Home/Tips Bisnis/5 Manfaat WMS (Warehouse Management System) bagi Pebisnis
Total Views: 156|Daily Views: 2

5 Manfaat WMS (Warehouse Management System) bagi Pebisnis

Hitoko.co.id – Halo, Sahabat HiToko! Pernahkah Anda mendengar istilah WMS? Ketika bisnis Anda makin meningkat, Anda perlu lebih jeli lagi dalam mengontrol keluar masuknya barang. Mungkin Anda juga perlu merekrut lebih banyak karyawan untuk mengatur stok barang. Namun, ada cara yang lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan gudang ini, yaitu Warehouse Management System.

Apa itu WMS atau Warehouse Management System? Apa saja keuntungan dari memakai jasa ini? Mari kita cari tahu lebih dalam tentang manfaat WMS pada artikel ini!

gudang

Apa Itu WMS (Warehouse Management System)?

Warehouse Management System (Sistem Manajemen Gudang) adalah sistem yang diperlukan untuk pebisnis online, apalagi bagi Anda yang punya toko di marketplace. Sistem ini menggunakan teknologi untuk mengatur barang di gudang, sehingga prosesnya jadi lebih mudah dan efisien dibandingkan menggunakan teknologi manual atau konvensional. Dengan menggunakan warehouse management system, stok inbound dan outbound bakal terkelola dengan lebih baik.

Apa Tujuan WMS?

Tujuan utama WMS tidak hanya mengontrol proses penyimpanan, tetapi juga pengiriman serta penerimaan. Selain itu, saat ini WMS juga sudah dilengkapi dengan teknologi dan fitur yang canggih. Misalnya, penggunaan barcode scanner, e-mail, dan teknologi canggih lainnya.

Tujuan penggunaan teknologi ini supaya sistem berjalan dengan prosedur komputerisasi. Jadi, bisa menangani penerimaan, penyimpanan, serta pengelolaan stok barang secara secara otomatis.

Fungsi dan Manfaat WMS

Secara umum, fungsi WMS adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Berikut ini adalah 5 fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya:

1. Kecepatan memproses barang

Sebagaimana yang kita tahu, berbelanja online butuh proses pengiriman. Mulai dari pengemasan barang sampai dengan kinerja kurir hingga akhirnya sampai kepada pembeli. Namun, yang bisa Anda kontrol adalah pemrosesan barang sebelum diserahkan ke kurir. Penerapan WMS ini bisa meningkatkan kecepatan lead time process karena sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi.

Meningkatkan kecepatan proses pemesanan juga bisa dengan cara berikut ini:

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/HKkjydvUzgY” title=”YouTube video player” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

2. Mudah mengatur lokasi penyimpanan

Sistem manajemen gudang akan mengatur lokasi penyimpanan secara optimal. Jadi, setiap barang yang masuk ke gudang bisa lebih mudah diatur. Warehouse Management System bahkan bisa menerapkan sistem FIFO (First In First Out), LIFO (Last In First Out), dan FEFO (First Expired First Out).

3. Mengurangi anggaran gaji karyawan dan pembelian alat

WMS ini sangat cocok bagi pebisnis online berskala kecil sampai menengah. Sebab, dengan keuntungan yang belum terlalu banyak, Anda bisa menghemat anggaran menggaji karyawan yang bekerja di bagian pergudangan.

Selain itu, sistem manajemen sistem juga bisa mengurangi anggaran pembelian alat. Sebab, perusahaan hanya perlu menggunakan komputer atau laptop saja. Jadi, Anda bisa terhindar dari biaya pembelian dan pemeliharaan alat yang belum tentu mampu membantu kinerja pergudangan.

4. Produktivitas karyawan meningkat

Sistem manajemen pergudangan adalah salah satu yang vital bagi perusahaan. Menggunakan WMS bisa memberikan informasi kepada karyawan tentang apa yang harus mereka lakukan dan utamakan saat berada di dalam gudang. Sehingga, kinerja karyawan menjadi efisien.

WMS dalam kehidupan nyata

Pekerja di warehouse besar

BACA  Kenali Istilah Jat Gateway dan Kodenya Pada Pengiriman J&T

5. Optimalisasi proses gudang

Penggunaan barcode bisa membantu mengidentifikasi barang yang sudah terintegrasi di seluruh cabang. WMS bisa memberikan informasi lokasi barang dan penempatan barang selanjutnya yang sudah direkam supaya tidak ada lagi barang tertinggal. Penggunaan teknologi ini juga mengurangi risiko human error.

Selain itu, ada juga data analitik yang bisa menunjukkan hambatan dan proses yang tidak efisien dalam operasional gudang. Sistem ini juga bisa melacak bahan produksi secara real time sehingga Anda bisa langsung bergerak untuk melakukan proses bisnis lainnya.

Jadi gimana, banyak keuntungan pakai WMS bukan? Selain menggunakan WMS, solusi lain untuk optimalisasi bisnis Anda juga bisa dengan menggunakan HiToko. Nikmati beragam fitur yang bisa Anda manfaatkan di sini. Yuk, registrasi sekarang, gratis!

Banner HiToko