Home/Tips Bisnis/5 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel Marketing
Total Views: 930|Daily Views: 1

5 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel Marketing

Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Apa itu omnichannel marketing? Omnichannel marketing adalah suatu strategi pendekatan melalui lintas platform. Strategi omnichannel marketing digunakan untuk menyelaraskan konten suatu brand ke berbagai media. Agar lebih jelas, mari simak info selengkapnya berikut ini. 

omnichannel marketing

Mengenal Omnichannel Marketing

Strategi omnichannel marketing termasuk strategi yang penting dilakukan di era digital ini. Apalagi bagi brand atau usaha yang promosinya berfokus di sosial media, maka perlu menghadirkan beragam konten yang tidak hanya muncul di satu platform.

Untuk itu, strategi omnichannel tersebut ada. Strategi ini akan membuat jangkauan terhadap konsumen menjadi lebih luas karena kini banyak platform yang digunakan. Beberapa platform atau media sosial yang populer, yakni Instagram, TikTok, Twitter, dan lainnya.

Strategi omnichannel tersebut memiliki empat komponen. Komponen tersebut, yakni media marketing baik secara online maupun offline, konsistensi, optimasi, dan personalisasi.

Strategi ini merupakan salah satu strategi dalam pemasaran. Tujuannya untuk branding, menjalin komunikasi, dan membangun loyalitas konsumen. Selain itu, strategi ini juga membuktikan bahwa perusahaan atau brand mencoba membangun relasi dengan update konten secara rutin.

Apa bedanya dengan multichannel? Khusus omnichannel, sistemnya lebih berfokus pada customer sehingga interaksi dengan pelanggan lebih banyak.

5 Keunggulan Strategi Omnichannel Marketing

Menurut Anda, mengapa omnichannel banyak digunakan dalam digital marketing? Daripada bingung, mari simak beberapa kelebihan strategi marketing tersebut. 

1. Membangun Brand Awareness

Dalam berbisnis apapun itu, tidak akan berhasil jika tidak ada yang mengenali brand yang dijual. Maksudnya, tidak ada konsumen yang tahu akan keberadaan produk tersebut sehingga sepi peminatnya. Untuk itu, omnichannel marketing ini penting dilakukan. 

Dengan rutin membuat konten, lama-kelafomaan brand tersebut akan dilihat dan calon konsumen akan tahu produk atau jasa yang ditawarkan. Tentunya, perlu melengkapinya dengan strategi-strategi lainnya maksimal pencapaian yang diinginkan. 

2. Menciptakan Loyalitas Konsumen

Pada awal perilisan produk laku banyak tapi tiba-tiba sepi? Barangkali Anda hanya melakukan promosi saat peluncuran produk saja. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan agar konsumen tetap ingat dan mengenal keberadaan produk tersebut. 

Hadirnya strategi marketing ini akan membantu mengatasi masalah tersebut. Strategi tersebut menawarkan berbagai konten yang update secara konsisten sehingga konsumen juga merasa tidak ditinggalkan. Secara perlahan, konsumen pun akan setia dengan produk yang dijual.

3. Pengumpulan Data Secara Akurat

Strategi omnichannel marketing tersebut juga dinilai mampu mengumpulkan data konsumen dari berbagai saluran dengan lebih baik. Data tersebut kemudian dapat diolah untuk kebutuhan perusahaan. Misalnya, untuk mengetahui karakteristik konsumen terhadap produk Anda

4. Irit Biaya 

Ada bermacam-macam strategi marketing yang bisa dicoba untuk pemasaran produk. Namun, strategi omnichannel tersebut dianggap paling cocok penerapannya buat digital marketing. Terutama bagi perusahaan yang baru rintis karena minim biaya pengeluaran. 

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan Anda tidak perlu membayar pihak tertentu seperti biaya iklan di TV, reklame, dan semacamnya. Cukup dengan memanfaatkan platform atau sosial media, Anda dapat memulai omnichannel marketing tersebut. 

5. Meningkatkan profit

meningkatkan profit

Seiring banyaknya konsumen yang datang dan berinteraksi melalui berbagai platform tersebut, maka kian besar peluang engagement konsumen. Selain itu, strategi ini membantu mempertahankan konsumen agar tetap loyal pada produk Anda. 

Secara tidak langsung hal tersebut akan mempertahankan reputasi produk Anda karena banyak memakainya. Dampaknya, peminat produk Anda akan meningkat sehingga keuntungan yang diperoleh juga terus naik. 

Sekian info terkait strategi omnichannel marketing tersebut. Apa anda tertarik menggunakan strategi ini untuk bisnis anda? Coba layanan Omnichannel dari HiToko. HiToko adalah penyedia jasa sistem digital bagi anda yang memiliki usaha secara online. Layanan omnichannel membantu anda untuk mengintegrasikan berbagai toko yang anda miliki hanya melalui satu aplikasi saja. Belum lagi beberapa fitur lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk mempermudah memajukan bisnis anda. Cari tau selengkapnya disini dan coba layanan gratis kami sekarang!

banner hitoko