Home/Strategi Marketing/Apa Itu Bundling dan Bagaimana Cara Penerapannya?
Total Views: 929|Daily Views: 4

Apa Itu Bundling dan Bagaimana Cara Penerapannya?

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Apakah kamu pernah mendengar atau mengetahui apa itu bundling? Bundling dalam dunia bisnis merupakan salah satu strategi penjualan yang dapat meningkatkan minat beli para pembeli.

Sederhananya, bundling adalah cara menjual beberapa barang dalam satu paket harga. Bundling merupakan strategi yang sangat umum baik dengan toko e-Commerce maupun suatu brand yang menjual secara online atau di toko fisik.

Bagaimana melakukan strategi bundling dengan benar? Apa saja yang harus diperhatikan agar keuntungannya benar-benar menguntungkan untuk dijual dalam kemasan? Yuk, cari tahu cara mengoptimalkan strategi promosi ini dalam artikel berikut.

Apa Itu Bundling dan Bagaimana Cara Penerapannya

Mengapa bundling penting?

Strategi harga bundling memungkinkan kamu untuk mencapai hasil bisnis yang lebih baik melalui penjualan lebih banyak produk pada satu penawaran khusus untuk pembelian sejumlah item tertentu, baik produk yang dijual sejenis atau tidak.

Strategi ini terkadang dilengkapi dengan tindakan cross-selling karena kamu dapat menempatkan produk yang identik serta produk terkait dalam kemasan yang sama. Untuk melakukan bundling harga secara optimal, kamu perlu memperhatikan dua faktor, yakni prakiraan penjualan untuk paket berdasarkan permintaan, dan margin keuntungan untuk profitabilitas.

Manfaat utama dari bundling harga adalah peningkatan ukuran tiket rata-rata per penjualan sebagai ganti keuntungan yang diterima pengguna dengan memperoleh lebih banyak produk. Namun, ini juga merupakan cara yang baik untuk membedakan brand dari persaingan dengan menjual set eksklusif atau hanya dengan membuang stok yang tidak lagi ingin kamu miliki di gudang.

Apa Itu Bundling dan Bagaimana Cara Penerapannya

Tiga metode untuk melakukan bundling harga

Bundling harga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda harus menyesuaikan perubahan harga dan dengan demikian, manfaat akhir bagi pengguna Anda berdasarkan jenis strategi yang ingin Anda ikuti.

1. Bundling harga eksklusif

Strategi yang berfokus pada penjualan produk hanya sebagai bagian dari paket. Ini memaksa pengguna untuk memilih kelompok produk dengan harga lebih tinggi, memastikan tiket rata-rata yang lebih tinggi.

Tips: Coba bandingkan brand kamu dengan kompetitor sehingga pengguna dapat melihat dengan jelas nilai uang dari membeli paket dibandingkan dengan opsi lain di marketplace.

BACA  Pelajari Produk Knowledge untuk Tingkatkan Penjualan

2. Price bundling mix

Produk yang dapat dibeli secara satuan, paket, atau bundel dengan jumlah unit yang berbeda. Dalam hal ini, pengguna secara langsung diperlihatkan opsi pembelian yang berbeda berdasarkan jumlah unit dalam paket.

Tips: Tunjukkan bahwa manfaat yang ditawarkan masing-masing paket berbeda dalam hal persentase atau penghematan, atau bahkan dengan nilai unit.

3. Optimalkan penawaran penjualan silang

Manfaatkan hal ini secara langsung dengan membuat paket produk terkait yang bisa lebih murah jika dibeli bersama. Ini adalah strategi yang sangat umum di toko online saat menggabungkan aksesori dengan barang-barang jenis lainnya.

Tips: Pada produk tersebut, tunjukkan opsi paket dan total penghematan yang ditawarkan.

Apa Itu Bundling dan Bagaimana Cara Penerapannya

Cara membuat paket bundling harga

Memilih item terbaik adalah hal yang akan membuat perbedaan dalam katalog. Di sinilah tepatnya kamu harus mempertimbangkan apa kebutuhan utama pembeli dan bisnis.

Pilih bagian tengah dalam paket. Itu pasti yang benar-benar membangkitkan keinginan untuk membeli. Kemudian periksa, melalui analisis, produk terkait mana yang paling sering dan paling jarang dibeli oleh pengguna.

Setelah itu, kamu bisa mulai untuk memilih strategi. Apakah kamu ingin menjual lebih banyak unit yang sama berkat harga eksklusif atau meningkatkan jaminan ini melalui penjualan barang-barang apriori yang kurang menarik dengan harga yang lebih menarik. Selanjutnya, hitung harga yang berlaku. Tetapkan margin yang dapat diterima untuk bisnis kamu dan dapatkan harga akhir yang optimal.

Itu dia pengertian mengenai bundling, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara penerapannya. Semoga dengan membaca artikel ini sampai habis, kamu lebih dapat memilih dan menggunakan strategi pemasaran apa yang cocok untuk jenis bisnis yang sedang kamu jalani.

Setiap pemilik usaha pasti ingin bisnisnya semakin maju dengan penjualan yang optimal. Untuk itu, HiToko hadir dengan memberikan pengalaman omnichannel lengkap dengan beragam fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk segala jenis usaha kamu.

Informasi selengkapnya bisa kamu cari tahu di situs resmi HiToko atau langsung hubungi customer service melalui kontak yang tertera pada website. Yuk, registrasi gratis sekarang!

Ramadhan Banner Hitoko