Home/Tips Bisnis/After Sales Service: Pengertian, Contoh dan Levelnya
Total Views: 256|Daily Views: 1

After Sales Service: Pengertian, Contoh dan Levelnya

HiToko.co.id – Halo sahabat HiToko! Perlu diketahui bahwa kepuasan pelanggan dalam suatu produk adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Untuk mengetahuinya, banyak perusahaan yang melakukan survey kepuasan pelanggan yang biasanya berupa link form. Upaya untuk memperoleh kepuasan pelanggan ini juga bisa disebut dengan after sales service.

Apa Yang Dimaksud After Sales Service?

Yakni upaya untuk memperoleh simpati pelanggan agar mereka bisa merekomendasikan layanan perusahaan pada pelanggan lain. Jika hal tersebut terjadi, maka perusahaan tentu saja akan memperoleh untung karena memiliki pelanggan baru. Selain itu pengertian after sales service adalah memberikan kepuasan pelanggan yang berlangsung lama agar membangun tingkat loyalitas yang baik.

Pilihan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Bagi seller ada beberapa pilihan kegiatan layanan after sales yang bisa dilakukan. Untuk contoh after sales service bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Kemasan Barang Dibuat Menarik dan Unik

Dalam suatu penjualan, hal yang sering kali dilakukan adalah pengiriman. Sebelum pengiriman dilakukan barang harus dikemas dengan menarik. Hal ini bertujuan untuk membuat pelanggan terkesan dan senang karena bungkus barang yang ia beli tidak hanya sebatas plastik atau kertas saja.

2. Pemberian Voucher dan Kupon Khusus

Kegiatan ini bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan pemberian voucher dan kupon pada tiap pembelian, pelanggan akan merasa senang dan bisa mengulang pesanan. Salah satu contohnya pada pemesanan tiket transportasi umum, kebanyakan perusahaan transportasi akan memberikan voucher dan tiket tiap tahunnya sebagai ganti atas beberapa kualitas produk yang buruk.

3. Pemberian Bingkisan Gratis

Pemberian bingkisan gratis juga bisa menyenangkan pelanggan. Bingkisan tidak harus mahal namun dapat berupa benda kecil lucu, snack, permen, stiker, dan bingkisan menarik lainnya. Dengan memberikan bingkisan ini pelanggan juga dapat merasa senang.

4. Pemberian Hadiah Bagi Pelanggan Prioritas

Kegiatan ini paling sering dilakukan pada perusahaan di bidang jasa. Pelanggan prioritas akan diberikan program seperti pemberian hadiah tiap kali melakukan transaksi pembelian. Hal ini karena mereka sudah sering melakukan pembelian dan menjadi bagian pelanggan setia.

Kelebihan Melakukan Layanan After Sales

Perusahaan akan melakukan banyak hal untuk mengambil hati para pelanggan. Hal ini terjadi karena sekarang pelanggan sudah pintar dalam memilih suatu produk. Sehingga perusahaan harus mempertahankan dan menarik perhatian pelanggan dengan melakukan survey untuk keuntungan perusahaannya.

Dengan begitu layanan ini sangat penting diterapkan oleh perusahaan untuk menarik minat pelanggan. Untuk lebih memahami tentang after sales service, berikut beberapa kelebihannya yang perlu diketahui:

1. Menciptakan Rasa Kesetiaan Pelanggan

Kelebihan pertama yaitu menciptakan rasa kesetiaan pelanggan. Dengan kesetiaan ini, dapat membantu bisnis semakin meningkat dan dipercaya oleh banyak orang akan kualitas produk. Dalam hal ini komunikasi antar seller dan buyer juga penting agar mempertahankan kesetiaan tersebut.

BACA  Pengertian Testimoni, Manfaat dan Tips Jitu Mendapatkannya

2. Membantu Penjualan Agar Semakin Meningkat

Selanjutnya, kelebihan yang dimiliki layanan after sales yakni membantu meningkatkan penjualan. Hal ini dapat dilihat dari review yang dilakukan pelanggan pada produk yang dibeli. Review yang baik dapat mempengaruhi orang lain untuk ikut melakukan pembelian juga.

3. Diferensiasi

Diferensiasi berguna untuk mengungguli suatu bisnis dari pesaing lainnya. Dalam layanan ini, diferensiasi menjadikan produk yang dimiliki sebagai top of mind. Melalui diferensiasi pelanggan juga bisa diarahkan untuk melakukan repeat order.

4. Mendukung Perbaikan Produk

Melalui upaya ini perusahaan juga bisa memperbaiki kinerjanya. Ketika pelanggan senang pada suatu produk, bukan berarti inovasi produk ini berhenti begitu saja melainkan Anda harus tetap melakukannya. Perbaikan produk harus terus berjalan seperti strategi penjualan, peningkatan kualitas dan lain-lain.

5 Tips Melakukan Layanan After Sales

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Berkomunikasi dengan Baik

Biasanya yang berperan untuk melakukan komunikasi dengan baik adalah customer service. Namun bagi pelaku usaha yang ingin menerapkan upaya perbaikan juga perlu memahami dan menjaga komunikasi. Setidaknya jika ingin membuka usaha perlu sekali belajar pengetahuan dasar tentang pelayanan.

2. Memberikan Informasi Produk

Strategi survey after sales ini bertujuan untuk memberikan informasi produk pada tiap pelanggan. Sebab, informasi ini penting dan perlu diberitahukan agar pelanggan bisa update tentang produk. Selain itu, informasi ini berguna juga untuk memberikan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan karena selalu memunculkan hal-hal baru.

3. Pemberian Garansi

Tips selanjutnya yaitu pemberian garansi. Garansi ini diberikan dengan tujuan untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk dalam keadaan bagus. Selain itu jika sewaktu-waktu ada kerusakan, garansi dapat digunakan supaya tidak ada biaya tambahan yang dikeluarkan.

4. Menghormati Pelanggan

Saat transaksi jual beli terjadi, hal yang harus dilakukan yaitu menghormati pelanggan. Salah satu contohnya dengan mengucap terima kasih. Meski terdengar sepele, namun hal ini akan sangat berkesan bagi pelanggan dan mereka akan merasa dihargai. Anda bisa mencari tips ucapan terima kasih untuk customer di sini.

5. Perbaikan

Selain garansi, perbaikan dapat ditawarkan saat produk mengalami kerusakan. Sebab, pelanggan tidak akan bingung untuk mencari tempat perbaikan saat produk rusak. Melalui after sales service bisnis juga akan mendapat nilai tambah karena pelayanan dan fasilitas yang baik meskipun after sales service termasuk dalam level marketing paling bawah.

Nah, agar Anda bisa melayani customer dengan baik meski harus mengelola beberapa toko online di sejumlah platform marketplace maka bisa menggunakanan Omnichannel dari HiToko. Sebab semua toko-toko tersebut akan terintegrasi ke dalam satu wadah dengan produk Omnichannel ini. Jadi mengurus pesanan sampai mengurus stok dan mengatur produk jadi lebih praktis dan efisien, buruan registrasi gratis sekarang!.

Banner HiToko