Home/Tips Bisnis/Perluas Visi Bisnis Anda dengan Analisis Peluang Pasar
Total Views: 155|Daily Views: 1

Perluas Visi Bisnis Anda dengan Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar

Halo sahabat HiToko, jika mendengar istilah “peluang pasar” maka biasanya kata kerja yang menyertai adalah “mendapatkan” atau “melihat”. Seakan-akan di sini peluang sangat bergantung dengan kondisi. Untuk mengubah pemikiran seperti itu, konsep analisis peluang pasar ini akan membuka wawasan Anda tentang bisnis.

Pengertian Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk meneliti lebih dalam dan mengevaluasi aspek internal dan eksternal dalam bisnis. Seperti apa aspek internal dan eksternal ini?Penjabaran lebih detailnya dapat Anda lihat pada sub-bab terakhir.

Jika menelaah lebih dalam dari pengertian analisis peluang pasar tersebut sudah  menunjukkan bahwa peluang itu tidak sekedar ditunggu. Ada suatu kegiatan yang harus Anda lakukan dengan konsisten untuk mewujudkan terciptanya peluang pasar tersebut.  

Mungkin bagi Anda yang masih pemula dalam bisnis merasa bingung pada kata “meneliti lebih dalam”. Bisnisnya saja belum berdiri, mengapa harus melakukan penelitian secara mendalam?Bukankah kalau begitu jadinya terlalu lama? 

Perlu Anda ingat membangun bisnis bukan masalah cepat lambatnya tapi siap tidaknya. Memang bisa jadi selama menganalisis, sudah ada orang lain yang memulai bisnis sebelum Anda. 

Namun coba Anda pikir lagi, buat apa bisnis cepat berdiri kalau pondasinya tidak kuat? Cepat berdiri tapi cepat juga untuk roboh.

Manfaat dan Tujuan Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar

Pada dua paragraf terakhir sub-bab sebelumnya secara tersirat memberikan pesan yang penting. Pesan itu adalah melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena berperan sebagai pondasi. 

Sebagaimana pondasi bangunan semakin dalam akan membuat bangunan semakin buat. Demikian pula dengan analisis pasar, makin mendalam juga akan membuat bisnis Anda semakin kokoh.

Mengapa analisis ini bisa menjadi pondasi bagi keberlangsungan bisnis?

1. Analisis Membuat Anda Dapat Lebih Memahami Perilaku dan Selera Konsumen 

Bisnis yang sukses sudah pasti adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Ini tentu tidak mudah karena selera konsumen di sini bisa berubah-ubah karena berbagai faktor. 

Mulai dari faktor luar yaitu tren yang sedang berkembang sampai faktor dari dalam konsumen itu sendiri. 

Selain itu lebih tidak mudahnya lagi, konsumen menilai bagus suatu perusahaan bukan hanya dari segi kualitas produk. Tapi juga dari bagaimana pembawaan perusahaan tersebut dalam mempromosikan produknya. Apakah promosi produk itu mampu menarik minat dan meyakinkan mereka?

Maka dari itulah analisis yang mendalam menjadi sangat penting. Penting untuk menjadi tuntunan bagi bisnis Anda  dalam memahami selera dan perilaku konsumen. 

Dengan memahami selera maka Anda akan lebih mudah juga menemukan ide jualan seperti apa yang dapat menjadi solusi. Sementara dengan memahami perilaku, Anda akan jadi lebih mudah berinteraksi dengan konsumen. 

Bukan hanya berinteraksi dalam hubungan penjual dan pembeli tapi juga bagaimana menjadikan mereka sebagai seorang teman. 

Konsumen yang sudah menjadi teman, akan lebih mudah untuk mengajaknya bernegosiasi karena sudah percaya pada Anda. Selain itu konsumen dalam taraf ini akan memberikan keuntungan lebih untuk bisnis Anda saat mereka merekomendasikannya kepada kenalan mereka.

2. Analisis Memampukan untuk Merencanakan Strategi yang Jitu 

Jika Anda gagal untuk merencanakan maka Anda sedang berencana untuk gagal”. 

Kutipan di atas juga berlaku dalam dunia bisnis. Jika Anda tidak bisa menentukan strategi yang tepat untuk bisnis maka sebenarnya Anda semakin dekat dengan kebangkrutan.

Di sinilah semakin terlihat betapa krusialnya peran analisis peluang pasar dan persaingan.  Apabila Anda sudah memetakan dengan lengkap segala potensi terbaik sampai pada kemungkinan terburuk bisnis, merancang strategi jadi lebih terarah.

Terarah di sini maksudnya Anda dapat mengetahui kapan timing yang pas untuk menjalankan strategi “menyerang” ataupun “bertahan”. Strategi “menyerang” berbicara tentang cara memperluas pasar dan menarik lebih banyak konsumen daripada kompetitor.

Sementara strategi bertahan lebih kepada menangani kendala dan risiko internal, mempertahankan konsumen lama dari pesaing, dan sejenisnya.

Langkah-Langkah Analisis Peluang Pasar

Analisis peluang pasar

Kegunaan analisis peluang usaha di atas sebenarnya juga sudah terjelaskan dalam prosedur pembuatan analisis itu sendiri. Sebagai contoh analisis peluang pasar yang tergolong sederhana adalah analisis SWOT dengan sistematika sebagai berikut: 

  1. Mendefinisikan mengenai Strength dan Weakness yang merupakan aspek internal. Tidak lupa juga  Opportunity dan Threat yang merupakan aspek eksternal
  2. Memperjelas konsep lewat bisnis canvas yang mencakup beberapa aspek yaitu :
  • Seberapa bermanfaat bisnis yang Anda buat. Bagaimana bisnis Anda dapat memiliki nilai lebih daripada bisnis yang sejenis
  • Metode dan media yang cocok dalam sistem marketing bisnis Anda
  • Penggambaran yang jelas mengenai seperti apa nantinya kegiatan operasional bisnis Anda setiap hari. Apa saja yang dibutuhkan?
  1. Menyesuaikan antara rancangan konsep dengan segala perubahan yang terjadi dalam marketplace.
  2. Menentukan target pasar dan menganalisis karakteristiknya secara detail.
  3. Menentukan model bisnis yang sesuai untuk mengakomodasi konsep
  4. Mengkalkulasi budget untuk menjalankan operasional.
  5. Membuat sampel pengecekan pasar lewat promosi skala kecil dulu ( small opening).
  6. Mengevaluasi hasil promosi skala kecil dan melakukan perbaikan apabila perlu.
  7. Mulai mengoperasikan bisnis secara resmi (grand opening).

Penjelasan konsep analisis peluang pasar ini seharusnya sudah membuat Anda menyadari bahwa bisnis bukan sekedar nekat. Oleh karena itu apabila Anda ingin belajar lebih intensif, maka produk omnichannel dari HiToko siap membantu memberikan solusi praktis HiToko. Segera registrasi gratis sekarang juga.

banner hitoko