengambil tindakan dan dapat menumbuhkan komunitas dan loyalitas melalui interaksi dengan brand, komunitasnya, atau keduanya.

Content creator idealnya memiliki kemampuan yang baik dan menarik untuk menyampaikan pesan melalui konten yang mereka buat. Inilah mengapa bisnis atau brand banyak menggandeng content creator untuk memasarkan produknya.

Content creator biasanya memiliki ide yang kreatif dan kekinian sesuai trend yang ada di tengah masyarakat. Ditambah, umumnya mereka punya banyak pengikut dalam platform yang mereka geluti. Content creator professional umumnya memahami SEO sehingga konten yang mereka hasilkan cenderung mendapat engagement yang baik sesuai target yang diinginkan.

Maka tak heran, jika saat ini brand banyak menjalin kerjasama dengan content creator untuk menunjang promosi pemasaran produk mereka.

Daftar Content Creator Indonesia

daftar content creator indonesia

Kanal YouTube Forbes Indonesia pernah merilis sejumlah nama digital content creator Indonesia, berikut daftarnya:

Atta Halilintar

content creator atta halilintar

Atta Halilintar yang memiliki nama asli Muhammad Attamimi ini terkenal dengan predikat YouTuber dengan bayar termahal di dunia oleh Purple Moon Promotional Products. Atta memulai kariernya sebagai content creator di YouTube sejak tahun 2011.

Bintang Emon

content creator bintang emon

Bintang Emon dikenal masyarakat luas sebagai komika juga content creator dengan komedi satir yang menghibur. Konten Bintang Emon biasanya berisi kritik dan isu sosial sehari-hari.

David Brendi

content creator david brendi

Populer dengan kanal YouTube GadgetIn, David membawakan konten tentang review gadget dan komentar tentang industri teknologi.

Helmi Yahya

content creator helmi yahya

Helmi Yahya telah malang melintang di dunia industri hiburan tanah air selama lebih dari tiga dekade. Kemudian, saat ini Helmi Yahya juga aktif sebagai YouTuber.

Jess No Limit

content creator jess no limit

Content creator yang memiliki nama asli Tobias Justin ini adalah pemain e-sport yang fokus membuat konten di kanal YouTubenya Jess No Limit.

Kuy Entertainment

content creator kuy entertainment

Kuy Entertainment didirikan oleh sejumlah selebritis tanah air yaitu Gading Marten, Raffi Ahmad, Fachri Albar, Sean Gelael. Kuy Entertainment memiliki konten tentang review, podcast, hingga challenges.

Raditya Dika

content creator raditya dika

Raditya Dika adalah penulis, aktor, dan produser yang memulai kariernya sebagai digital content creator pada kanal YouTube di tahun 2005. Raditya Dika adalah YouTuber Indonesia pertama yang mencapai 1 juta subscribers.

Tahilalats

content creator tahilalats

Tahilalats adalah komik komedi karya Nurfadli Mursyid. Pada tahun 2018 Rakhman Azhari membantu Tahilalats menjadi brand yang lebih dari sekedar sebuah komik.

Tasya Farasya

content creator tasya farasya

Tasya Farasya memulai kariernya sebagai content creator pada tahun 2016 di kanal YouTube miliknya. Tasya adalah beauty vlogger yang aktif membagikan tutorial make up dan skincare serta hal-hal lain mengenai kecantikan.

Weird Genius

content creator weird genius

Group musik EDM Weird Genius terdiri dari Eka Gustiawana, Reza Arap Oktavian, dan DJ Gerald Liu. Mereka terkenal dengan karyanya lagu berjudul Lathi.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai content creator dan beberapa content creator dari Indonesia. Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti TikTok ataupun YouTube untuk mempromosikan produk dan brand Anda dengan membuat konten-konten yang menarik untuk menarik lebih banyak pelanggan. 

Hal yang lebih menarik lagi, Anda juga dapat memanfaatkan layanan gratis dari HiToko untuk membantu Anda dalam mempermudah managen bisnis Anda. Layanan ini adalah omnichannel dari HiToko. Dengan layanan ini, Anda dapat menggunakan satu platform saja untuk mengatur produk, pesanan bahkan chat dari berbagai marketplace yang Anda miliki. Anda tidak perlu berpindah-pindah platform lagi untuk mengatur semuanya karena dapat Anda lakukan hanya dari satu wadah saja. Menarik bukan? Yuk, daftar gratis sekarang!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!