Home/Tips Marketplace/atat! Syarat dan Cara Menjadi Akulaku Seller
Total Views: 839|Daily Views: 5

atat! Syarat dan Cara Menjadi Akulaku Seller

Akulaku seller

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Menjadi Akulaku seller menawarkan banyak keuntungan. Akulaku adalah aplikasi niaga elektronik yang mempertemukan penjual sekaligus pembeli. Platform ini juga menawarkan pinjaman dengan berbagai tenor.

Anda bisa membeli barang yang ada di e-commerce ini secara kredit atau cicilan. Aneka barang yang ditawarkan di platform ini di antaranya adalah pakaian, barang elektronik bahkan mainan anak. Jika tertarik menjadi salah satu seller Akulaku sebaiknya simak dulu syarat dan langkahnya berikut ini:

Syarat Menjadi Akulaku Seller

Akulaku seller

Akulaku seller center adalah layanan di mana penggunanya berjualan secara online dengan menjadi seller Akulaku. Keuntungan sebagai seller Akulaku ialah kemudahan sistem pembayaran dalam berbisnis.

Jangkauan pasarnya luas dan banyak pelanggan betah berbelanja di platform ini. Metode pembayaran yang tersedia antara lain transfer bank, cicilan tanpa kartu kredit, virtual account hingga cash.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh seller untuk berjualan di platform ini yakni sebagai berikut:

  • Memiliki nama toko bisnis di Akulaku Seller
  • Memasukan nama pemilik toko
  • Input kartu identitas penduduk valid dan masih berlaku
  • Rekening bank yang aktif
  • Alamat email atau nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Foto KTP serta nomor KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 
  • Mencantumkan kategori produk atau jenis produk yang Anda jual
  • Link toko merchant lain, seperti Shopee, Lazada atau Tokopedia

Ada beberapa ketentuan yang wajib seller ikuti saat berjualan di Akulaku yakni:

  1. Tidak boleh memanipulasi harga produk dan data transaksi produk yang terjual
  2. Ketika ada notifikasi, seperti pemesanan produk dari calon pembeli, maka merchant wajib merespon maksimal 24 jam. Apabila tidak responsif maka pesanan produk secara otomatis akan dibatalkan
  3. Merchant wajib memberikan informasi data dan deskripsi produk secara lengkap dan jelas termasuk kondisi dan kualitasnya. Apabila hal ini tidak Anda lakukan maka Akulaku berhak membatalkan atau menahan transaksi dan pembayaran produk

Beberapa merchant yang bekerja sama dengan Akulaku, yakni Xiaomi, Wardah, Telkomsel, Shopee, Puma, Polytron, Oppo dan masih banyak lagi lainnya.

Keuntungan Menjadi Seller Akulaku

Akulaku seller

Ada banyak keuntungan yang Akulaku tawarkan kepada sellernya. Beberapa manfaat yang Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Anda berkesempatan mendapatkan dukungan dana iklan dan traffic gratis sehingga peluang toko dikenal semakin cepat
  • Terdapat manajer inkubasi yang akan membantu Anda dalam mengembangkan toko online sehingga bisa menghasilkan keuntungan semakin besar
  • Adanya komisi merek secara gratis pada periode pertama. Toko online berjualan gratis selama 3 bulan pertama setelah pendaftaran. Anda tidak akan dikenakan biaya komisi 
  • Akulaku memberikan banyak eksposur promo guna meningkatkan penjualan dan keuntungan
  • Tersedia pula promo khusus merchant yang membantu pemilik toko menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya
  • Pengguna Akulaku menurut laman resminya sudah lebih dari 1.1 miliar member. Pengguna aktif bulanan dalam platform ini mencapai 5 juta orang sehingga basis pelanggan masih sangat besar
  • Transaksi aman karena Akulaku terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adanya pengawasan OJK mencegah tindakan semena-mena kepada para pengguna platform ini seperti membocorkan data pribadi

Ada dua jenis merchant yang tersedia yakni toko biasa milik perorangan. Jenis kedua ialah official store yakni toko resmi yang memiliki otorisasi merek. Misalnya saja Asus, Samsung, Huawei, Philips dan lainnya

Cara Menjadi Akulaku Seller

Akulaku seller

Cara daftar sebagai merchant Akulaku sebenarnya sederhana dan cukup mudah bila semua persyaratan terpenuhi. Langkah yang bisa Anda ikuti untuk registrasi Akulaku Seller, yakni:

  1. Kunjungi www.merchant.akulaku.com kemudian klik menu Register Now
  2. Pilih negara Indonesia lalu klik Confirm
  3. Pilih Jenis Toko karena ada beberapa opsi, yakni merchant antar negara, merchant lokal dan merchant perusahaan lokal
  4. Input Informasi yang Diminta terdiri atas nomor ponsel aktif, nama lengkap, email, kode verifikasi dan kata sandi
  5. Baca dan setujui perjanjian merchant Akulaku dan klik Daftar
  6. Usai akun dibuat lengkapi data penjual meliputi informasi NPWP/SIUP, informasi pengiriman produk dan lainnya
  7. Bila semua data sudah lengkap maka Anda bisa langsung berjualan. Anda akan diminta upload gambar produk dan jumlah stok yang tersedia
  8. Gambar yang Anda upload harus jelas, nampak bagian samping, depan dan belakang produk. Bila menjual produk elektronik berikan deskripsi sedetail mungkin berupa tipe, warna barang, kapasitas, garansi, RAM dan lainnya

Sebagai seller Akulaku Anda diwajibkan sangat responsif agar pesanan tidak dibatalkan secara otomatis. Gunakan HiToko agar bisa mengelola chat pelanggan. 

Salah satu produk HiToko yang bisa Anda gunakan adalah produk omnichannel yang bisa membantu mengelola semua toko online Anda di berbagai marketplace dan e-commerce dalam satu platform saja.

Kunjungi omnichannel ini sekarang juga agar bisa registrasi gratis. HiToko bisa membantu menganalisa penjualan dan inventori. Setelah melihat berbagai keuntungan dan syarat Akulaku seller di atas, apakah Anda berniat bergabung menjadi merchant di platform ini?

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!